Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

Gunakan Riset Pasar untuk Menemukan Pelanggan Bisnis Anda

The Best consultant business in Surabaya

Gunakan Riset Pasar untuk Menemukan Pelanggan Bisnis Anda

Riset pasar adalah proses yang menggabungkan perilaku konsumen dan tren ekonomi untuk memastikan dan meningkatkan ide bisnis Anda.

Memahami target konsumen sejak awal sangat penting. Riset pasar membantu Anda mengurangi risiko saat bisnis Anda masih berupa konsep.

Kumpulkan informasi demografis untuk lebih memahami peluang dan batasan dalam mendapatkan pelanggan. Ini bisa mencakup data kependudukan seperti usia, pendapatan, keluarga, minat, atau hal lain yang relevan dengan bisnis Anda.

Jawab pertanyaan berikut untuk memahami pasar Anda dengan baik:

  • Permintaan: Apakah ada keinginan untuk produk atau layanan Anda?
  • Ukuran pasar: Berapa banyak orang yang akan tertarik dengan penawaran Anda?
  • Indikator ekonomi: Berapa kisaran pendapatan dan tingkat pengangguran?
  • Lokasi: Di mana pelanggan Anda tinggal dan di mana jangkauan bisnis Anda?
  • Persaingan: Berapa banyak pilihan serupa yang sudah tersedia untuk konsumen?
  • Harga: Berapa yang dibayar calon pelanggan untuk alternatif tersebut?

Ikuti tren usaha kecil terbaru untuk memahami pangsa pasar tertentu yang akan memengaruhi keuntungan Anda.

Ada dua cara untuk melakukan riset pasar: menggunakan sumber yang ada atau langsung bertanya kepada konsumen.

Sumber yang ada dapat menghemat banyak waktu dan tenaga, tetapi informasinya mungkin tidak spesifik untuk target konsumen Anda. Gunakan sumber ini untuk menjawab pertanyaan umum dan dapat diukur, seperti tren industri, demografi, dan pendapatan rumah tangga. Anda bisa mencari informasinya secara online atau menggunakan daftar sumber daya riset pasar yang tersedia.

Bertanya langsung kepada konsumen dapat memberi Anda pemahaman yang lebih detail tentang target konsumen Anda. Namun, riset langsung bisa memakan waktu dan biaya. Gunakan cara ini untuk menjawab pertanyaan tentang bisnis atau pelanggan spesifik Anda, seperti reaksi terhadap logo, peningkatan yang dapat dilakukan untuk pengalaman berbelanja, dan ke mana pelanggan mungkin pergi selain bisnis Anda.

Beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan riset langsung:

  • Survei
  • Kuesioner
  • FGD (Focus Group Discussion)
  • Wawancara mendalam

Penutup

Dengan riset pasar yang baik, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan meningkatkan peluang sukses Anda di Indonesia. Riset pasar akan membantu Anda menemukan pelanggan yang tepat, menawarkan produk atau layanan yang mereka butuhkan, dan bersaing secara efektif di pasar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda kepada kami dengan cara menghubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.