Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

SAAT KEUANGAN ANDA DIKATAKAN BAD DEBT

The Best consultant business in Surabaya

SAAT KEUANGAN ANDA DIKATAKAN BAD DEBT

Bad debt adalah suatu yang telah dianggap oleh usaha sebagai kerugian, dan dikategorikan sebagai beban, karena utang usaha tidak dapat ditagih. Hal ini umumnya terjadi ketika debitur menyatakan pailit atau ketika biaya untuk melakukan tindakan lebih lanjut dalam upaya menagih hutang menjadi lebih mahal daripada hutang itu sendiri.

BAGAIMANA ANDA TAHU BERAPA BANYAK BAD DEPT YANG HARUS DIANTISIPASI?
Bad debt adalah bagian yang disayangkan tetapi tidak dapat dihindari dalam berbisnis. Ada dua metode utama untuk memperkirakan piutang usaha yang diharapkan menjadi “tidak tertagih”.

1. Metode Penuaan Piutang
Metode ini dapat menggunakan pemodelan statistik dan data historis dari bisnis, serta dari industri secara keseluruhan. Metode penuaan mengelompokkan semua piutang berdasarkan usia dan persentase tertentu diterapkan pada setiap kelompok. Persentase spesifik biasanya akan meningkat seiring bertambahnya usia piutang, untuk mencerminkan peningkatan risiko gagal bayar dan penurunan kolektibilitas. Agregat dari semua hasil kelompok adalah perkiraan jumlah yang tidak dapat ditagih.
Katakanlah sebuah perusahaan memiliki piutang dagang senilai 100.000.000 kurang dari 30 hari yang belum dibayar, dan piutang usaha 30.000.000 yang beredar lebih dari 30 hari. Berdasarkan data historis, 1% dari piutang yang berumur kurang dari 30 hari tidak akan dapat ditagih dan 4% dari piutang yang berumur minimal 30 hari tidak akan dapat ditagih.
Oleh karena itu, perusahaan akan melaporkan penyisihan dan beban piutang tak tertagih sebesar 2.200.000 ((100.000.000 * 1%) + (30.000.000 * 4%)).
Jika periode akuntansi berikutnya menghasilkan perkiraan penyisihan sebesar 2.500.000 berdasarkan saldo piutang, hanya 300.000 (2.500.000 – 2.200.000) yang akan menjadi beban piutang tak tertagih pada periode kedua.

Baca juga artikel tentang : Tips Pemanfaatan Uang Pengembalian Pajak 

2. Persentase Metode Penjualan
Metode ini memperkirakan persentase tetap dari penjualan bersih untuk periode tersebut berdasarkan pengalaman sebelumnya.
Misalnya, dengan menggunakan data historis, perusahaan mungkin mengharapkan bahwa 2% dari penjualan bersih tidak dapat ditagih. Jika total penjualan bersih untuk periode tersebut adalah 100.000.000, perusahaan membentuk penyisihan piutang ragu-ragu sebesar 2.500.000 sekaligus melaporkan 2.500.000 sebagai beban piutang tak tertagih.
Jika periode akuntansi berikut menghasilkan penjualan bersih sebesar 80.000.000, tambahan 2.400.000 dilaporkan dalam penyisihan piutang ragu-ragu, dan 1.600.000 dicatat pada periode kedua dalam beban piutang tak tertagih. Saldo agregat dalam penyisihan piutang ragu-ragu setelah dua periode ini adalah 4.100.000.

AKUNTANSI UNTUK UTANG JAUH
Dua metode pencatatan piutang tak tertagih adalah 1) metode penghapusan langsung dan 2) metode penyisihan.
1. Metode Penghapusan Hutang Langsung
Metode ini melibatkan penghapusan langsung ke akun piutang. Dalam pendekatan ini, beban piutang tak tertagih berfungsi sebagai kerugian langsung dari piutang tak tertagih, yang bertentangan dengan pendapatan dan menurunkan laba bersih Anda.
2. Metode Penyisihan Piutang Buruk
Metode penyisihan lebih disukai dibandingkan dengan metode penghapusan langsung, terutama untuk jumlah yang lebih besar. Metode ini melibatkan akun kontra aset yang bertentangan dengan piutang. Akun kontra aset pada dasarnya adalah akun dengan saldo yang berlawanan dengan piutang dan dicatat di neraca.

MENGAPA ANDA PERLU MEMAHAMI UTANG BURUK?
Beban utang buruk membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan mana yang gagal membayar, dan jika ada melakukannya dengan teratur. Informasi ini dapat membantu mereka membuat keputusan tentang pembuatan program loyalitas, cara mereka mengelola penagihan, jenis insentif pembayaran apa yang mungkin mereka tawarkan, dan apakah mereka perlu menilai kembali proses mereka untuk menentukan kelayakan kredit.
Selain itu, laporan keuangan biasanya disiapkan setiap kuartal – atau setidaknya setiap tahun – dan dilihat oleh investor dan calon investor. Investor mengandalkan laporan keuangan yang jujur untuk membuat keputusan investasi yang baik. Jika piutang tak tertagih bukan merupakan bagian dari laporan keuangan, mungkin ada salah saji yang signifikan terhadap pendapatan aktual perusahaan.
Anda ingin masalah bad dept Anda bisa teratasi? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp