Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA EFEKTIF DALAM MEMPERBAIKI SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

CARA EFEKTIF DALAM MEMPERBAIKI SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN

Pada situasi dan kondisi tertentu, perusahaan merasa bahwa kondisinya baik-baik saja. Masih bisa beroperasi dan memiliki aktivitas yang tinggi di roda perusahaan. Namun, pertanyaannya : apakah perusahaan sudah memiliki kinerja yang optimal, efisien dan efektif? Nah, hal ini masih belum banyak perusahaan yang menyadarinya. Mereka mengganggap semuanya baik-baik, tetapi setelah dilakukan cek Desain sistem manajemennya, ternyata banyak sekali kekuragan-kekurangan yang harus diperbaiki. Siapa yang bisa membantu hal ini? Tentunya pihak ketiga yang bisa melihatnya dengan baik desain sistem manajemen yang ada dalam perusahaan. Inti perbaikan sistem manajemen tentunya tak luput dari kaidah Risk management, dimana di perusahaan secara manajemen diperbaiki dan diusahakan semua bagian di perusahaan secara resiko bisa diminimalisir.

Dalam pembenahan atau perbaikan sistem manajemen ada hal-hal yang sebaiknya dianalisis agar sistem dapat berjalan dengan efektif. Diantaranya adalah :

  1. Meninjau kembali proses bisnis perusahaan
  2. Meninjau kembali struktur organisasi perusahaan
  3. Meninjau kembali sarana dan prasarana di lapangan
  4. Meninjau kembali kefektifan sistem yang sudah berjalan di dalam perusahaan
  5. Meninjau kembali komitmen dari pimpinan perusahaan

Apabila di perusahaan ada yang kurang sempurna di sistem manajemen internalnya, yakni kurang atau tidak efektif dalam operasionalnya, maka kelima hal diatas sangat diperlukan sehingga dapat disesuaikan dan dijalankan dengan baik di lapangan.

Kelima poin di atas jika dipaparkan adalah sebagai berikut:

  1. Meninjau Bisnis Proses Perusahaan

Bisnis Proses merupakan unsur utama dalam memperbaiki sistem manajemen, hal ini diperlukan  guna mengetahui pola bisnis perusahaan dengan baik serta mengetahui proses bisnis yang benar dari mulai input-proses sampai output. Bisnis proses merupakan kejelasan alur proses dari sebuah kegiatan organisasi / perusahaan mulai dari hulu sampai ke hilir. Bisnis Proses ini nantinya akan menentukan jumlah fungsi serta bagian yang ada dalam struktur organisasi. Pada intinya Bisnis Proses harus jelas supaya mempermudah manajemen dalam mengendalikan dan memonitoring setiap proses yang berjalan dan juga akan mempermudah karyawan dalam menjalani aktifitas bisnis perusahaan.

  1. Meninjau Struktur Organisasi Perusahaan

Setelah Bisnis Proses sudah di buat secara benar maka selanjutnya adalah mereview ulang struktur organisasi yang ada, hal ini sangat penting karena struktur organisasi merupakan hal yang berkesinambungan dengan bisnis proses. Struktur organisasi yang ideal adalah struktur organisasi yang dibuat berdasarkan bisnis proses yang ada bukan struktur organisasi yang dibuat asal-asalan. Struktur organisasi wajib disusun ulang sesuai dengan bisnis proses agar ada kejelasan bagian/ fungsi , kewenangan, tugas dan tanggungjawab sehingga pelaksanaan pekerjaan tidak tumpang tindih serta segala bentuk aktifitas akan mudah di control dan dikendalikan. Struktur organisasi ini sangat menentukan suksesnya implementasi sebuah sistem, salah satu contohnya adalah sistem  SOP, karena SOP yang baik adalah SOP yang dibuat berdasarkan struktur organisasi yang sudah fix dan final. Pada Struktur Oraganisasi yang fix dan final tentunya terdapat fungsi wewenang dan tanggungjawab dimasing-masing proses dan bagian  dengan jelas.

  1. Meninjau Job Des berdasarkan fungsi dalam Struktur Organisasi

Setelah meninjau Struktur organisasi berdasarkan fungsi, tentunya kemudian dilakukan pula job analisis. Job Analisis ini akan sangat membantu dalam mengetahui tugas dan tanggung jawab dari masing-masing jabatan yang ada dalam struktur organisasi. Yang kelak akan membantu dalam penyusunan SOP.

  1. Meninjau Sarana dan Prasarana Perusahaan

Sarana dan prasarana perusahaan sangat diperlukan dalam memperbaiki sistem manajemen perusahaan, hal ini diperlukan sebagai penunjang dalam menjalankan suatu sistem manajemen sehingga dapat efektif dan efisien. Apabila  sarana dan prasarana kurang memadai maka akan mengakibatkan sistem tidak akan berjalan dengan optimal bahkan terkendala di lapangan. Untuk itu diperlukan tinjauan terhadap sarana dan prasarana sehingga dapat optimal dengan baik di internal perusahaan.

  1. Meninjau kembali kefektifan sistem yang sudah berjalan di dalam perusahaan

Review kembali sistem yang sudah berjalan, apakah sistem yang dijalankan selama ini efektif atau tidak.  Dalam hal membangun sistem manajemen perlu diingat hal yang paling utama adalah Implementasi di lapangan bukan mengesampingkan perlunya sistem sehingga sangat diperlukan pencocokan jenis sistem manajemen yang seperti apa yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi perusahaan, gaya kepimpinan manajemen serta kondisi kemampuan karyawannya dalam menjalankannya.

  1. Meninjau kembali komitmen dari pimpinan perusahaan

Meninjau ulang komitmen manajemen sangatlah penting karena sebagus apapun sistem yang dibuat tanpa ada komitmen yang baik dari  manajemen, maka semuanya akan sia-sia. Hal ini diperlukan karena segala sesuatu bersumber dari komitmen pimpinan di dalam menjalani roda perusahaan. Kenyamanan para karyawan, sistem, sarana prasarana dan lain-lain merupakan bentuk aktualisasi dari komitmen pimpinan perusahaan. Segalanya tidak dapat optimal apabila tidak disertai atau didukung komitmen yang baik dan kuat dari pimpinan /manajemen dalam menjalani roda perusahaan. Oleh karena itu pentingnya komitmen pimpinan merupakan puncak puncuk dalam membawa perusahaan ke arah yang ditentukan. Diperlukan peninjauaun karena akan mempengaruhi dalam sistem manajemen maupun yang lainnya dalam penerapannya dimana akan berpengaruh pada sumber daya yang dimiliki.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp