Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN UNTUK MENGHINDARI KEMACETAN PADA STASIUN PENGEPAKAN

The Best consultant business in Surabaya

5 FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN UNTUK MENGHINDARI KEMACETAN PADA STASIUN PENGEPAKAN

Stasiun pengepakan gudang adalah salah satu area yang paling banyak diperdagangkan di fasilitas penyimpanan, dan dapat dengan mudah menyebabkan kemacetan jika ada perencanaan yang tidak tepat. Kemacetan di stasiun pengepakan gudang Anda dapat memperlambat operasi Anda, menghambat pengiriman Anda, dan menyebabkan hilangnya keuntungan.
Stasiun pengepakan gudang sering mengalami kemacetan karena perencanaan yang buruk. Beberapa stasiun pengepakan sedang dimuati dengan barang-barang dengan berbagai ukuran, yang dapat dengan mudah menyebabkan kemacetan karena barang-barang besar membutuhkan waktu lebih lama untuk dikemas. Stasiun pengepakan lainnya tidak memiliki semua peralatan yang diperlukan, yang memaksa karyawan untuk berlari kembali ke ruang persediaan mereka dan mendapatkan apa yang mereka butuhkan, yang menyebabkan kemacetan lain.
Stasiun pengepakan gudang adalah bagian penting dari keseluruhan operasi fasilitas penyimpanan. Jika tidak dirancang dengan tepat, dapat dengan mudah mengganggu kinerja gudang secara keseluruhan. Jadi, sangat penting untuk mempertimbangkan banyak detail yang dapat memengaruhi efektivitas stasiun pengepakan gudang untuk mencegah terjadinya kemacetan. Berikut adalah lima faktor yang harus Anda pertimbangkan saat merancang stasiun pengepakan gudang Anda untuk meningkatkan efisiensi dan menghindari kemacetan:

1. Ergonomi
Saat merancang stasiun pengepakan gudang Anda, Anda harus mempertimbangkan ergonomi area kerja karyawan Anda karena hal itu akan menentukan seberapa cepat dan seberapa baik karyawan Anda akan menyelesaikan tugas mereka.
Stasiun pengepakan gudang yang dirancang secara ergonomis berarti karyawan Anda akan lebih nyaman menangani tugas mereka, dan karenanya, menjadi lebih efektif. Hal ini juga dapat mencegah cedera dan risiko kesehatan yang berkepanjangan bagi karyawan Anda, sehingga mengurangi gangguan pada operasi Anda.
Jadi, Anda dapat memilih untuk memasang stasiun pengepakan gudang dengan permukaan ketinggian yang dapat disesuaikan sehingga setiap karyawan dapat mengatur ketinggian platform pengepakan sesuai dengan tingkat kenyamanan mereka. Dengan cara ini, karyawan Anda tidak perlu memaksakan diri saat meraih barang-barang yang dibutuhkan untuk mengemas pesanan mereka.

2. Aksesibilitas
Aksesibilitas adalah sesuatu yang juga harus Anda pertimbangkan saat merancang stasiun pengepakan gudang Anda sehingga karyawan Anda menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari alat yang mereka butuhkan dan lebih fokus pada tugas yang ada. Karyawan membutuhkan akses mudah ke label pengiriman, pemindai, perekat, bantalan, dan kotak dengan berbagai ukuran.
Aksesibilitas juga dapat meminimalkan jumlah kecelakaan di gudang karena karyawan tidak perlu berlarian terus-menerus untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan. Mengingat gudang sering sibuk dengan mesin berat yang beroperasi di seluruh area, kecelakaan dapat dihindari jika Anda membuat barang mudah diakses oleh karyawan.

Baca juga artikel tentang : Teknologi Gudang Inovatif yang Perlu Anda Miliki

3. Karakteristik Barang
Karakteristik barang atau karakteristik masing-masing SKU juga harus dipertimbangkan saat merancang stasiun pengepakan gudang. Tidak semua item dibuat sama, sehingga stasiun pengepakan harus fleksibel untuk berbagai bobot dan dimensi SKU yang berbeda. Anda harus memasang meja angkat di setiap stasiun pengepakan gudang sehingga karyawan Anda tidak perlu mengangkat barang berat dari lantai ke meja pengemasan mereka.
Selain itu, manajer gudang harus membagi pesanan yang diambil dan mengirimkannya ke berbagai stasiun pengepakan gudang untuk proses pengepakan yang lebih cepat. Misalnya, barang-barang yang lebih besar dapat dengan mudah menyumbat stasiun pengepakan, dan mereka membutuhkan stasiun pengepakan yang dapat menampungnya dan dipisahkan dari barang-barang kecil lainnya.
Untuk SKU yang membutuhkan kemasan yang dipersonalisasi, mereka harus dikirim ke stasiun pengepakan khusus karena menempatkannya dengan barang lain dapat menyebabkan kemacetan. Selain itu, barang-barang yang membutuhkan pengemasan yang dipersonalisasi akan memakan waktu lebih lama daripada barang-barang biasa, jadi manajer gudang harus menugaskan karyawan yang berbeda untuk mengkhususkan diri dalam tugas ini untuk mencegah penumpukan lalu lintas.

4. Mobilitas
Mobilitas adalah faktor penting lainnya di setiap stasiun pengepakan gudang karena mudah dan nyaman untuk memindahkan stasiun pengepakan Anda ke lokasi mana pun. Saat stasiun pengepakan gudang Anda bergerak, ini meminimalkan waktu henti dan meningkatkan produktivitas di antara karyawan.
Jika gudang Anda perlu direnovasi, memiliki stasiun pengepakan gudang bergerak tidak akan menghambat operasi Anda. Misalkan Anda perlu mengarahkan barang-barang Anda untuk dikirim melalui area lain dari fasilitas Anda untuk menghindari area tersebut direnovasi. Dalam hal ini, Anda dapat memindahkan stasiun pengepakan seluler Anda ke mana pun Anda membutuhkannya, sehingga mencegah gangguan apa pun dalam operasi Anda.

5. Ruang
Ruang juga harus dipertimbangkan di setiap stasiun pengepakan gudang karena area ini dapat dengan mudah tersumbat oleh orang dan barang besar. Untuk menghindari kemacetan di stasiun pengepakan gudang, stasiun pengepakan harus memiliki cukup ruang agar orang tidak saling bertabrakan.
Manajer gudang harus menyediakan ruang yang cukup antara karyawan di stasiun pengepakan sehingga mereka tidak akan saling bertabrakan saat memindahkan palet dan barang pengepakan. Tetapi mereka juga harus memperhatikan bahwa terlalu banyak ruang dapat berarti bahwa barang-barang yang seharusnya berada dalam jangkauan bisa menjadi terlalu jauh dari seorang karyawan.

Ringkasan
Stasiun pengepakan gudang yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda menghindari kemacetan selama manajer gudang menyesuaikan perubahan yang diperlukan yang disediakan di atas untuk mempercepat proses. Detail kecil, seperti memastikan bahwa seorang karyawan cukup nyaman di stasiun pengepakan, sangat penting untuk memastikan proses pengepakan tidak terhenti atau bahkan melambat. Selain itu, perencanaan dan persiapan yang tepat merupakan faktor kunci untuk mencegah kemacetan di stasiun pengepakan gudang. Setiap manajer gudang harus banyak berpikir untuk mengubah stasiun pengepakan menjadi stasiun kerja yang lebih efektif.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.