Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

JASA ANALISA KEUANGAN, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

JASA ANALISA KEUANGAN, CALL 081-252982900

METODE ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Pada Kesempatan kali ini Konsultan Manajemen Outopilot akan berbagi Informasi mengenai Metode analisa Laporan Keuangan. Berikut dibawah ini penjelasannya.
Analisa laporan keuangan dilakukan dengan tujuan menilai kelangsungan usaha, stabilitas, profitabilitas dari suatu usaha, sub usaha atapun proyek. Secara umum analisa laporan keuangan dilakukan setiap akhir periode. Hasil dari analisa akan diteruskan ke pimpinan puncak suatu usaha sebagai dasar pengambilan keputusan.
Beberapa poin tujuan dilakukan analisa laporan keuangan :
– Menilai Eektifitas operasional
– Rencana pengembangan usaha
– Rencana Pembelian Aktiva
– Rencana Investasi (Penerbitan saham)
– Rencana Pinjam Bank
– Mencari alternatif kebijakan

Berikut dibawah ini beberapa metode yang digunakan untuk melakukan analisa laporan keuangan :
Metode Perbandingan (Komparatif)
Metode perbandingan (Komparatif) yakni metode yang membadingkan angka-angka di dalam laporan keuangan sehingga menciptakan sebuah angka rasio. Dengan cara lain, Anda dapat membandingkan masing-masing pos laporan keuangan yang relevan atau data yang signifikan. Sehingga metode ini juga dikenal dengan istilah metode analisis rasio.

Metode Analisis
Metode ini menggunakan laporan keuangan beberapa tahun, kemudian membandingkannya dan menggambarkan tren/grafiknya. Oleh karena itu, penerapan metod ini membutuhkan pengetahuan statistik. Misalnya, seperti menggunakan rumus program linier y = a + bx. Teknik tren dapat digunakan untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa depan dengan menggunakan data historis.

Metode Index Time Series
Metode ini menggunakan laporan keuangan, kemudian memilih laporan keuangan yang digunakan sebagai dasar dan menetapkan indeksnya sebesar 100 sebagai tahun dasar. Kemudian tahun dasar yang dipilih/ditetapkan diberi indeks 100.

Metode ini memerlukan laporan keuangan yag telah benar.

Metode Benchmark
Metode ini bertujuan untuk mengetahui telah seberapa jauh perusahaan kinerjanya beroperasi. Dengan kata lain, metode ini digunakan untuk mencari peringkat perusahaan. berada di posisi mana perusahaan sekarang dibandingkan dengan perusahaan pesaing. Sebaiknya laporan keuangan yang dijadikan dasar ialah laporan keuangan yang berasal dari perusahan terbaik, pemimpin di sebuah segmen operasi. Hak yang dibutuhkan dalam analaisa ini ialah banyaknya laporan kuangan yang diperlukan.

Metode Anggaran
Metide ini bertujuan untuk menilai telah sejauh mana perusahaan berjalan efektif. Artinya dengan membandingkan antara realita denga anggaran maka dapat diketahui telah seberapa jauh perusahaan menerapkan pengendalian untuk mencapai efektifitas.

Metode Perbandingan per divisi
Metode ini bertujuan untuk menilai kinerja sebuah divisi dengan cara membandingkan antara kinerja divisi satu dengan divisi lainnya dalam satu perusahaan. Kinerja sebuah divisi harus seimbang dan selaras dengan divisi lainnya. Perusahaan akan berkembang lebih baik jika mampu mensinergikan semua divisi ke tujuan utama perusahaan. menjaga agar tidak erjadi ketimpangan kinerja divisi di dalam sebuah perusahaan.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai Metode Analisa Laporan Keuangan. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) dan butuh Accounting Software pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu.Sampai bertemu di pembahasan artikel selanjutnya.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp