Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

BAGAIMANA ERP DAPAT MEMBANTU MENGOPTIMALKAN BISNIS PERUSAHAAN?

The Best consultant business in Surabaya

BAGAIMANA ERP DAPAT MEMBANTU MENGOPTIMALKAN BISNIS PERUSAHAAN?

Enterprise Resource Planning (ERP) bukan hanya berkaitan dengan planning atau resource. Namun, inti dari adanya ERP yaitu untuk menyatukan seluruh bagian/departemen dan fungsi yang ada pada sebuah perusahaan ke satu sistem komputer yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan spesifik dari departemen yang berbeda. Pengertian ERP sendiri adalah sebuah software yang memiliki fungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam bisnis.
Pada umumnya, para pemilik bisnis dan tim manajemen seringkali harus membuat beberapa keputusan sulit tentang bagaimana mengelola operasi di perusahaannya, dan salah satu keputusan yang mungkin Anda hadapi saat ini adalah apakah perusahaan Anda akan melakukan implementasi ERP. Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sebuah sistem yang dapat digunakan dann sangat bermanfaat bagi bisnis atau perusahaan Anda.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan memberikan pengetahuan mengenai mengoptimalkan bisnis perusahaan anda dengan menggunakan ERP.
Pada awalnya Sistem ERP berfokus pada fungsi back-office misalnya seperti akuntasi dan keuangan, pembelian dan gudang dan penggajian. Baru kemudian mulai berkembang dan fungsi front-office juga dimasukan ke dalam ERP seperti Sales, CRM dan SRM. Perkembangan internet dan cloud turut mempunyai andil dalam perkembangan Sistem ERP dan dengan menggunakan Sistem ERP berbasis cloud memungkinkan perusahaan melakukan berbagai ragam integrasi dengan pihak ketiga untuk lebih memaksimalkan proses bisnis.
Integrasi adalah unsur yang sangat penting dalam sistem ERP. Integrasi antara proses bisnis akan membantu pengembangan komunikasi dan distribusi informasi, yang mengarah ke peningkatan produktivitas, kecepatan, dan kinerja yang luar biasa . Tujuan utama sistem ERP adalah mengintegrasikan informasi dan proses dari semua divisi dalam suatu perusahaan, sehingga mendapatkan kemudahan akses dan alur kerja yang terstruktur.
Integrasi ini biasanya dilakukan dengan membangun sebuah repositori database tunggal yang berkomunikasi dengan beberapa aplikasi software, yang dapat digunakan oleh berbagai divisi dari sebuah perusahaan. Repositori database tunggal biasanya berisi berbagai statistik bisnis dan informasi tertentu yang dibutuhkan oleh masing-masing divisi.
Penggunaan sistem ERP akan dapat mengurangi biaya, mengoptimalkan proses bisnis, dan memastikan managemen berjalan dengan baik. Inti dari software ERP membawa setiap aspek bisnis yang Anda jalankan berada di satu atap untuk menghasilkan bisnis yang berkesinambungan terus menerus. Dengan ERP, Anda bahkan dapat mengoptimalkan rantai pasokan produksi di perusahaan Anda.
Saatnya Anda menggunakan software yang memanfaatkan sistem ERP untuk mengelola perusahaan Anda agar tidak kalah dalam persaingan pasar. Adanya sistem ERP, Anda akan mengetahui tindakan apa yang harus diambil setiap saat, tanpa harus sulit mencari dokumen penting yang tersebar. Penggunaan metode lama akan menghabiskan banyak pengeluaran hanya untuk cetak dokumen, dan pada akhirnya data-data penting sering kali hilang karena tidak tersimpan secara rapi.
Dengan manfaat dan fungsi seperti itu maka Sistem ERP dapat menjadi satu solusi lengkap untuk menjawab kebutuhan sistem informasi yang terintegrasi bagi perusahaan. Pada intinya Sistem ERP menolong perusahaan untuk bekerja lebih efisien dengan meminimumkan (atau bahkan menghilangkan) rintangan arus informasi antar unit kerja.
Apabila anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan jika anda membutuhkan bimbingan untuk menerapkan sistem ERP pada perusahaan anda. Jangan ragu-ragu silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi berharga untuk Anda. Terima kasih dan Selamat Mencoba.