TRAINING K3 DI PERUSAHAAN ANDA WAJIB

PENGERTIAN DAN TUJUAN PENERAPAN MANAJEMEN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM DUNIA KERJA

Tujuan dan penerapan dalam manajemen Keselamatan Kerja (K3), manajemen K3 pada dasarnya adalah untuk mengetahui tentang apa saja yang menjadi tujuan utama dari dilakukananya Keselamatan Kerja dan bagaimana agar bisa menjalankan manajemen keselamatan kerja dalam hal melakukan satu project dan project-project yang lainnya, dan pada artikel kali ini kita juga akan sedikit membahas tentang apa sebernarnya tujuan dari dilakukannya manajemen keselamatan kerja (K3) Serta bagaimana prinsip-prinsip dari kesehatan dan keselamatan kerja (K3) standar yang harus diterapkan pada banyak perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan sistem K3 bagi setiap pekerjanya.

Pengertian Keselamatan Kerja Dalam Dunia Kerja

Dalam pengertiannya, baik berupa jasmani maupun rohani pada setiap manusia, pengertian sebenarnya dari keselamatan kerja adalah satu diantara banyak yang sekiranya dapat menanggung satu kondisi, agar bisa meminimalkan atau agar bisa terlepas dari peristiwa-peristiwa yang seharusnya tidak terjadi dan bahkan yang tidak dikehendaki terjadi oleh perusahaan dan para pekerjanya, hal semacam ini sangat berpengaruh besar pada suatu kesejahteraan dari setiap orang-orang yang bekerja dan khususnya juga untuk perusahaan yang telah mempekerjakan orang-orang tersebut, dan semua itu sangat erat kaitannya dengan perlengkapan-perlengkapan kerja yang sudah digunakan oleh para pekerja perusahaan, tempat kerja, maupun lingkungan kerja, dan juga sistem/langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam melakukan satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya.

Bagaimana dengan Kecelakaan Kerja?

Kecelakaan kerja merpakan satu peristiwa yang terkait/berhubungan dengan pekerjaan, termasuk juga satu atau beberapa penyakit yang disebabkan karena terlalu lama berada di satu lokasi untuk suatu urusan pekerjaan yang memang mengharuskan pekerja tersebut untuk berada disana karena tanggungjawab dari pekerjaannya yang masih belum selesai dilakukan. Karena itulah, banyak cara-cara yang sangat perlu untuk lebih diperhatikan lagi dalam hal menangani permasalahan dan berbagai urusan-urusan kecelakaan kerja pada saat dalam kondisi dan situasi sedang bekerja, agar hal-hal yang tidak dikehendaki tersebut dapat dicegah atau sebisa mungkin diminimalisir dan tidak sampai terjadi pada saat sedang melakukan suatu pekerjaan.

Tujuan Utama dari Dilakukannya Manajemen Keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

Terjadinya hal-hal yang terlalu sering berlangsung pada suatu pekerjaan juga membutuhkan adanya suatu antisipasi keselamatan dan kesehatan kerja sejak dini dari pihak perusahaan, agar ketika dalam melakukan suatu pekerjaan bisa berjalan dengan lebih lancar dan tidak sampai terjadi hal-hal yang bisa merugikan semua pihak yang terkait dengan pekerjaan terebut, yaitu pihak perusahaan dan juga para pekerjanya.

Tentang beberapa hal yang mungkin saja bisa menjadi tujuan utama dari manajemen keselamatan serta kesehatan kerja adalah sebagai berikut:

1. Terwujudnya suatu pekerjaaan yang lancar dan aman bagi para pekerja.
2. Terwujudnya tempat kerja yang lebih memungkinkan bagi para pekerja untuk dapat bekerja disana.
3. Terwujudnya pekerjaan yang lebih efektif dan produktif bagi pekerja dan perusahaan.
4. Situasi dan tempat kerja yang sudah terintegrasi untuk mencegah dan sekaligus untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat dari pekerjaan yang dilakukan.
5. Meningkatkan situasi dan kondisi kesehatan kerja yang jauh lebih baik.
6. Mengurangi dan menghambat untuk terjadinya kecelakaan kerja dan tidak sampai menyebabkan terjadinya kerugian yang ekonomis bagi perusahaan dan para pekerjanya.

Pada penerapan sebenarnya dalam manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, bertujuan agar mampu memberikan efek yang positif dan banyak bermanfaat bagi semua pihak, terkecuali untuk penambahan produkrifitas kerja dan masih tetap terjaganya kesehatan dan keselamatan kerja bagi para pekerja, sampai kinerja menjadi semakin lebih baik dan angka dari terjadinya kecelakan kerja juga semakin berkurang serta kesehatan dari setiap pekerja masih tetap terbangun dengan lebih baik dan aman.

Mengapa kesehatan dan keselamatan pekerjaan para pekerja harus tetap dijaga dan diperhatikan?

Pada intinya, setiap pekerja memang memiliki hak atas kesehatan dan keselamatan dari setiap perusahaan yang sudah mempekerjakannya, terkecuali jika untuk menguntungkan hanya bagi salah satu pihak saja, dan dalam hal ini biasanya yang paling banyak adalah bagi perusahaan yang terlalu sering memanfaatkan tenaga dari para pekerja dan mengabaikan kesehatan dan keselamatan mereka, maka dalam hal ini para pekerja tersebut berhak untuk menolak dan menuntut hak keselamatan dan keselamatan kerja mereka terhadap perusahaan.
Satu diantara pihak manajemen sangat perlu untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja, yaitu: untuk meningkatkan tingkah laku hidup bersih dan memperhatikan budaya hidup sehat di tempat kerja, mengurangi potensi untuk terjangkitnya penyakit-penyakit yang muncul akibat dari pekerjaan serta lingkungan kerja yang buruk, akan menjadikan lingkungan kerja yang lebih sehat dan tentunya cukup aman bagi para pekerja, mampu memberikan efek yang lebih positif terhadap lingkungan kerja dan orang-orang yang bekerja didalamnya. Nah, itulah sedikit penjelasan tentang pengertian dan tujuan dari penerapan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dalam dunia kerja. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Anda membutuhkan bimbingan dalam sertifikasi ISO, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!