Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MANAJEMEN TURNOVER KARYAWAN

The Best consultant business in Surabaya

CARA MANAJEMEN TURNOVER KARYAWAN

Memiliki tingkat perputaran karyawan tertentu adalah normal, tetapi sangat penting untuk mempertahankan bakat terbaik Anda sebanyak mungkin. Cara terbaik untuk melakukannya adalah mempelajari tingkat keluar masuk karyawan Anda, mengidentifikasi penyebabnya, dan menerapkan strategi utama untuk memperbaikinya.

APA ITU PERGANTIAN KARYAWAN?
Perputaran karyawan adalah ketika staf meninggalkan perusahaan Anda – ini termasuk sukarela (misalnya, seorang karyawan mengundurkan diri, pensiun, atau mutasi) dan pergantian paksa (misalnya, seorang karyawan diberhentikan atau dipecat). Meskipun beberapa tingkat kepergian karyawan diharapkan, penting untuk memantau tingkat turnover Anda untuk memiliki wawasan yang lebih baik tentang moral karyawan dan untuk membuat keputusan yang tepat. Jika Anda mengalami tingkat turnover karyawan yang tinggi, mungkin inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan internal.

BAGAIMANA TURNOVER MEMPENGARUHI BISNIS ANDA?
Turnover karyawan dapat berdampak positif atau negatif pada bisnis Anda, tergantung pada apakah Anda memiliki tingkat turnover yang rendah atau tinggi. Bisnis dengan tingkat turnover yang rendah cenderung memiliki reputasi yang lebih baik. Tingkat turnover yang diinginkan, sekitar 10%, menandakan kepuasan karyawan yang tinggi, yang pada gilirannya membantu menarik talenta terbaik. Sebaliknya, tingkat turnover yang berlebihan, di atas rata-rata 18%, dapat merusak bisnis Anda.
Selain biaya moneter yang terlibat, perputaran yang tinggi juga dapat berdampak besar pada kemampuan Anda untuk mempertahankan karyawan Anda yang paling berbakat. Jika masalah mendasar yang menyebabkan karyawan berkinerja terbaik mengundurkan diri, mereka akan membawa pengetahuan dan pengalaman mereka dengan mereka. Ini dapat memengaruhi kualitas produk dan layanan Anda serta merusak reputasi Anda.
Dan lagi staf Anda yang tersisa mungkin juga merasa di bawah tekanan tambahan jika mereka perlu melakukan pekerjaan ekstra sementara Anda mencari penggantinya, dan ini dapat menyebabkan stres dan kelelahan.
Memiliki siklus konstan anggota staf baru dapat merusak budaya perusahaan Anda juga. Karyawan cenderung mempelajari nilai dan aturan tempat kerja dengan lebih efektif dari rekan kerja mereka, daripada buku pegangan karyawan. Tanpa karyawan jangka panjang yang mengatur nada, budaya perusahaan Anda bisa hilang.
Karena turnover atau pergantian karyawan ini memegang peran penting dalam perusahaan. Sehingga penting untuk Anda dapat memanajemennya dengan baik. dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa caranya.

Prioritaskan Strategi Perekrutan Anda.
Langkah pertama menuju budaya perusahaan yang hebat dengan tingkat pergantian karyawan yang rendah adalah memastikan Anda mempekerjakan karyawan yang tepat untuk pekerjaan itu. Buat deskripsi pekerjaan yang akurat dan perhatikan proses rekrutmen Anda.
Jika Anda memiliki sejumlah besar karyawan baru yang ‘menghilang’ dengan cepat setelah pelatihan (atau tidak berhasil melalui pelatihan), ini adalah tanda Anda tidak memilih kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Menurunkan omset dimulai dengan mempekerjakan karyawan berkualitas yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan Anda, kemudian menciptakan budaya yang membuat karyawan ingin bertahan dalam jangka panjang.

Berinvestasilah untuk Mendapatkan Staf Baru.
Setelah Anda merekrut kandidat yang tepat, mereka perlu dilatih dengan benar. Beberapa minggu pertama untuk staf baru adalah kunci apakah mereka akan berubah menjadi karyawan jangka panjang atau pergi begitu mereka menemukan alternatif.
Investasikan waktu dan sumber daya untuk memastikan mereka mendapatkan induksi yang benar-benar menyeluruh dan didukung dengan baik pada hari-hari awal ini. Jika mereka merasa diinginkan dan dihargai sejak hari pertama, mereka kemungkinan besar akan mulai mengembangkan loyalitas terhadap perusahaan dan ingin tetap bersama Anda, bahkan di saat-saat yang lebih menantang.

Dapatkan Dan Tanggapi Umpan Balik Karyawan.
Elemen penting dari setiap bisnis yang sukses adalah komunikasi yang hebat. Memfasilitasi budaya perusahaan yang tumbuh subur dalam komunikasi terbuka. Selain memberikan umpan balik kepada karyawan, Anda juga harus memintanya. Gunakan rapat dan survei karyawan untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan dan kekhawatiran staf.
Setiap perusahaan akan memiliki tantangan yang berbeda dalam hal ini, tetapi semua alasan yang sering dikutip untuk berhenti. Misalnya, keseimbangan kehidupan kerja yang buruk, konflik tempat kerja atau manajemen, kurangnya peluang kemajuan, dll. Dapat diatasi dengan mendengarkan kekhawatiran dari karyawan Anda dan menyesuaikan kebijakan dan prosedur Anda dengan tepat.

Libatkan Dan Kenali Tim Anda.
Penting untuk memastikan karyawan Anda saat ini merasa terlibat, termotivasi, dan dihargai. Dorong mereka untuk mengambil proyek baru, tawarkan pelatihan dan peluang peningkatan karier, dan beri penghargaan kepada karyawan atas kinerja yang baik. Karyawan yang merasa terstimulasi, dihargai, dan dihargai lebih cenderung bertahan.

Tinjau Gaji Dan Tunjangan Secara Teratur.
Meskipun sebagian kompensasi karyawan bergantung pada anggaran perusahaan Anda, tinjau dan ubah tunjangan dan gaji karyawan sesering mungkin. Semakin lama seorang karyawan bekerja untuk perusahaan Anda, semakin mereka dapat mengasah keterampilan dan keahlian mereka. Mereka harus diberi penghargaan untuk itu. Menawarkan gaji dan tunjangan yang kompetitif dapat membuat karyawan merasa dihargai dan mencegah mereka mencari pekerjaan di tempat lain.
Sangat penting untuk terus meninjau gaji dan tunjangan Anda untuk memastikan Anda menawarkan staf paket hadiah yang kompetitif. Jika staf merasa Anda gagal mengenali nilai dan nilai pasar mereka yang sebenarnya, maka Anda menghadapi risiko mereka meninggalkan Anda untuk menjadi pesaing yang bersedia berinvestasi di dalamnya. Demikian jika Anda membutuhkan jasa rekrutmen karyawan profesional dengan pengalaman puluhan tahun dalam bidang rekrutmen. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp https://wa.me/62812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp