Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MEMBUAT STRATEGI PEREKRUTAN TIM PENJUALAN YANG HEBAT

The Best consultant business in Surabaya

CARA MEMBUAT STRATEGI PEREKRUTAN TIM PENJUALAN YANG HEBAT

 

Tanpa strategi untuk mempekerjakan tenaga penjualan yang tepat, Anda berisiko melakukan perekrutan yang buruk dan berakhir dalam siklus omset yang konsisten atau bahkan menurun.
Bagi banyak bisnis, kesalahan perekrutan merupakan kesalahan yang tidak terjangkau. Menurut studi Harvard Business Review, turnover juga dapat berdampak langsung pada penjualan perusahaan Anda. Posisi penjualan yang tidak terisi membutuhkan waktu untuk diisi ulang, dan bahkan ketika Anda menemukan karyawan yang tepat, tenaga penjualan baru harus mempelajari seluk beluknya dan membangun hubungan dengan klien. Sementara itu, tujuan penjualan Anda tidak akan pernah tercapai.
Untuk membantu Anda. Kami akan tunjukkan Sembilan langkah membangun strategi sempurna untuk merekrut tenaga penjualan.

Langkah 1: Mengetahui waktu yang tepat untuk merekrut
Tulang punggung dari setiap strategi perekrutan penjualan yang sukses membutuhkan pemimpin tim untuk merekrut tenaga penjualan pada waktu yang tepat.
Sebelum memulai proses perekrutan, penting bagi Anda untuk mengetahui tren dan pola terbaru baik di dunia penjualan pada umumnya maupun di dalam perusahaan Anda sendiri. Tetap mengetahui isyarat ini dan membuat perkiraan permintaan yang akurat akan membantu Anda membedakan apakah ini saat yang tepat untuk mendatangkan lebih banyak repetisi atau tidak.

Langkah 2: Buat profil perekrutan
Setelah menjadi jelas bahwa Anda membutuhkan lebih banyak orang di tim penjualan Anda, Anda perlu membuat profil perekrutan.
Profil perekrutan mengidentifikasi jenis perwakilan yang Anda inginkan di tim Anda, mulai dari keterampilan ideal hingga latar belakang dan pengalaman mereka secara keseluruhan. Penting bahwa profil tersebut spesifik untuk apa yang dianggap perusahaan Anda sebagai pengalaman yang relevan, daripada melukis profil secara garis besar.
Profil perekrutan Anda harus menjauh dari bahasa halus seperti “berperforma tinggi”, dan alih-alih fokus pada jenis tenaga penjualan yang memiliki pengalaman spesifik dalam:
• Menjual ke bidang tertentu. Seorang tenaga penjualan yang telah menjual produk keuangan akan memiliki keahlian dan pengetahuan yang berbeda dengan seseorang yang telah menjual perawatan kesehatan atau asuransi.
• Bekerja dalam peran lintas fungsi. Seorang perwakilan yang tahu bagaimana melakukan banyak tugas dan menangani berbagai tanggung jawab biasanya terbukti sangat berharga.
• Menggunakan alat atau aplikasi. Menemukan perwakilan yang terbiasa dengan alat penjualan yang digunakan tim Anda akan mengurangi waktu orientasi.
• Repetisi di dalam vs. di luar. Penjualan di dalam dan di luar membutuhkan strategi dan pengalaman yang berbeda. Pastikan Anda mempekerjakan perwakilan yang tepat untuk peran tersebut.
Profil perekrutan Anda harus mencerminkan seluruh ekosistem penjualan Anda. Semakin dekat profil perwakilan dengan karyawan penjualan ideal Anda, semakin mudah bagi mereka untuk memahami produk Anda dan cocok dengan perusahaan Anda.

Langkah 3: Kembangkan pertanyaan dan teknik
Mengembangkan strategi wawancara yang mengukur sifat unik kandidat Anda adalah langkah berikutnya untuk memastikan karyawan Anda cocok untuk perusahaan Anda.
Sebuah studi akuisisi bakat yang dilakukan oleh Glassdoor menemukan bahwa 69% perusahaan menyalahkan proses wawancara yang rusak sebagai alasan mengapa mereka tidak dapat mempekerjakan perwakilan yang berkualitas. Itu juga menemukan perusahaan tanpa proses wawancara standar lima kali lebih mungkin untuk membuat pilihan perekrutan yang buruk daripada mereka yang memiliki strategi yang jelas.

Langkah 4: Buat deskripsi pekerjaan yang tepat
Kesalahan umum yang dilakukan perusahaan saat membuat deskripsi pekerjaan adalah mencoba menjelaskan setiap bagian dari peran pekerjaan. Daripada membanjiri pelamar dengan gelombang pasang informasi, jauh lebih baik untuk menulis deskripsi pekerjaan yang jelas dan ringkas.

Langkah 5: Ketahui kualitas apa yang Anda cari saat merekrut tenaga penjualan
Pengalaman penjualan penting dalam memilih kandidat yang tepat, tetapi kualitas lain apa yang harus Anda cari dalam perekrutan penjualan?
Jangan bingung langkah ini dengan bagian strategi sebelumnya yang berfokus pada profil perekrutan perusahaan. Kualitas yang Anda cari dalam kandidat yang baik berarti berfokus pada sifat yang mereka miliki yang tidak ditemukan di CV mereka.
Cobalah untuk menyimpulkan apakah kandidat Anda memiliki kualitas seperti berikut ini.
• Kecerdasan. Seberapa baik kandidat dalam mencari tahu? Pernahkah mereka memegang posisi sebelumnya, mungkin di lingkungan startup, di mana mereka diminta untuk berpikir sendiri?
• Kemampuan untuk melatih. Jika Anda tidak bisa melatih tenaga penjualan untuk menjadi lebih baik, itu akan menjadi perjuangan berat untuk membuat mereka sukses. Mungkin tidak ada yang lebih buruk daripada seorang tenaga penjualan yang mengira mereka sudah tahu segalanya. Indikator kemampuan pelatih di masa lalu dapat berupa keterlibatan mereka dalam olahraga dan mata pelajaran sekolah mereka (misalnya, pelajaran musik).
• Ketangguhan. Bahkan perwakilan penjualan terbaik di dunia tidak memenangkan setiap kesepakatan dalam jalur pipa mereka. Seorang tenaga penjualan yang baik harus optimis. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka mengatasi kegagalan masa lalu dalam karier mereka dan lihat bagaimana mereka menjawab—baik dengan optimisme atau pesimisme.
• Kerja tim. Sebuah tim penjualan hanya dapat mencapai tujuannya jika setiap tenaga penjualan bekerja untuk mencapai tujuan kelompok dan juga penghargaan individu. Jika perwakilan ragu-ragu untuk berbagi informasi, umpan balik, dan kiat penjualan dengan anggota tim lainnya, Anda akan mendapat masalah
• Ambisi. Namun, sedikit daya saing bukanlah hal yang buruk. Carilah kandidat dengan dorongan untuk berhasil dan keinginan untuk melakukannya dengan baik dalam peran tersebut. Menanyakan tentang ambisi karir mereka adalah cara yang baik untuk memulai, tetapi Anda dapat menemukan lebih banyak dengan menanyakan apa yang mereka inginkan dari peran tersebut.

Baca juga artikel tentang : Jelajahi 6 Kunci Dalam Membangun Tim Penjualan yang Handal

Langkah 6: Bangun saluran yang sesuai untuk kandidat Anda
Saat merekrut tenaga penjualan, Anda perlu membuat proses rekrutmen menarik bagi mereka dan mendorong mereka untuk tertarik pada posisi tersebut.
Bagian dari ini mengharuskan Anda untuk menempatkan iklan pekerjaan Anda di situs di mana mereka menghabiskan waktu mereka. Tempat pertama dan jelas adalah situs di mana sebagian besar tenaga penjualan (terus-menerus) adalah: LinkedIn.
Sebagian besar profil LinkedIn memiliki informasi kontak langsung yang dapat Anda gunakan untuk menghubungi seorang kandidat, dan LinkedIn Recruiter semakin mempermudah Anda untuk mempersempit pencarian Anda berdasarkan keahlian dan lokasi.
Namun, LinkedIn adalah kolam besar dalam hal penjualan profesional, jadi Anda juga harus berpikir di luar itu.

Langkah 7: Lakukan uji coba pada kandidat terpilih
Sebelum mengirimkan penawaran kepada kandidat mana pun, penting untuk menguji kemampuan mereka.
Sehebat apapun kandidat yang terlihat di atas kertas (CV), atau dalam wawancara, tidak ada yang menunjukkan kemampuan mereka yang sebenarnya seperti tes kehidupan nyata. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan teknologi, Anda dapat bertanya kepada kandidat tentang apa produk teknologi favorit mereka dan mengapa itu menjadi produk favorit.
Sementara mereka memberikan jawaban mereka, dengarkan bagaimana mereka menggambarkan produk, penjelasan mereka tentang mengapa itu hebat, dan alasan mereka tentang bagaimana produk itu meningkatkan kehidupan mereka. Pada akhirnya, jika Anda merasa ingin mempelajari lebih lanjut, atau bahkan membeli, produk yang mereka jelaskan, Anda tahu bahwa mereka telah berhasil. Ini juga akan membantu Anda membedakan seberapa cerdas mereka dan mendeteksi kemampuan mereka untuk terhubung secara emosional dengan audiens.
Anda juga dapat memberikan pelamar Anda tes tertulis. Karena tenaga penjualan mengirimkan begitu banyak komunikasi tertulis, penting untuk memeriksa keterampilan tertulis mereka bersamaan dengan ketangkasan verbal mereka.

Langkah 8: Menilai kandidat kuat satu sama lain
Salah satu tugas tersulit adalah memilih di antara dua kandidat kuat. Ada satu tes terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu tes pembinaan.
Salah satu kualitas terpenting dari tenaga penjualan yang baik adalah kemampuan mereka untuk menerima kritik yang membangun. Seorang kandidat dapat terlihat hebat di atas kertas, cepat berdiri dan dapat menjual produk Anda kepada siapa saja, tetapi jika satu kesalahan melemparkan seluruh kinerja mereka, itu adalah bendera merah yang artinya Anda tidak boleh menerimanya.
Anda membutuhkan kandidat di tim Anda yang tangguh, dapat mengambil arah, dan yang ingin tetap memperbaiki diri bahkan jika mereka sudah berada di puncak permainan mereka.
Cara terbaik untuk menemukan semua bintang ini adalah dengan mengkritik jawaban mereka atas tes lisan dan tertulis yang Anda berikan kepada mereka dan melihat bagaimana mereka merespons.
Idenya adalah untuk menempatkan mereka di bawah tekanan dan melihat bagaimana mereka menghadapi kritik. Jika mereka menjadi defensif dan kesal karena umpan balik Anda, itu pertanda bahaya.

Langkah 9: Perpanjang penawaran ke kandidat terbaik dan fokus pada retensi
Jika kandidat telah mencentang semua kotak, inilah saatnya untuk menawarkan pekerjaan itu kepada mereka.
Ingat, perekrutan adalah jalan dua arah. Meskipun Anda berharap untuk mendapatkan tenaga penjualan untuk bergabung dengan tim Anda, Anda masih harus meyakinkan mereka bahwa perusahaan Anda adalah tempat terbaik bagi mereka. Anda harus menggunakan tawaran pekerjaan untuk menyoroti mengapa pekerjaan itu cocok untuk mereka, dan dengan jelas menguraikan paket kompensasi dan fasilitas dari posisi tersebut.

Pikiran terakhir
Mempekerjakan tim penjualan yang tepat dapat membuat dampak besar pada kesuksesan perusahaan Anda secara keseluruhan dari pertumbuhan pendapatan hingga retensi. Namun sebaliknya, Jika tim penjualan Anda buruk, ya Anda bia membayangkan endiri apa dampaknya bagi perusahaan Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp