Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 CARA SISTEM ERP DALAM MENGATASI BEBERAPA MASALAH BISNIS

The Best consultant business in Surabaya

4 CARA SISTEM ERP DALAM MENGATASI BEBERAPA MASALAH BISNIS

Menjalankan bisnis hari ini adalah tugas yang menakutkan ketika Anda tidak cukup siap. Ada lusinan titik nyeri yang muncul sepanjang hari yang mungkin sulit dikelola. Anda mungkin masih sangat bergantung pada spreadsheet dengan data yang salah, menemukan diri Anda dalam situasi kehabisan stok sebelum Anda menyadarinya, dan memanfaatkan teknologi yang sudah ketinggalan zaman. Semua masalah ini dapat dikelola dengan alat yang tepat, seperti sistem ERP yang cerdas. Bagaimana sistem ERP memecahkan masalah bisnis yang umum? Mari kita cari tahu.

1. Miskomunikasi
Jika ada satu hal yang ingin dihindari oleh bisnis seperti wabah, itu adalah miskomunikasi. Kesalahan dalam data yang disebabkan oleh entri data yang berlebihan. Putusnya hubungan antar departemen yang disebabkan oleh sistem yang terpisah. Begitu banyak yang bisa salah! Misalnya, jika Anda menggunakan spreadsheet untuk melacak data pelanggan, tetapi data tersebut diambil dari database, waktu pemrosesan akan melambat secara dramatis.
Sistem ERP akan menghilangkan pemutusan dengan mengumpulkan data real-time dan menyimpan semuanya di lokasi terpusat yang aman.

2. Penundaan dan Waktu Henti yang Tak Terduga
Waktu henti dapat bermanifestasi dalam beberapa cara. Untuk e-commerce, itu terjadi antara pesanan dan pengiriman. Kurangnya stok, backorder, dan masalah umum lainnya dapat membuat pelanggan membatalkan pesanan karena frustrasi. Sistem ERP adalah teladan dalam mengurangi waktu henti. Pembaruan, laporan, dan peringatan segera membuat Anda dan pelanggan mengetahui tentang stok dan pengiriman. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mengawasi sumber daya, tingkat stok, dan harga untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki apa yang dicari pelanggan.
Dari sudut pandang manufaktur, sistem ERP mencegah penundaan dengan kemampuan penjadwalan produksi dan perencanaan sumber daya material (MRP).

3. Pengalaman Pelanggan yang Kacau di Situs E-Commerce
Personalisasi memainkan peran kunci apakah pelanggan terus membeli dari Anda. Faktanya, 64% pelanggan B2B menyatakan bahwa mereka akan beralih ke vendor yang menyediakan harga yang disesuaikan secara real-time. Selain itu, kebanyakan orang sekarang membeli dari situs e-niaga melalui berbagai saluran, seperti tablet, ponsel, komputer, dan melalui telepon. Kombinasi platform belanja ini semuanya harus beroperasi dengan cara yang sama dan mulus.
Jika bisnis online Anda saat ini sedang berjuang untuk memenuhi tingkat produktivitas dan pendapatan yang sama dengan lokasi fisik Anda, sistem ERP dapat membantu. Anda dapat mengintegrasikan setiap platform digital yang Anda gunakan untuk menjual produk ke dalam sistem ERP, dengan cepat mendapatkan wawasan tentang kebiasaan belanja mereka, melihat informasi kontak pelanggan, keuangan, dan banyak lagi. Anda juga dapat menghosting opsi pembayaran yang tersedia di semua saluran, sehingga proses pembayaran tidak terlalu rumit.

4. Salah urus Persediaan
Memindahkan stok menghasilkan uang, terutama untuk gudang. Sistem ERP terintegrasi dengan sistem manajemen gudang (WMS) tetapi juga menyertakan versinya sendiri, sehingga bisnis dapat melacak inventaris yang datang dan pergi dengan mudah. Pengumpulan data waktu nyata memberi Anda wawasan lanjutan tentang pesanan dan nilai stok. Anda juga dapat mengotomatiskan pemeriksaan kualitas untuk stok yang masuk untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang dapat diterima. Perangkat lunak ini juga memungkinkan Anda mengelola banyak tagihan bahan.

Baca juga artikel tentang : Tips Mengurangi Stres untuk Bisnis yang Lebih Stabil

Pemuatan Pesanan yang Meraba-raba
Logistik memainkan peran luar biasa dalam keberhasilan bisnis. Misalnya, waktu yang dibutuhkan antara barang yang dipesan hingga pesanan itu diproses dan dikirim sangat penting. Anda menginginkan pemuatan dan penyelesaian pesanan yang efisien. Sistem ERP dapat melacak pesanan, tingkat inventaris, dan lokasi, dan juga berintegrasi dengan aplikasi lain, seperti pemindai kode batang untuk mempercepat setiap langkah proses pengemasan dan pengiriman.
Faktur dapat dibuat secara otomatis dan dikirim segera setelah item terakhir dikemas dan dikirim. Sistem ERP juga mampu menyimpan log mendalam untuk membantu Anda melacak pesanan dan mengembangkan rencana pemasaran. Pelanggan juga dapat diberitahu secara otomatis setiap kali pesanan mereka diproses, dikirim, dan dikirim, sehingga tidak pernah ada pertanyaan tentang lokasi paket mereka.

Memecahkan Masalah dengan sistem ERP
Bisnis harus berfungsi seperti simfoni yang terorganisir, dengan setiap departemen memainkan perannya dengan sempurna. Namun, untuk melakukan itu, Anda mungkin memerlukan bantuan. Sistem ERP membawa harmonisasi ke bisnis Anda, memungkinkan data bergerak dengan lancar melalui sistem. Manajemen yang lancar dan keuntungan yang lebih besar dimungkinkan dengan penerapan sistem ERP.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp