Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA KARYAWAN TERBAIK ANDA MEMUTUSKAN KELUAR DARI PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA KARYAWAN TERBAIK ANDA MEMUTUSKAN KELUAR DARI PERUSAHAAN

Bisnis kecil biasanya terdiri dari staf kecil namun sangat berharga. Setiap pekerja memainkan peran pentingnya masing-masing, dan kehilangan satu karyawan dapat berdampak pada seluruh perusahaan. Kehilangan karyawan yang berharga selalu menyakitkan. Ketika mereka pergi, pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan mereka secara keseluruhan juga pergi bersama mereka.
Meskipun tidak ada perusahaan yang ingin melihat pekerja terbaiknya pergi, terkadang hal itu tidak dapat dihindari. Agar transisi berjalan lancar, pemberi kerja harus menangani pengunduran diri secara profesional dan patuh secara hukum. Berikut cara melanjutkan ketika seorang karyawan penting memutuskan untuk berhenti.

Tetap Tenang
Hal terbaik yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan bertanya kepada karyawan tersebut mengapa mereka berencana pergi. Meskipun tidak baik untuk meminta informasi atau menempatkan karyawan pada posisi yang tidak nyaman atau tekanan tinggi, Anda mungkin dapat mempelajari sesuatu yang akan membantu Anda menyusun penawaran balasan, atau menemukan cara lain untuk mempertahankan orang tersebut.
Masalahnya mungkin berkisar dari kurangnya peluang pertumbuhan hingga manajemen yang buruk. Beberapa mungkin dapat diperbaiki, sementara yang lain tidak secara khusus terkait dengan perusahaan Anda. Pertimbangkan cara terbaik untuk mengatasi situasi tersebut dengan penjelasan karyawan.
Orang mungkin berpikir menawarkan lebih banyak uang akan menyelesaikan apa pun, tetapi … uang hanya bekerja untuk waktu yang sangat singkat, dan tidak mengatasi rasa ketidakbahagiaan secara keseluruhan.
Terlepas dari itu, pertimbangkan keputusan mereka. Jika mereka bersikeras untuk pergi, bersikaplah ramah, doakan mereka baik-baik saja, dan tanyakan apakah mereka akan tinggal untuk jangka waktu yang sesuai untuk melakukan transisi.

Tinjau Kewajiban Hukum Anda Sebagai Pemberi Kerja
Jika karyawan tersebut memutuskan bahwa mereka pasti akan meninggalkan orginisasi, langkah selanjutnya adalah memastikan Anda mematuhi semua undang-undang ketenagakerjaan tentang pemutusan hubungan kerja.
Mungkin Anda sudah mengetahui ini, tapi akan kami coba untuk tetap sampaikan bahwa kewajiban hukum yang harus dibayarkan kepada karyawan yang akan pergi adalah sebagai berikut:
• Bayar semua gaji yang masih harus dibayar.
• Mencairkan manfaat yang masih harus dibayar yang harus dibayar setelah pemutusan hubungan kerja (baik berdasarkan undang-undang atau kebijakan perusahaan), atau mendokumentasikan karyawan yang tidak berhak atas manfaat tersebut.
• Jika berlaku, perhitungkan dan buat jadwal pembayaran komisi atau bonus yang akan dilakukan setelah penghentian. Ini biasanya diatur oleh hukum dan ketentuan rencana bonus dan komisi.
• Beri karyawan pemberitahuan hukum yang diperlukan.
Jika karyawan tersebut telah menandatangani perjanjian, atau dokumen hukum lainnya yang melindungi kekayaan intelektual perusahaan Anda, ini juga harus ditinjau sehingga Anda dan karyawan tersebut memahami dengan jelas ketentuan perjanjian ini setelah mereka meninggalkan perusahaan.

Lakukan Wawancara Keluar
Mengadakan wawancara keluar, baik tatap muka atau melalui email / survei online, lebih dari satu cara untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman pribadi karyawan dengan perusahaan Anda. Saat Anda berbicara dengan anggota staf yang akan pergi, Anda juga mengambil langkah penting untuk menyelesaikan masalah yang mungkin timbul.
Pengusaha harus mengambil tindakan yang wajar dan sah untuk memastikan bahwa yang keluar dari perusahaan adalah karyawan, dan bukan informasi atau hubungan pelanggan.
Mungkin ada pengaruh pada moral yang perlu dipertimbangkan. Jika orang yang pergi tidak bahagia, tim mungkin juga tidak bahagia. Menerapkan perubahan sebagian berdasarkan umpan balik oleh karyawan yang keluar dan percakapan dengan tim sangat penting dalam menciptakan lingkungan tempat kerja yang lebih baik dan tim yang lebih kuat.
Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk ditanyakan dan secara formal didokumentasikan dalam wawancara keluar :
• Apa alasan Anda keluar dari perusahaan?
• Apa yang Anda sukai dari perusahaan ini?
• Adakah hal-hal yang dapat kami lakukan secara berbeda sebagai perusahaan?
• Apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda?
• Apa yang tidak kamu suka?
• Seperti apa hubungan Anda dengan supervisor Anda?
• Apa yang bisa dilakukan supervisor Anda secara berbeda?
• Apakah harapan Anda terpenuhi dengan tujuan yang diberikan kepada Anda?
• Apakah tujuan Anda dinyatakan dengan jelas dan pengukuran diberikan atas apa yang termasuk pencapaian?

Temukan Cara Untuk Mengisi Celah Tersebut
Apakah Anda berencana untuk langsung mengganti karyawan yang akan keluar atau mengubah peran orang lain secara internal, Anda akan memiliki beberapa celah yang harus diisi. Tetapi mempekerjakan kandidat baru pertama yang menunjukkan minat mungkin bukan solusi terbaik, meskipun manfaatnya dirasakan langsung bagi perusahaan Anda.
Buat rencana pengembangan tim sesuai dengan tujuan mereka sejalan dengan tujuan organisasi. Yang penting adalah memastikan tindak lanjut dari rencana itu.
Anda juga harus mengembangkan rencana suksesi untuk mencegah masalah yang sama di masa mendatang. Dengan begitu, posisi itu bisa dengan mudah diisi sementara atau permanen, meski dalam waktu singkat.
Demikian jika saat ini Anda tengah terkendala dengan manajemen sdm di perusahaan Anda. Dan membutuhkan solusi tepat dengan segera, silahkan hubungi kami melelui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor https://wa.me/62812-5298-2900. Kami siap menghubungi Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp