Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KONSULTASI ISO, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

KONSULTASI ISO, CALL 081-252982900

ISO 20252 SEBAGAI PENUNJANG UTAMA DALAM MEMBANTU PERUSAHAAN UNTUK MELAKUKAN RISET PASAR (MARKET RESEARCH)

Menjalankan riset pasar (riset pemasaran) berkontribusi sangat besar bagi segala aktivitas dari perusahaan-perusahaan modern saat ini, mulai dari membantu perusahaan dalam mengembangkan dan mempromosikan produk dan layanannya kepada publik, sampai untuk menganalisis tentang bagaimana perilaku dari para konsumen saat ini.

Akan tetapi apakah riset pasar juga mampu dalam melakukan yang lebih bersifat global dan masih tetap konsisten sebagai pendukung utama perusahaan dalam menjalankan segala aktivitas strateginya? Jawabannya adalah dengan menggunakan standar ISO 20252 yang baru saja selesai diperbarui untuk memastikan bahwa riset pasar akan cukup mampu dalam memberikan apapun seperti apa yang selama ini diharapkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah Go publik.

Pelaksanaan program riset pasar dengan berdasarkan pada standar ISO 20252 akan mampu membantu perusahaan dalam hal mengurangi tingginya tingkat resiko yang selama ini masih banyak terjadi. Riset yang dilakukan akan menjadi lebih berkualitas baik juga akan mampu memberikan berbagai macam jenis informasi-informasi penting dan tentunya pemahaman yang lebih mendalam bagi internal organisasi perusahaan.

Hal seperti ini semakin memungkinkan bagi para penggunanya untuk menilai secara alternatif namun dengan lebih efektif dan akan sangat membantu dalam hal membuat keputusan bisnis yang jauh lebih baik. Analisis terhadap riset pasar merupakan solusi terbaik bagi banyak profesional-profesional perusahaan dalam memulai dan menjalankan keputusan bisnis terbaru, karena mereka dapat lebih banyak menghemat waktu, memberikan wawasan terbaru tentang bagaimana kondisi dari pasar bisnis saat ini yang sedang Anda kerjakan, dan juga akan sangat membantu dalam hal memperbaiki dan memoles strategi perusahaan Anda agar menjadi semakin lebih baik lagi dari sebelumnya.

Jadi ketika terdapat perusahaan yang telah melaporkan hasil dari riset pasar yang tidak didasarkan pada prinsip-prinsip penelitian yang lebih sehat dan akurat, maka mereka tidak akan lagi mampu untuk mengurangi resikonya, akan tetapi malah pada kenyataannya mungkin saja akan semakin meningkatkan tingkat risikonya dengan yang lebih besar lagi.

Standar Internasional dalam ISO 20252: 2019, Pasar, penelitian sosial dan juga opini, termasuk juga berupa analisis data-data dan wawasan, Persyaratan layanan serta kosakata, menetapkan pedoman dan berbagai macam persyaratan yang memang berkaitan langsung dengan bagaimana cara dalam hal penelitian dari riset pasar yang sudah direncanakan, dilaksanakan, diawasi, dan juga dilaporkan kepada klien yang nantinya akan ditugaskan pada proyek tersebut. Hal ini akan semakin mendorong tingkat konsistensi dan transparansi pada pelaksanaan survei serta semakin meningkatnya kepercayaan pada hasil dari survei serta pada para penyedia layanan dari survei itu sendiri.

Standar kualitas penelitian global yang menyediakan kerangka kerja untuk beberapa hal berikut:

1. Memastikan untuk penyediaan layanan yang lebih berkualitas dan tepat waktu.
2. Meningkatkan pengendalian dan juga manajemen operasional dalam proses penelitian.
3. Mengurangi kesalahan dan pekerjaan ulang.
4. Meningkatkan reputasi dari para pengguna dan untuk memberikan keunggulan yang lebih kompetitif.

Don Ambrose, sebagai Ketua komite teknis ISO yang telah bertugas untuk memperbarui standar, menjelaskan bahwa: “ISO 20252 adalah suatu hal yang harus dimiliki bagi setiap industri riset pasar. Para pengguna di seluruh dunia, seperti:

• Perusahaan.
• Pemerintah.
• Lembaga penelitian.
• Asosiasi konsumen.
• Universitas.
• Agen-agen pemasaran dan periklanan.

Mereka semua akan mendapatkan banyak sekali manfaat dengan memiliki kompatibilitas secara global, keterlacakan dan juga peningkatan yang terus berkelanjutan. Selain itu, standar semacam ini juga akan lebih memungkinkan bagi pihak klien untuk mendapatkan umpan balik yang lebih kompatibel secara global, dan yang sebanding, homogen serta cukup membantu bagi para penyedia layanan dalam membuat pilihan berdasarkan dari berbagai informasi yang lebih baik dari sebelumnya. ”

ISO 20252: 2019 sudah mencakup segala tahapan dari studi penelitian: dari data-data kontak awal antara pihak klien dan para penyedia layanan, sampai presentasi hasilnya kepada para klien. Edisi ketiga seperti ini telah lama diperbarui untuk lebih mencerminkan praktek penelitian terbaru yang telah dimodifikasi.

konten-konten baru juga telah ditambahkan, termasuk juga ISO 26362: 2009 yang paling lengkap dan sudah mencakup seputar pengelolaan dan penggunaan access panels (kelompok dari orang-orang yang telah setuju untuk berpartisipasi secara teratur dalam berbagai survei yang sudah dijalankan oleh organisasi tertentu, dan biasanya organisasi riset pasar, atau setara dengan panel surat modern). Nah, itulah penjelasan singkat seputar ISO 20252 sebagai penunjang utama dalam hal membantu perusahaan untuk melakukan proses riset pasar (market research) nya sendiri. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian. Apabila bapak ibu sedang membutuhkan informasi lebih lanjut lainnya terkait ISO, silahkan hubungi 081-252982900, kami siap membantu. Terima kasih.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp