Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 STRATEGI UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN BISNIS DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGALAMAN PELANGGAN

The Best consultant business in Surabaya

5 STRATEGI UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN BISNIS DENGAN MENGOPTIMALKAN PENGALAMAN PELANGGAN

Untuk mendorong perubahan atau pertumbuhan dalam bisnis Anda, Anda perlu memahami pengalaman penuh dan otentik pelanggan Anda. Perbaikan berarti perubahan, dan perubahan seringkali sulit.

Kesuksesan Pelanggan Adalah Kesuksesan Perusahaan
Keberhasilan pelanggan dan keberhasilan perusahaan adalah satu hal yang sama, jika pelanggan Anda berhasil menggunakan produk dan layanan Anda, perusahaan Anda akan berhasil.
Ini tentang mengutamakan pelanggan di setiap langkah. Memanfaatkan wawasan berharga yang diperoleh dari pelanggan Anda memungkinkan Anda untuk membuat inisiatif bisnis yang dapat ditindaklanjuti dan terukur yang mengarah pada pertumbuhan yang menguntungkan.

Baca juga artikel : pertumbuhan bisnis online memicu perkembangan jasa kurir dan pengiriman barang

Manfaatkan Pengalaman Pelanggan Anda Untuk Mendorong Perubahan Bisnis
Penelitian dari McKinsey menunjukkan bahwa perusahaan yang unggul dalam memberikan pengalaman pelanggan menunjukkan enam ciri. Mereka:
1. Menentukan proposisi nilai yang jelas dan menarik (disampaikan melalui perjalanan pelanggan holistik, ujung ke ujung).
2. Mengetahui bahwa perjalanan pelanggan itu penting, dan mengapa.
3. Secara teratur berinovasi dengan pengalaman pelanggan.
4. Menggunakan perjalanan pelanggan untuk memperkuat budaya garis depan.
5. Mengpptimalkan proses operasional untuk memastikan pengiriman konsisten.
6. Menggunakan perjalanan untuk menentukan metrik dan tata kelola.

Seluruh perjalanan pelanggan diakui sebagai bagian penting dari system, tanpa itu bisnis tidak bisa berfungsi, apalagi berinovasi.
Lebih lanjut, studi yang disebutkan di atas juga menunjukkan bahwa perusahaan yang fokus pada memberikan perjalanan pelanggan ujung ke ujung berkorelasi 30% lebih kuat dengan hasil bisnis. Ini memiliki tingkat kepuasan pelanggan sebanyak 36% lebih tinggi dan kemungkinan untuk memperbarui dan bertahan saat pelanggan meningkat sebesar 19%.

Baca juga artikel : 4 strategi pemasaran untuk meningkatkan visibilitas bisnis digital

Sukses Di Pengalaman Pelanggan
Dengan strategi di bawah ini, Anda dapat memulai transformasi yang dipimpin pelanggan dalam bisnis Anda.
1. Buat unit bisnis atau tim lintas fungsi. Anggota staf ini akan bertanggung jawab untuk menerapkan kesuksesan pelanggan untuk bisnis Anda, tetapi ingatlah untuk menugaskan satu orang dengan akuntabilitas utama. Tentukan seperti apa kesuksesan pelanggan untuk bisnis Anda dan selaraskan beberapa KPI yang ditetapkan untuk menegakkan tanggung jawab individu dan kelompok.

2. Libatkan tim layanan klien Anda. Minta mereka berbicara dengan pelanggan mereka secara langsung untuk memahami hambatan kesuksesan (dan penjualan). Tantangan apa yang mereka hadapi? Bagaimana mereka menghabiskan waktu berinteraksi dengan produk atau layanan Anda? Ini juga akan memperkuat hubungan klien untuk tim layanan Anda, dan pada akhirnya membantu memperkuat pemikiran yang berpusat pada pelanggan di perusahaan Anda.

3. Dapatkan umpan balik pelanggan dan tindak lanjuti. Cara untuk mengefisienkan ini adalah dengan memprioritaskan bidang kebutuhan, seperti apa yang harus Anda hadapi sekarang, dan apa yang bisa Anda tinggalkan nanti?

4. Berbagi adalah peduli. Berbagi wawasan dengan pelanggan Anda akan membangun kepercayaan dengan menunjukkan bahwa Anda telah mendengarkan dan mengambil tindakan. Kumpulkan email internal dan eksternal dengan beberapa poin penting tentang temuan Anda, yang mengarahkan mereka ke situs dengan informasi yang lebih detail, jika mereka ingin mempelajari lebih lanjut.

5. Memulai dari pelanggan. Lebih dari segalanya, ini hanya tentang mengatur pekerjaan Anda dengan cara yang berbeda dari sebelumnya yaitu “mulai di akhir”. Mintalah umpan balik dari pelanggan tentang fungsionalitas dan fitur produk jauh sebelumnya, bahkan sebelum Anda meluncurkannya (pada tahap pembuatan ide dan pengembangan). Ini menghemat waktu dan uang Anda, dan membantu Anda mempelajari wawasan penting untuk membuat penyesuaian yang diperlukan.

Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan pendampingan dan training mengenai sistem manajemen dan pemasaran untuk mendorong pertumbuhan bisnis silakah klik DI SINI. 

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp