Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

6 TIPS UNTUK MENINGKATKAN PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

6 TIPS UNTUK MENINGKATKAN PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN

Bahkan dengan penjualan dan pertumbuhan yang stabil, jika perusahaan Anda memiliki masalah arus kas yang terus-menerus karena kurangnya manajemen piutang, itu dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan perusahaan Anda.
Hampir sepertiga bisnis menemukan bahwa mereka tidak dapat membayar vendor, tidak dapat melakukan pembayaran pinjaman atau tidak dapat membayar diri sendiri atau karyawan mereka.
Ada banyak hal berbeda yang digunakan untuk menjalankan bisnis yang sukses, tetapi arus kaslah yang membuatnya tetap berjalan.
Bisnis kecil yang mengelola piutang mereka secara efektif memiliki proses formal untuk mengumpulkan piutang serta strategi untuk menemukan potensi masalah arus kas dan menanganinya sebelum merugikan bisnis.

JADILAH PROAKTIF DALAM UPAYA PENAGIHAN DAN PENGUMPULAN ANDA
Salah satu langkah penting untuk memastikan pembayaran tepat waktu adalah memastikan semua pihak memiliki pemahaman yang sama mengenai tenggat waktu pembayaran, jumlah terutang, dan metode pembayaran.
Bersikaplah terbuka dan lakukan dialog lebih awal, pastikan klien mengetahui kapan pembayaran mereka jatuh tempo.
Biasanya, percakapan ini terjadi ketika bisnis pertama kali menjadi klien, tetapi juga dapat terjadi jika Anda telah memperbarui proses penagihan piutang atau jika klien terus-menerus lewat waktu dan Anda perlu menyesuaikan ekspektasi.
Anda juga harus memastikan bahwa Anda membuatnya semudah mungkin bagi klien Anda untuk membayar faktur. Misalnya, pastikan faktur Anda jelas dan lengkap, tanpa informasi yang hilang yang dapat menyebabkan departemen akuntansi klien Anda mengeluarkannya dari sistem untuk ditinjau lebih lanjut.

SEGERA BERGERAK PADA TAGIHAN YANG SUDAH JATUH TEMPO
Studi menunjukkan bahwa semakin lama piutang tidak tertagih, semakin kecil kemungkinannya untuk ditagih, baik sebagian atau seluruhnya.
Oleh karena itu, bisnis Anda akan memiliki peluang terbaik untuk menagih jika Anda mengetahui adanya piutang yang telah jatuh tempo dan dapat bertindak cepat.
Siapa pun yang Anda pilih untuk mengelola piutang perlu memahami bahwa mereka harus menghubungi klien pada hari pertama pembayaran terlambat.
Jika perusahaan Anda memiliki kebijakan mengenai keterlambatan pembayaran, dengan lembut ingatkan klien tentang hukuman apa pun yang mungkin mereka hadapi untuk keterlambatan pembayaran di masa mendatang.
Komunikasi yang lebih kuat mungkin diperlukan jika pembayaran tidak datang dalam jangka waktu yang wajar, termasuk email atau surat yang memberi tahu klien bahwa tindakan hukum dimungkinkan jika pembayaran tidak diterima sesuai tenggat waktu yang ditentukan.
Melakukan percakapan terbuka dengan klien tidak hanya dapat bekerja untuk membangun hubungan klien yang lebih kuat untuk bisnis Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memahami mengapa pembayaran terlambat dan menghindarinya di masa depan.

PERTIMBANGKAN PENAWARAN DISKON PEMBAYARAN AWAL
Cara lain untuk membantu mengelola piutang adalah diskon 2/10, bersih / 30, di mana pelanggan menerima diskon 2 persen jika mereka membayar dalam 10 hari, bukan 30.
Untuk jenis diskon ini tergantung industrinya. Jika Anda berada dalam industri margin yang sangat ketat di mana setiap dolar diperhitungkan, diskon 2 persen itu bisa menjadi banyak uang bagi calon klien Anda. Di mana bisnis mampu membelinya, menawarkan dan mendorong pembayaran lebih awal adalah penting dan dapat sangat membantu dalam meningkatkan arus kas.
Penting untuk mencari nasihat baik dari profesional perbankan atau profesional industri untuk mengevaluasi apakah ini akan menjadi opsi yang layak untuk diterapkan bisnis Anda, berdasarkan industri spesifik Anda.

PERTIMBANGKAN PENAWARAN RENCANA PEMBAYARAN
Anda mungkin memiliki klien lewat jatuh tempo yang memberi tahu Anda, setelah beberapa pengingat pembayaran, bahwa mereka mengalami tantangan arus kas dan memerlukan perpanjangan untuk membayar tagihan mereka.
Jika ini terjadi, pertimbangkan untuk menawarkan klien rencana pembayaran untuk saldo terutang mereka.
Menyiapkan rencana pembayaran dan bersikap fleksibel sangat membantu, terutama bila menyangkut klien jangka panjang dalam hal membangun loyalitas.
Penting juga untuk membuat rencana dan persyaratannya secara tertulis dan meminta kedua belah pihak menandatanganinya. Juga buat semua penjualan masa depan cash on delivery (COD) sampai jumlah yang lewat jatuh tempo dibayar lunas.

BAGIKAN DASAR KLIEN ANDA
Bisnis kecil sering kali keluar dari kesulitan dalam hal penagihan piutang – terutama ketika mereka melakukan bisnis dengan perusahaan besar yang memperpanjang persyaratan pembayaran mereka kepada vendor dan pemasok – terkadang hingga 90 atau bahkan 120 hari.
Meskipun bekerja dengan pengecer besar bisa menjadi hal yang bagus, diversifikasi klien itu penting.
Jika Anda memiliki beberapa klien besar yang biasanya membayar di luar jendela 30- atau 45 hari, fokuslah untuk mendapatkan klien tambahan yang lebih kecil dan memastikan mereka membayar tepat waktu sehingga Anda memastikan arus kas yang sehat sambil menunggu pembayaran jangka panjang.

MAKSIMALKAN ARUS UANG ANDA DAN MUDAH MENERIMA PEMBAYARAN
Baik itu melalui cek kertas atau pembayaran elektronik, semakin mudah Anda membuat pelanggan membayar Anda, semakin cepat Anda akan mendapatkan uang Anda. Kami dapat membantu Anda menyederhanakan proses pengumpulan Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp