Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MEMPERSIAPKAN PRAKTIK AUDIT YANG SUKSES

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MEMPERSIAPKAN PRAKTIK AUDIT YANG SUKSES

Apakah Anda siap untuk diaudit? Saat akhir tahun mendekat, audit tahunan mulai memberikan bayangan yang semakin besar terhadap Anda dan tim Anda. Mempersiapkan audit bisa tampak seperti banyak pekerjaan, waktu, dan usaha. Namun, persiapan yang tepat dapat menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang karena standar akuntansi sering diperbarui, dan biaya audit terus meningkat.
Menyelesaikan audit yang berhasil dimulai dengan perencanaan sepanjang tahun, termasuk:
• Persiapan dan organisasi rekonsiliasi akun neraca
• Dokumentasi ulasan yang tepat dan lingkungan kontrol SOX
• Pembuatan memo akuntansi teknis
Penting juga untuk mengembangkan hubungan yang baik dengan tim audit sejak dini, mengomunikasikan dan menyoroti setiap masalah atau perubahan akuntansi sesegera mungkin. Pada artikel ini, kita akan membahas 3 langkah kunci untuk mencapai audit yang sukses dan perangkap umum yang harus dihindari.

Baca juga : Bagaimana Cara Pelaksanaan Audit Pada Industri Farmasi

MEMBANGUN BUDAYA & SIKAP POSITIF
Banyak yang bisa terjadi selama setahun – perubahan kebijakan akuntansi, pergantian karyawan, akuisisi/divestasi, antara lain – yang akan berdampak besar pada audit. Namun, beberapa hal akan tetap konsisten dengan keberhasilan audit, dimulai dengan budaya dan sikap. Audit bisa menyakitkan, tetapi itu diperlukan untuk setiap tim akuntansi. Semakin cepat anggota tim Anda menerima dan merangkul peran mereka dalam audit, semakin sukses auditnya. Budaya mencakup lingkungan kontrol yang kuat.

CATATAN ORGANISASI UNTUK MEMINIMALKAN RISIKO & MEMPERTAHANKAN MANAJEMEN PENGETAHUAN
Beberapa permintaan dan pekerjaan uji audit akan tetap sama tahun demi tahun. Ini termasuk rekonsiliasi neraca (ditinjau dan dikaitkan dengan neraca saldo), neraca saldo lengkap dan laporan keuangan, dan kontrak yang signifikan. Penyelesaian dan akurasi ini harus menjadi fokus berulang sepanjang tahun.
Dengan menyimpan dokumen-dokumen ini di folder terpusat yang terorganisir, Anda akan menghindari pertanyaan audit umum, “Permintaan apa itu? Apa yang kami berikan padamu tahun lalu?” Catatan proses tentang bagaimana permintaan audit dibuat merupakan langkah kunci tambahan yang akan mengurangi waktu yang signifikan untuk audit tahun mendatang.

LAKUKAN RAPAT PERENCANAAN UNTUK MENENTUKAN BATAS WAKTU & TONGGAK UTAMA
Melakukan pertemuan perencanaan dengan tim audit sebelum memulai kerja lapangan adalah hal yang tidak boleh diremehkan. Selama pertemuan ini, kontak utama dari kedua belah pihak harus dibuat untuk melacak item yang terbuka, mendapatkan pembaruan status, dan memastikan kiriman tidak terlewatkan. Komunikasikan bagaimana file akan dibagikan (yaitu, email, dropbox, situs auditor) dan buat garis waktu dari tanggal-tanggal penting seperti rapat audit, tanggal pengarsipan, dan berbagai hal lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.