Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KIAT UNTUK MEMOTIVASI TIM JARAK JAUH AGAR TETAP BEKERJA SECARA EFISIEN

The Best consultant business in Surabaya

KIAT UNTUK MEMOTIVASI TIM JARAK JAUH AGAR TETAP BEKERJA SECARA EFISIEN

Di masa pandemi global ini, bisnis harus beralih ke pengaturan kerja dari rumah untuk bertahan hidup. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan mulai melihat manfaat bekerja dari jarak jauh. Terlihat dari maraknya penggunaan alat atau media pertemuan secara virtual seperti zoom meeting atau google meeting. Namun, kerja jarak jauh tidak sesederhana kelihatannya. Berikut adalah beberapa tip untuk membuat tim jarak jauh Anda efisien dan menjadi lebih produktif.

1) Aktifkan pekerjaan yang fleksibel dan gesit untuk anggota tim jarak jauh Anda.
Setiap individu bekerja dengan cara yang berbeda. Seseorang mungkin saja menjadi burung hantu yang bekerja saat malam, sementara yang lain bekerja lebih baik di pagi hari. Dorong anggota tim Anda untuk mencari tahu apa yang cocok untuk mereka. Biarkan tim Anda merasa bahwa Anda mempercayai mereka dan tidak akan menjadi orang yang suka mengontrol cara mereka bekerja. Jika semua orang di tim Anda merasa diberdayakan untuk bekerja dengan cara yang terbaik bagi mereka, maka Anda pasti akan mendapatkan tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

2) Gunakan alat kolaborasi jarak jauh.
Daripada sangat bergantung pada panggilan telepon atau konferensi video, pertimbangkan untuk menggunakan alat kolaborasi jarak jauh seperti Slack untuk bekerja secara efektif. Slack memungkinkan Anda berkomunikasi dan berkolaborasi dengan anggota tim jarak jauh dengan mulus. Pertimbangkan untuk menggunakan bot standup Slack untuk melakukan pertemuan dengan anggota tim Anda. Melakukannya akan mengurangi dan, dalam banyak kasus, menghilangkan kebutuhan akan video-meeting yang panjang sehingga tim Anda bisa menjadi lebih efisien.

3) Kelola tim jarak jauh Anda secara efektif.
Untuk hal ini, Anda perlu memastikan bahwa tim Anda produktif meskipun anggota tim Anda tidak ada secara fisik di dekat Anda. Salah satu aspek penting menjadi manajer jarak jauh adalah memastikan bahwa Anda tidak mengelola mikro anggota tim Anda. Beri mereka cukup waktu dan ruang untuk mengerjakan tugas mereka.

4) Cobalah untuk berpikir berbeda saat mengevaluasi upaya tim Anda.
Mengevaluasi kinerja anggota tim jarak jauh berbeda dengan mengevaluasi tim yang bekerja di kantor Anda. Karena Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk melakukan interaksi secara langsung, penting untuk menggunakan cara lain untuk mengevaluasi tim jarak jauh. Bantu tim jarak jauh Anda melihat bagaimana upaya mereka selaras dengan tujuan bisnis. Mereka kemudian akan bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang seberapa besar Anda menghargai mereka dan akan mendapatkan motivasi untuk terus meningkatkan kinerja mereka.

5) Bantu mereka mengatasi perasaan terisolasi.
Bekerja di kantor memberi anggota tim kesempatan untuk terikat satu sama lain. Bekerja dari jarak jauh bisa sangat mengisolasi dan dapat menyebabkan perasaan kesepian. Isolasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi dan kecemasan. Cobalah untuk membuat anggota tim Anda terlibat secara sosial kapan pun Anda bisa. Adakan pertemuan video kelompok sesekali di mana setiap orang berbicara selama beberapa waktu tentang sesuatu selain pekerjaan. Dorong anggota tim Anda untuk berolahraga dan meditasi agar mental tetap aktif.

6) Beri tahu tim Anda betapa Anda menghargai mereka.
Meskipun mendapatkan gaji rutin sangat penting bagi seseorang, merasa dihargai juga dapat membantu anggota tim Anda menjadi lebih produktif. Sebagai seorang manajer, Anda harus memikirkan tentang bagaimana Anda dapat menunjukkan betapa Anda benar-benar menghargai upaya tim Anda. Ini bisa sesederhana mengirim kartu elektronik yang ditandatangani oleh anggota tim lainnya. Atau bisa juga melakukan panggilan video satu-satu untuk memandu mereka terkait masalah pribadi atau profesional yang mungkin mereka hadapi.

Semakin terlibat tim Anda di tempat kerja, semakin produktif mereka. Ini berlaku untuk pekerja di semua skenario, termasuk saat bekerja dari jarak jauh. Manajer yang mencoba untuk berpikiran maju memungkinkan timnya mencapai hasil yang lebih baik dan menjadi lebih efisien. Saat segala aktivitas atau motivasi sudah Anda lakukan tapi tetap saja masih memperlihatkan kinerja yang kurang baik pada anggota tim jarak jauh Anda. Ketahuilah bahwa sebenarnya masih terdapat kesalahan yang masih Anda lupakan. Jika Anda ingin mengetahui lebih detil dan jelas perihal manajemen tim jarak jauh. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi Anda melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp