Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MEMILIH MITRA LOGISTIK PIHAK KETIGA (3PL)

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MEMILIH MITRA LOGISTIK PIHAK KETIGA (3PL)

Memilih perusahaan logistik pihak ketiga (3PL) dapat membantu Anda mengelola operasi dan menghemat waktu saat Anda berfokus pada area penting lainnya dalam bisnis Anda. Mengelola inventaris, pengiriman, penerimaan, pengambilan, pengepakan, dan area lain dari proses pergudangan dapat memakan waktu dan stres bagi usaha kecil hingga menengah. Mengalihdayakan proses ini memberikan banyak manfaat bagi merek, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan tentang cara memilih penyedia 3PL. Berikut adalah beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat memilih mitra 3PL.

HAL YANG PERLU ANDA LAKUKAN
1. Pertimbangkan Lokasi. Lokasi mitra 3PL Anda harus sesuai dengan rencana distribusi Anda secara keseluruhan dan lebih dekat dengan area konsumsi tinggi Anda. Semakin dekat Anda dengan area target ini, semakin mudah bagi Anda untuk menjangkau mereka dan menciptakan nilai bagi pelanggan Anda. Ini juga akan meningkatkan seberapa cepat Anda dapat mengirimkan produk Anda ke pelanggan Anda.
2. Tentukan KPI yang Terukur. Mengembangkan seperangkat indikator kinerja utama (KPI). Mereka harus menyertakan waktu yang tepat, jumlah, dan pengukuran numerik lainnya untuk menjaga semua orang dalam proses pada halaman yang sama. Ini akan membantu setiap orang memahami apa yang diperlukan untuk mencapai tingkat kinerja yang dapat diterima tepat waktu, akurat, dan terjangkau. Ini dapat diatur melalui log, stempel waktu, atau pemindaian kode batang.
3. Periksa Kemampuan 3PL untuk Menskala. Pertimbangkan masa depan Anda saat memilih penyedia 3PL. Jika Anda mengharapkan bisnis Anda berkembang, Anda harus bekerja dengan tim yang dapat menanganinya. Jika Anda memprediksi peningkatan volume pesanan besar-besaran, dapatkah mitra 3PL Anda mengatasinya? Apakah mereka memiliki ruang gudang dan tenaga kerja yang diperlukan? Apakah mereka memiliki sistem online untuk menjaga agar pesanan tetap teratur dan menyelesaikan masalah seefisien mungkin?
4. Periksa Stabilitas Keuangan 3PL. Mitra gudang Anda tidak boleh kekurangan stabilitas keuangan dan tidak dapat mendukung bisnis Anda. Stabilitas keuangan sangat penting ketika memilih penyedia 3PL, dan Anda dapat mengetahuinya dengan memeriksa rekam jejak mereka dengan pelanggan lain.
5. Pertimbangkan Kemampuan TI. Apakah calon mitra 3PL Anda memiliki sistem manajemen gudang yang baik? Apakah penanganan material mereka otomatis? Apakah mereka memiliki teknologi yang diperlukan untuk menangani proses pergudangan yang akurat? Apakah sistem mereka menyediakan laporan inventaris yang akurat? Bisakah mereka memberikan pemeriksaan inventaris langsung? Penting untuk bekerja dengan mitra 3PL yang menggunakan teknologi dan peralatan terbaru. Ini akan membuat mereka lebih bermanfaat bagi Anda sebagai mitra bisnis.
6. Temui Mitra 3PL Anda. Dengan bertemu mitra 3PL Anda, Anda akan merasakan bagaimana perusahaan mengelola dirinya sendiri dan para pekerjanya. Jelajahi fasilitas, bicarakan dengan manajemen tentang bagaimana karyawan diberi insentif, dan rasakan tingkat kejujuran, kepercayaan, dan ketulusan mereka. Apakah mereka bergairah tentang bisnis? Apakah layanan pelanggan menjadi prioritas? Ajukan pertanyaan-pertanyaan ini untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang bagaimana bisnis dan produk Anda akan ditangani.
7. Periksa Kebijakan dan Prosedur Keamanan Penyedia 3PL. Pastikan untuk memeriksa kebijakan perekrutan dan pelatihan gudang dan penyedia Anda, dan lihat kebijakan dan prosedur keselamatan mereka. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana barang Anda akan ditangani di gudang. Kebijakan keselamatan harus diterapkan pada karyawan, manajer, staf gudang, dan kiriman. Ikuti tur di sekitar gudang dan cari ketentuan keselamatan kebakaran, tanda dan label peringatan, dan amati bagaimana staf mematuhi prosedur keselamatan tersebut.

Baca juga artikel tentang : CARA 3PL MENURUNKAN BIAYA LOGISTIK ANDA

HAL YANG JANGAN ANDA LAKUKAN
1. Jangan Menganalisis Secara Berlebihan. Batasi pencarian Anda hingga maksimal tiga mitra 3PL. Jika Anda mempertimbangkan terlalu banyak pilihan, Anda mungkin kehilangan detail kecil yang perlu Anda periksa dan fokuskan sebelum membuat keputusan akhir. Menyimpan daftar pendek dapat membantu Anda mengevaluasi setiap calon pasangan secara mendalam.
2. Jangan Terjebak Harga. Berhati-hatilah untuk tidak memilih penyedia 3PL semata-mata karena harga yang kompetitif. Meskipun ini adalah kriteria pemilihan 3PL yang penting untuk dipertimbangkan, Anda tidak boleh berkompromi dengan kualitas. Jika penyedia 3PL tidak memiliki proses yang sukses dan berkualitas, pada akhirnya bisnis Anda akan menderita.
3. Jangan Terjebak dalam Kontrak Jangka Panjang. Jika tingkat layanan diabaikan sama sekali selama waktu Anda dengan penyedia 3PL, Anda seharusnya dapat pergi. Inilah sebabnya mengapa penting untuk tidak jatuh ke dalam perangkap kontrak jangka panjang. Semakin banyak perusahaan pemenuhan e-commerce beralih ke kontrak bulan ke bulan yang mungkin bekerja lebih baik untuk Anda.
4. Jangan Membuat Keputusan Tanpa Membandingkan Pilihan. Sebelum menentukan mitra 3PL bagus pertama yang Anda temui, pertimbangkan untuk membandingkan laporan kinerja untuk semua mitra 3PL potensial Anda berdasarkan metrik yang sama. Anda dapat menunjukkan ini kepada penyedia 3PL yang ingin Anda ajak bergerak maju, sebagai insentif bagi mereka untuk meningkatkan apa yang mereka lakukan dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900, agar kami dapat mengetahui kendala dalam bisnis Anda. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp