Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MENINGKATKAN STRATEGI ECOMMERCE DENGAN BIJAK DALAM INVENTORY MANAGEMENT

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MENINGKATKAN STRATEGI ECOMMERCE DENGAN BIJAK DALAM INVENTORY MANAGEMENT

Pada tingkat paling dasar, Inventory Management adalah mencari, menyimpan, dan menjual stok. Ini adalah mengetahui berapa banyak stok yang Anda miliki, berapa banyak yang harus dijual, di mana menyimpannya, dan berapa lama menyimpannya.
Memahami cara mengelola inventaris sangat penting untuk bisnis apa pun. Karena ini mencegah pemborosan, menghemat biaya, dan menghemat waktu. Menjaga di atas pasokan menciptakan lebih banyak fokus pelanggan karena memberi orang produk yang mereka inginkan.
Sayangnya, banyak bisnis yang masih kurang memiliki pengetahuan tentang praktik terbaik Inventory Management. Beberapa perusahaan terbesar di dunia telah runtuh karena tidak menggunakan teknik dan sistem yang tepat.

Mengapa Anda Membutuhkan Kontrol Inventaris?
Kontrol inventaris tidak harus rumit, tetapi selalu penting. Memahami tingkat stok membantu Anda mengetahui;
• Kapan harus memesan ulang?. Pertama, Anda perlu tahu kapan stok hampir habis. Sehingga Anda tidak akan kehabisan stok.
• Berapa banyak untuk memesan ulang? Katakanlah Anda memiliki toko hewan peliharaan online. Mainan wortel yang melengking telah terjual lebih banyak dari yang Anda perkirakan. Jadi, Anda perlu memesan lebih banyak. Namun, Anda tidak ingin memesan berlebihan. Mengelola inventaris membantu jumlah yang stabil juga.
• Berapa banyak lagi yang harus dipesan. Sesuai dengan contoh mainan, jika wortel terjual dengan baik, apakah tomat yang melengking akan terjual dengan baik juga? Pelacakan inventaris yang akurat juga akan membantu pembelian dan keberhasilan produk baru.
• Berapa lama stok bisa keluar / di gudang? Ini adalah sesuatu yang mungkin tampak sedikit jelas untuk hal-hal seperti barang-barang yang mudah rusak. Tetapi tanpa inventaris yang tepat, banyak barang mungkin berakhir tidak terhitung dan tidak terjual. Ditinggalkan untuk ketinggalan zaman atau ketinggalan zaman.

5 Metode Inventory Management Yang Penting Untuk Ecommerce
Ada beberapa poin penting yang perlu diingat saat menggunakan Inventory Management. Menjaga poin-poin ini dalam pikiran Anda akan membantu Anda melangkah lebih jauh. Mereka juga akan memastikan Anda mendapat untung dan membuat pelanggan senang.

1. Memiliki Stok Pengaman
Anda tidak pernah tahu kapan sesuatu yang tidak terduga mungkin terjadi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan Anda memiliki stok pengaman.
Mungkin ada banyak alasan mengapa Anda membutuhkan ini. Kita hanya perlu melihat kasus panic buying baru-baru ini untuk melihat bahwa terjadi supply dan demand yang tidak terduga. Menyimpan inventaris stok akan memastikan Anda mempersiapkan sesuatu yang tidak terduga.

2. Jumlah Persediaan
Ini sesederhana tidak terlalu banyak menimbun dan tidak kekurangan stok. Ini tentang mendapatkan keseimbangan yang tepat.

3. Gunakan Teknik Kitting
Misalnya, Anda seorang manajer kontrol inventaris dan Anda menemukan sekumpulan produk atau barang yang tidak terjual.
Produk tersebut dikenal sebagai stok mati, yang apabila dibiarkan maka hanya akan menghabiskan ruang dalam inventaris Anda dan semakin mendekati waktu kadaluwarsa.
Sebagai manajer kontrol inventaris, Anda perlu menemukan cara untuk mengubah produk ini dengan melakukan pengurangan inventaris.
Salah satu opsi yang Anda pilih adalah menggabungkannya dengan lebih banyak produk ke dalam permintaan dalam kotak langganan menggunakan platform kotak langganan.
Ini membantu untuk menyingkirkan kelebihan stok dengan harga yang bagus. Ini juga meningkatkan nilai pesanan rata-rata dan memberi tahu pelanggan bahwa mereka mendapatkan banyak hal.

4. Lihat Pembelian Sebelumnya untuk Memprediksi Stok Masa Depan
Dengan melakukan ini, Anda dapat membuat lingkaran umpan balik untuk memahami cara kerja stok. Anda dapat menilai stok yang perlu ditingkatkan atau dikurangi. Melacak stok memungkinkan Anda melihat produk mana yang paling laris. Ini juga membantu dalam penilaian tren tahunan dan dapat dilakukan sesering yang Anda suka.

5. Cerdaslah dengan Penyimpanan
Saat mengumpulkan stok untuk dijual, penting untuk memikirkan penyimpanan fisik barang. Baik menyimpan barang di ruang cadangan atau gudang, pastikan barang tersebut mudah ditemukan.
Menyimpannya di tempat di mana Anda dapat dengan mudah mengemas dan mempostingnya berarti pelanggan akan mendapatkan barang lebih cepat. Dasarkan lokasi pada penjualan dan tren. Pindahkan barang-barang sesekali jika perlu. Melakukan hal ini akan membantu Anda menjaga stok Anda dan akan memberikan kepuasan pelanggan yang luar biasa.

Kesimpulannya
Memiliki sistem Inventory Management yang baik dapat membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah. Menggunakan campuran perangkat lunak yang tepat dan teknik-teknik ini akan memastikan Anda tetap di atas inventaris Anda sehingga menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk Anda. Pada akhirnya, itu berarti pelanggan yang lebih bahagia yang akan terus datang kembali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp