Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PERLUKAH PERUSAHAAN MEMBUKA KANTOR CABANG ATAU WILAYAH PENJUALAN DI IBUKOTA BARU ?

The Best consultant business in Surabaya

PERLUKAH PERUSAHAAN MEMBUKA KANTOR CABANG ATAU WILAYAH PENJUALAN DI IBUKOTA BARU ?

Jawabannya adalah perlu.

Hal ini disebabkan karena di ibukota yang baru akan membutuhkan banyak industri dan bidang bisnis yang mendukung jalannya roda pemerintahan (simak jenis bisnis yang dibutuhkan di ibukota baru di sini). Selain itu juga faktor kompetisi dengan pesaing yang belum terlalu banyak bila dibandingkan dengan ibukota Jakarta sebelumnya, oleh karena itu para pebisnis sebaiknya segera mengambil peluang ini agar tidak keduluan oleh kompetitor Anda.

Namun sebelumnya, para pebisnis perlu memperhatikan faktor-faktor berikut agar pengembangan perusahaan di wilayah ibukota baru dapat maksimal dan menjadi “mesin penjualan” yang produktif bagi perusahaan dalam artian dapat berkontribusi pada keuntungan yang bagus bagi laporan keuangan perusahaan, dan bukan malah menjadi anak perusahaan yang terus “(maaf) menyusu ibunya” pada kantor pusat.

• Sistem manajemen autopilot di kantor cabang baru
Membuka area penjualan dan kantor cabang di wilayah baru berarti mendelegasikan wewenang perusahaan melalui wakil karyawan yang sudah ditunjuk oleh kantor pusat untuk menjalankan operasional di wilayah ibukota baru.
Hal yang seringkali menjadi kendala adalah kurangnya fungsi kontrol dan pengawasan dari kantor pusat sehingga tim yang ada di wilayah ibukota baru tidak dapat memberikan hasil sesuai yang diharapkan, mulai dari masalah ketidak disiplinan karyawan, wanprestasi pencapaian target yang diberikan, kerugian dan kehilangan aset perusahaan, dsb.
Oleh karena itu, sebelum membuka kantor cabang baru rekan pebisnis perlu menyiapkan suatu sistem manajemen autopilot yang dapat dilengkapi dengan software pendukung (seperti software Accounting, ERP, CRM, HRIS) yang memudahkan manajemen dalam mengontrol dan mengawasi kinerja perusahaan yang dapat berjalan sesuai dengan koridor kebijakan dan prosedur yang telah dibuat sebelumnya.

• Anggaran biaya kantor cabang baru
Kantor cabang dan tim yang dibangun di ibukota baru tentu membutuhkan anggaran operasional untuk dapat “hidup dan berkembang”, mulai dari gaji karyawan, sewa tempat, biaya promosi dan pemasaran, dan sebagainya. Rekan pebisnis perlu cermat dalam mengalokasikan anggaran ini agar operasional kantor cabang baru tidak membuat minus margin profit yang dimiliki oleh perusahaan. Terutama yang perlu dicek adalah biaya pemasaran untuk mengakuisisi pelanggan di ibukota baru, pengelolaan piutang (AR), dll. Pembuatan anggaran ini juga terkait dengan bagaimana perusahaan dapat meminimalisasi kebocoran yang mungkin terjadi akibat kurangnya sistem kontrol manajemen. Selain itu dengan anggaran yang terjaga dengan baik maka membantu perhitungan tingkat pengembalian investasi perusahaan (ROI) menjadi lebih efisien yang dikeluarkan perusahaan ketika membuka kantor cabang di ibukota baru.

• Strategi penjualan dan pemasaran
Untuk mendukung tingkat kontinuitas dari kantor cabang baru, maka keberhasilan untuk mendapatkan pelanggan baru dan closing penjualan menjadi tolak ukur perusahaan dapat terus mempertahankan kantor cabang tersebut atau tidak. Oleh karena itu, rekan pebisnis perlu meramu strategi penjualan dan pemasaran produk dan layanan yang efektif sesuai dengan kondisi pasar di daerah ibukota baru. Jika diperlukan maka dapat melakukan penyesuaian kualitas layanan dan harga agar menarik perhatian pelanggan baru. Selain itu rekan pebisnis dapat berkolaborasi dengan rekan bisnis lokal di ibukota baru agar dapat mengetahui karakteristik pelanggan dengan lebih maksimal.

• Administrasi perizinan usaha di ibukota baru
Hal ini perlu diperhatikan agar nantinya tidak mengganggu operasional kantor cabang ketika sudah berjalan, selain juga tidak mengurangi citra perusahaan ketika ada perijinan usaha yang belum diurus di daerah ibukota yang baru. Segera mencari info tentang prosedur dan persyaratan apa saja yang perlu diurus secepatnya sebelum rekan bisnis membuka kantor cabang baru.

Hubungi kami segera untuk konsultasi lebih lanjut pengembangan bisnis di ibukota baru di WA 081252982900 atau email ke groedu@gmail.com.

#ibukotabaru #pemindahanibukota #bukakantorcabang #manajemenkantorcabang #manajemenautopilot #konsultanbisniskalimantantengah #konsultanbisnispalangkaraya #konsultanbisnissamarinda #konsultanbisnisbalikpapan #konsultanmanajemen #konsultanritelomnichannel #konsultansupermarket #konsultanperusahaan

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp