Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

6 Langkah Mengendalikan Biaya Overhead untuk Efisiensi Bisnis Manufaktur

The Best consultant business in Surabaya

6 Langkah Mengendalikan Biaya Overhead untuk Efisiensi Bisnis Manufaktur

Biaya operasional, atau yang sering disebut sebagai biaya overhead, adalah pengeluaran penting dalam bisnis manufaktur. Agar bisnis Anda berjalan lancar dan efisien, biaya overhead ini perlu dikelola dengan baik. Artikel ini membahas 6 langkah untuk mengendalikan biaya overhead dalam bisnis manufaktur:

  1. Identifikasi Komponen Biaya Overhead

Langkah pertama adalah mengenali semua hal yang termasuk dalam biaya overhead. Catat semua pengeluaran pada laporan keuangan dan pisahkan berdasarkan fungsinya, misalnya biaya pemasaran, HR, administrasi, dan lain-lain.

Setelah itu, hitung total biaya untuk setiap periode. Ini mungkin terlihat rumit, namun akan memudahkan Anda memilih biaya mana yang bisa dihilangkan atau dikurangi.

  1. Koordinasi dengan Kepala Divisi

Bekerjasamalah dengan kepala divisi untuk mengendalikan biaya overhead. Mereka yang paling memahami aktivitas di departemennya dan dapat membantu Anda menemukan cara untuk mengontrol biaya tanpa mengganggu produktivitas.

Minta mereka menunjukkan rencana anggaran tahunan. Evaluasi setiap anggaran untuk melihat apakah biaya yang dikeluarkan efektif atau tidak.

  1. Atur Sistem Pembelian yang Detail

Buatlah sistem pembelian yang rinci. Tunjuk seseorang yang kompeten untuk mengontrol setiap pembelian sebelum disetujui. Mereka dapat melacak ke mana anggaran dibelanjakan.

Sebelum menyetujui pembelian, lakukan analisis biaya dan lakukan negosiasi harga untuk mendapatkan harga terbaik.

  1. Tetapkan Anggaran per Divisi

Tetapkan anggaran untuk setiap divisi agar perhitungan biaya overhead lebih akurat dan tidak mengganggu operasional bisnis. Setiap divisi harus menyiapkan rencana anggaran mereka. Bandingkan anggaran dengan realisasi pengeluaran untuk memudahkan kontrol biaya di masa depan.

  1. Libatkan Karyawan

Komunikasikan kepada karyawan tentang pentingnya penghematan biaya overhead. Diskusikan cara-cara untuk mengurangi biaya bersama mereka.

Karyawan yang mengoperasikan peralatan produksi mungkin memiliki ide untuk menghemat biaya tanpa mempengaruhi produksi. Anda juga bisa melakukan evaluasi karyawan untuk mengetahui tim atau individu yang dapat berkontribusi pada efisiensi produksi.

  1. Tingkatkan Manajemen Inventaris

Inventaris di perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan dagang atau jasa. Biasanya, inventaris terdiri dari bahan baku, barang jadi, dan barang setengah jadi.

Inventaris yang berlebihan akan menambah biaya penyimpanan, asuransi, pajak, dan lain-lain. Sebaliknya, kekurangan inventaris dapat menyebabkan hilangnya penjualan dan terhambatnya produksi.

Gunakan software khusus untuk membantu mengontrol stok inventaris secara real-time. Ini akan membantu Anda menghindari kelebihan dan kekurangan persediaan.

Kesimpulan

Biaya overhead meski tidak terkait langsung dengan produksi, tetap bisa berdampak positif atau negatif. Dengan menerapkan 6 langkah di atas, Anda dapat mengendalikan biaya overhead agar tidak merugikan kondisi keuangan dan kegiatan produksi perusahaan manufaktur Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki usaha dan ingin mengembangkannya ke tahap selanjutnya dan bingung dengan manajemen usahanya bagaimana. Kami Groedu International Consultant menyediakan layanan konsultasi untuk bisnis Anda. Silakan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda kepada kami dengan cara menghubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.