Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

POIN-POIN YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM INSPEKSI GUDANG E-COMMERCE

The Best consultant business in Surabaya

POIN-POIN YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM INSPEKSI GUDANG E-COMMERCE

Inspeksi gudang adalah komponen manajemen gudang yang bertujuan untuk melindungi staf dan inventaris Anda sekaligus meningkatkan proses internal. Inspeksi gudang, kadang-kadang disebut sebagai “audit gudang,” melibatkan daftar proses terdokumentasi yang harus diikuti untuk memastikan keselamatan karyawan, keamanan inventaris, dan alur kerja dan prosedur yang dioptimalkan.

Mengapa inspeksi gudang diperlukan namun menantang?
Memastikan keselamatan karyawan dan menetapkan proses yang lebih baik di dalam gudang Anda dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan, menciptakan rantai pasokan yang lebih tangguh sekaligus menjaga biaya logistik Anda tetap rendah.
Inspeksi gudang juga dapat mengidentifikasi inefisiensi dalam penyiapan gudang Anda, sehingga Anda dapat menemukan cara untuk membangun rantai pasokan yang lebih efisien. Saat Anda mencari cara untuk memastikan keamanan, kemungkinan besar Anda juga akan menemukan cara untuk meningkatkan alur kerja.
Meskipun diperlukan, inspeksi gudang dapat menjadi tantangan karena melibatkan banyak waktu dan perhatian terhadap detail. Ada juga tekanan untuk memastikan bahwa semuanya telah diperiksa dan dipertanggungjawabkan untuk menghindari kecelakaan, bahkan tuntutan hukum.
Inspeksi gudang yang perlu Anda lakukan
Ada banyak bagian yang bergerak di dalam gudang. Itu sebabnya inspeksi sering dipecah ke dalam kategori yang berbeda untuk membuatnya lebih mudah untuk dikelola. Berikut adalah tujuh inspeksi gudang paling umum yang penting untuk dilakukan oleh merek e-commerce.

1. Pemeriksaan kebersihan dan sanitasi gudang
Pada awal pandemi, operator logistik memungkinkan proses kebersihan yang lebih ketat untuk memastikan pekerja penting tetap aman. Namun, bertahun-tahun setelah pandemi, inspeksi kesehatan di dalam gudang akan tetap menjadi prioritas utama.
Inspeksi kebersihan dan sanitasi harian (atau bahkan setiap jam) sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan Anda sekaligus mengurangi penyebaran virus. Inspeksi akan memeriksa bahwa prosedur tertentu diikuti, seperti:
• Pedoman yang diposting untuk menegakkan kebiasaan kebersihan dasar (misalnya, mencuci tangan)
• Area istirahat atau dapur yang dibersihkan dan disanitasi tempat orang berkumpul
• Penegakan protokol sanitasi peralatan
• Pelatihan yang tepat tentang penanganan bahan berbahaya
• Peralatan APD ditawarkan untuk semua, termasuk masker dan sarung tangan
• Membersihkan stasiun kerja sebelum dan sesudah shift
• Mengembalikan persediaan pembersih
• Memastikan kamar mandi dibersihkan setiap hari atau lebih sering

2. Pemeriksaan penyimpanan dan pembuangan limbah
Apakah limbah gudang disimpan dan dibuang dengan cara yang aman?
Limbah dapat menjadi bahaya keselamatan, terutama dengan pembuangan zat yang mudah terbakar, zat beracun dan menular, gas, dan zat korosif. Jika berurusan dengan barang cair, pastikan barang tersebut dibuang ke wadah yang sesuai tanpa risiko tumpah.

3. Pemeriksaan proses penerimaan gudang
Proses penerimaan gudang Anda juga memerlukan pemeriksaan rutin untuk mencegah atau mengurangi penyusutan persediaan. Bagian dari gudang yang menerima inspeksi termasuk melatih staf untuk benar-benar memeriksa detail penting dari setiap pengiriman:
• Kuantitas yang dikirim dan memastikannya sesuai dengan yang tercantum pada pesanan pembelian
• Integritas segel
• Kode produk/SKU
Penghitungan stok dan inspeksi dapat memakan waktu. Untuk menghindari berjam-jam di dok pemuatan, beberapa staf gudang menghitung kotak atau palet, daripada item individual, atau memilih untuk melakukan inspeksi acak berkala.
Teknologi juga dapat membantu meningkatkan proses ini sekaligus menghemat waktu. Misalnya, sistem pemindai inventaris dengan cepat memeriksa apa yang dikirim sesuai dengan apa yang dipesan, memastikan bahwa item disimpan di lokasi yang tepat, dan memperbarui tingkat inventaris secara real time.

4. Memuat inspeksi ruang muat
Selain penerimaan gudang, Anda juga perlu memeriksa ruang muat.
Ruang muat adalah salah satu area gudang yang paling berbahaya karena truk terus-menerus keluar masuk. Faktanya, 25% dari semua cedera gudang yang dilaporkan terjadi di dok pemuatan.
Pastikan ruang muat Anda bebas dari kekacauan atau benda yang menghalangi pandangan pengemudi.

Baca juga artikel tentang : Teknologi Gudang Inovatif yang Perlu Anda Miliki

5. Inspeksi inventaris
Dengan inspeksi inventaris, juga dikenal sebagai audit inventaris, kehilangan inventaris terkadang dapat terjadi di gudang – apakah itu karena pencurian internal, inkonsistensi dan disorganisasi catatan, desain gudang yang buruk, atau bahkan penipuan vendor.
Audit dan inspeksi inventaris triwulanan dapat membantu Anda mendeteksi penyusutan inventaris dan mengidentifikasi cara untuk mencegahnya.
Untuk membantu proses ini, pastikan Anda memiliki sistem inventaris untuk penghitungan inventaris yang akurat. Dengan pelacakan inventaris yang tepat, Anda akan dapat melacak perbedaan dan menyelidiki dari mana masalah itu berasal.

6. Inspeksi lingkungan tempat kerja
Apakah karyawan Anda terpapar pada kondisi kerja yang tidak aman atau tidak nyaman?
Di gudang bervolume tinggi, tidak mungkin untuk menghilangkan hal-hal seperti kebisingan dan getaran. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari cedera dan menciptakan tempat kerja yang lebih nyaman.
Misalnya, berinvestasi dalam pencahayaan yang baik dapat membuat perbedaan besar. Karyawan dapat dengan mudah terluka saat bekerja di area yang remang-remang karena kurangnya visibilitas.
Faktor lingkungan lain yang dapat menyebabkan bahaya termasuk tingkat kebisingan yang keras atau suhu ruangan yang ekstrim. Jika itu masalahnya, Anda dapat menawarkan headphone peredam bising kepada karyawan dan/atau menerapkan aturan berpakaian yang membuat karyawan Anda tetap aman dalam suhu yang sangat tinggi atau rendah.
Anda juga dapat melarang headphone pribadi, speaker, dan perangkat lain yang dapat mencegah karyawan mendengar informasi penting dan suara yang memengaruhi keselamatan.
Struktur fisik gudang Anda juga memerlukan inspeksi rutin, sebaiknya setiap tahun. Selalu periksa kondisi jendela, lantai, langit-langit, dan pintu.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp