Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

JENIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS RITEL

The Best consultant business in Surabaya

JENIS MANAJEMEN RISIKO BISNIS RITEL

Lanskap manajemen risiko saat ini untuk industri apa pun sangat kompleks dan luas. Langkah-langkah peraturan baru mulai berlaku setiap tahun, produk baru memasuki pasar, dan saluran distribusi baru terus berkembang.
Dalam industri ritel, manajer risiko memiliki kompleksitas risiko tambahan yang terkait dengan konsumen. Ini menambah dimensi lain pada portofolio risiko organisasi. Disinilah pentingnya prioritas. Berikut adalah daftar prosedur yang diprioritaskan untuk dicoba:

1. Kepemilikan risiko
Untuk mengurangi risiko di ritel secara efektif, seseorang harus bertanggung jawab. Ini adalah gagasan sederhana, tetapi salah satu yang sering diabaikan.
Pemilik risiko ini mungkin seorang kepala departemen, atau manajer properti atau toko; selama ada seseorang di lapangan yang dapat memastikan bahwa risiko diidentifikasi secara aktif dan alat kontrol tersedia. Dengan cara ini, strategi mitigasi akan dilakukan tepat waktu.

2. Dokumentasikan semuanya
Semakin banyak klaim tanggung jawab pihak ketiga yang dibawa ke pengadilan, dan seperti kata pepatah lama, pelanggaran terbaik adalah pembelaan yang baik.
Mendokumentasikan semua prosedur dan kebijakan rutin Anda sangat penting untuk membuktikan bahwa Anda telah melakukan uji tuntas terkait keselamatan pelanggan. Jika Anda melakukan penelusuran setiap jam untuk memastikan tidak ada bahaya tersandung, pastikan ini dicatat dalam log inspeksi. Jika kebijakan perusahaan Anda bahwa server harus berjalan di depan klien, tuliskan sebagai kebijakan formal dan sertakan detail ini dalam laporan insiden apa pun.

Baca juga: Tips Membuat Program Promo Gratis Ongkir Tanpa Perlu Mengalami Kerugian

3. Lacak insiden
Prediktor klaim terbaik adalah insiden. Jika Anda mendokumentasikan dan melacak insiden dengan benar, Anda dapat mengatasi masalah sebelum menjadi klaim.
Ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan analisis tren, mengidentifikasi area masalah, dan memperbaikinya, mengurangi kerugian berulang. Dokumentasi insiden harus mencakup kesaksian saksi, informasi kontak, foto, dan detail lainnya yang mungkin berguna dalam menentukan penyebab atau menunjukkan uji tuntas.

4. Hancurkan silo
Manajemen risiko perusahaan yang benar berarti mendobrak hambatan yang sering ada dalam suatu organisasi dan mendekati risiko dari semua sisi. Jika tim manajemen risiko mencoba mengatasi tiga risiko teratas dari setiap departemen, tim tersebut dapat dengan cepat menemukan dirinya menyebar terlalu tipis.
Dengan menekankan pentingnya manajemen risiko dan menyatukan semua risiko dan risiko yang diinvestasikan, organisasi dapat menetapkan prioritas dan memperoleh efisiensi dengan lebih baik.

5. Otomatisasi klaim
Mengelola klaim dapat menjadi tugas yang memberatkan dan memakan waktu saat menggunakan metode pengumpulan manual seperti spreadsheet Excel. Hal ini terutama berlaku untuk industri dengan insiden klaim yang tinggi, seperti ritel.
Selain itu, ini menyisakan banyak ruang untuk kesalahan manusia. Dengan mengotomatiskan proses ini dengan perangkat lunak, Anda akan menghemat waktu, mengurangi kesalahan, dan lebih mudah mengatur data sesuai kebutuhan untuk membuat laporan yang relevan dan dapat ditindaklanjuti.

6. Beri peringkat risiko Anda
Hanya ada begitu banyak sumber daya yang tersedia dan tidak mungkin untuk menangani semua risiko sekaligus. Itulah mengapa penting untuk menentukan peringkat risiko Anda berdasarkan frekuensi dan tingkat keparahan untuk mengidentifikasi mereka yang menimbulkan ancaman terbesar.
Tentukan mana yang paling mungkin terjadi atau akan berdampak paling parah pada organisasi; ini adalah risiko yang harus dicurahkan oleh tim dengan waktu dan sumber daya paling banyak. Dengan memberi peringkat risiko, Anda mengizinkan tim Anda untuk mempertajam beberapa risiko yang mewakili ancaman terbesar bagi organisasi secara keseluruhan.

7. Lindungi merek Anda
Adopsi media sosial adalah pedang bermata dua bagi pengecer. Ini memberikan kesempatan yang fantastis untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen, tetapi juga memberi konsumen kekuatan untuk menyuarakan pendapat dan pengalaman mereka dengan organisasi Anda kepada masyarakat umum.
Untuk melindungi merek dan reputasi Anda dengan benar, kebijakan media sosial adalah suatu keharusan. Ini harus menjadi kebijakan di seluruh organisasi yang disadari oleh semua karyawan, dan yang membahas tidak hanya standar untuk berkomunikasi dengan pelanggan tetapi juga apa yang harus dikatakan jika ada umpan balik atau keluhan negatif.
Adalah penting bahwa setiap pesan yang diterima pelanggan konsisten di seluruh organisasi.

8. Jaga rantai pasokan
Aspek pertama yang paling kritis adalah keandalan pasokan dan menjaga tingkat stok minimum, terutama untuk perusahaan dengan produk volume tinggi.
Kedua, optimalkan rantai pasokan untuk menghilangkan hambatan orang, proses, dan teknologi.
Ketiga, organisasi membutuhkan visibilitas real-time ke dalam operasi mereka sendiri serta ke area yang berada di luar kendali mereka sendiri. Ini akan mengidentifikasi masalah sebelum menjadi masalah skala besar.

9. Gunakan perangkat lunak berbasis cloud
Perangkat lunak berbasis cloud menjadi lebih umum di semua industri. Namun, ini sangat bermanfaat bagi pengecer. Margin bisa sangat kecil di sektor ritel, dan ini bisa membuat anggaran manajemen risiko semakin kecil.
Perangkat lunak berbasis cloud umumnya dijual menggunakan model penetapan harga berbasis pengguna, yang menurunkan pengeluaran modal. Ada juga sangat sedikit persyaratan TI yang meringankan beban tim TI internal.

10. Kelola klaim internal
Memiliki kepemilikan atas data klaim Anda berarti Anda dapat memasukkan klaim dan insiden yang diasuransikan sendiri ke dalam keseluruhan analisis Anda. Ini memberi Anda gambaran yang lebih akurat dan lengkap tentang di mana letak risiko Anda. Ini juga dapat membantu Anda mendapatkan premi asuransi yang lebih menguntungkan karena Anda dapat memberikan rekam jejak riwayat klaim yang jelas dan akurat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.