Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MANAJEMEN SEKELOMPOK ORANG

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM MANAJEMEN SEKELOMPOK ORANG

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu International Consultant, Konsultan Bisnis Surabaya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Tips Meningkatkan Keterampilan Dalam Manajemen Sekelompok Orang”.
Mengatur orang atau karyawan secara efektif dalam lingkungan kerja membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang kuat, memiliki kapasitas untuk berinteraksi dengan banyak tipe kepribadian yang berbeda, dan memiliki kemampuan untuk mempertahankan penilaian yang adil dan tidak memihak. Sebagai seorang manajer, tidak mudah untuk mengelola sekelompok orang. Terkadang rasanya seperti tim anda tidak mendengarkan apa yang anda instruksikan, dan imbasnya bahkan mereka tidak melakukan pekerjaan sesuai dengan instruksi anda. Jika anda seorang manajer atau HRD yang tengah mengalami hal-hal seperti yang sudah disebutkan diatas, maka patut untuk anda menyimak artikel ini hingga selesai. Berikut inilah proses yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan manajemen anda dan mengelola tim anda dengan lebih baik.

Uraikan Tujuan Anda
Apakah anda merasa strategi kepemimpinan anda tidak efektif, atau anda hanya ingin terus bekerja untuk memperbaiki diri sendiri. Penting untuk menetapkan niat dan menentukan tujuan anda untuk menjadi manajer yang lebih baik. Pastikan untuk membuatnya menggunakan pena dan kertas. Menariknya, mereka yang menuliskan tujuan mereka lebih mungkin untuk mencapainya.

Bicaralah Dengan Tim Anda
Tim anda adalah sekelompok orang yang sering berinteraksi dengan anda, sehingga pasti mereka memiliki banyak informasi tentang kinerja kepemimpinan. Melibatkan tim anda agar dapat meningkatkan keterampilan anda merupakan cara tepat yang bisa anda lakukan. Beri tahu mereka bahwa anda sedang berupaya meningkatkan keterampilan kepemimpinan anda. Kirimkan survei, yang memungkinkan anggota tim anda tetap anonim. Tanyakan kepada karyawan apa yang anda lakukan sebagai manajer, di bagian mana yang dapat anda tingkatkan, apa yang mereka sukai dan tidak sukai tentang gaya kepemimpinan anda. Lakukan pertemuan satu lawan satu dengan laporan langsung anda dan tanyakan secara langsung bagaimana anda bisa menjadi manajer yang lebih baik.

Mendengarkan Pendapat
Salah satu keluhan terbesar karyawan di mana-mana adalah bahwa mereka tidak merasa didengar. Mereka tidak merasa seolah-olah mereka memiliki kemampuan untuk mengekspresikan pendapat mereka atau secara positif membuat perubahan dalam perusahaan. Ketika mereka berbicara, mereka merasa diabaikan, dan itu membuat mereka tidak bahagia dan tidak termotivasi. Menurut Udemy, ada lima aspek mendengarkan yang baik yaitu menerima, memahami, mengingat, mengevaluasi, dan merespons. Anda harus dapat memahami kelima langkah ini untuk mendengarkan karyawan Anda.

Membaca Buku Manajemen
Jika setiap hari anda dihadapkan dengan masalah yang sama, namun kecil kemungkinan pola pikir anda agar dapat memahami masalah tersebut. Maka keputusan bagus jika anda mulai untuk memanfaatkan buku. Buku akan membawa anda keluar dari diri anda sendiri, dan memungkinkan anda untuk melihat situasi anda dari perspektif baru.

Pelajari Cara Berkomunikasi Secara Efektif
Komunikasi yang efektif adalah salah satu bagian terpenting dari kepemimpinan, karena anggota tim yang memiliki kepribadian berbeda akan memiliki cara atau gaya menanggapi yang berbeda pula. Dengan mempelajari setiap tipe kepribadian, akan lebih memudahkan anda untuk dapat berkomunikasi secara efektif.

Buat Sistem Umpan Balik
Sangat bagus bagi anda jika telah berinvestasi begitu banyak untuk belajar menjadi pemimpin yang lebih baik. Namun saat semua sudah mulai teratasi, diposisi inilah anda harus tetap terus-menerus kembali ke orang-orang anda untuk mengetahui bagaimana kinerja anda. Terapkan sistem untuk memberikan umpan balik, sehingga karyawan anda selalu merasa seolah-olah mereka dapat mengekspresikan diri ketika ada sesuatu yang salah. Sebagai contoh, banyak perusahaan menawarkan ulasan kinerja setiap triwulan, tetapi ulasan ini juga harus memungkinkan karyawan untuk memberikan saran kepada manajer mereka.

Demikianlah artikel kami tentang cara meningkatkan keterampilan manajemen anda terhadap karyawan atau tim anda. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami. Dan semoga membawa manfaat. Jika anda ingin mengerti lebih tentang artikel ini, Penyusunan Job Analisis SDM ( Job description – uraian jabatan, Job Spesification – spesifikasi jabatan, job evaluation – Evaluasi jabatan), Re-desain Struktur Organisasi, Penyusunan SOP/ Struktur kinerja HR, Penyusunan system/ Struktur Remunerasi/ penggajian karyawan, Perencanaan kebutuhan karyawan, Penyusunan KPI ( Key Performance Indicator), Pembuatan Peraturan Perusahaan, silahkan langsung hubungi email kami groedu@gmail.com atau langsung hubungi nomer whatsapp kami  081-252-982900. Kami siap membantu.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp