Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MENGOPTIMALKAN 6 PROSES GUDANG UTAMA

The Best consultant business in Surabaya

CARA MENGOPTIMALKAN 6 PROSES GUDANG UTAMA

Enam proses gudang mendasar terdiri dari receiving, putaway, storage, picking, packing, and shipping. Mengoptimalkan enam proses ini dapat berguna untuk merampingkan operasi gudang Anda, mengurangi biaya & kesalahan, dan mencapai tingkat pesanan sempurna yang lebih tinggi. Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengoperasikan proses gudang agar berkinerja lebih optimal.

1. Receiving
Receiving adalah proses gudang pertama dan salah satu yang paling penting. Untuk melakukan proses receiving dengan baik, gudang harus dapat memverifikasi bahwa telah menerima produk yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dalam kondisi yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Kegagalan untuk melakukannya akan berdampak pada semua operasi selanjutnya
Menerima juga melibatkan pengalihan tanggung jawab atas barang ke gudang. Hal ini menempatkan pertanggungjawaban pada gudang untuk menjaga kondisi barang hingga dikirim. Menerima kargo dengan benar akan memungkinkan Anda untuk menyaring barang-barang yang rusak dan menghindari tanggung jawab atas barang tersebut.

Cara Mengoptimalkan:
Tujuan dari optimalisasi proses receiving gudang adalah untuk menerima kargo secara efisien dan benar serta menghindari penumpukan di dermaga penerima. Solusi seperti truk palet listrik dan konveyor akan memungkinkan Anda menurunkan muatan dan membersihkan area dermaga dengan lebih cepat dan lebih efisien. Selain itu, pembuat dimensi mengotomatiskan pengambilan berat dan dimensi parsel dan palet untuk mempercepat pemrosesan receiving Anda dan mendapatkan pengukuran bersertifikat. Terakhir, perangkat lunak seperti sistem manajemen tenaga kerja dan penjadwal dok memungkinkan Anda mengalokasikan jumlah personel yang tepat dengan mengantisipasi shipping yang akan datang secara akurat.

2. Putaway
Putaway adalah proses gudang kedua dan merupakan perpindahan barang dari dermaga penerima ke lokasi storage gudang yang paling optimal. Kegagalan menempatkan barang di lokasi yang paling ideal dapat mengganggu produktivitas operasi gudang. Jika barang disimpan dengan benar, ada beberapa keuntungan:
• Kargo disimpan lebih cepat dan lebih efisien
• Waktu perjalanan diminimalkan
• Keamanan barang dan karyawan terjamin
• Pemanfaatan ruang gudang dimaksimalkan
• Kargo lebih mudah dan lebih cepat untuk ditemukan, dilacak, dan diambil

Cara Mengoptimalkan:
Tujuan dari optimalisasi proses putaway adalah memindahkan barang untuk storage ke lokasi yang paling optimal dengan cara yang cepat, efisien, dan efektif. Perangkat lunak seperti slotting dan sistem manajemen ruang secara otomatis menetapkan ruang optimal untuk setiap kargo untuk memungkinkan proses putaway yang efisien dan pemanfaatan ruang yang maksimal. Selain itu, aplikasi dan perangkat seluler putaway mengarahkan pegawai untuk menyimpan kargo di lokasi yang tepat.

3. Storage
Storage adalah proses gudang tempat barang ditempatkan ke ruang penyimpanan yang paling sesuai. Jika dilakukan dengan benar, proses storage memaksimalkan ruang yang tersedia di gudang Anda dan meningkatkan efisiensi tenaga kerja.

Cara Mengoptimalkan:
Mengoptimalkan proses storage Anda hanya mungkin ketika KPI yang tepat dilacak dengan benar. Memiliki perangkat lunak yang secara otomatis menghitung penggunaan storage gudang Anda dan melacak KPI storage yang tepat akan memungkinkan Anda untuk menentukan seberapa efisien setiap aspek dari proses storage Anda. Sistem optimasi slotting juga dapat membantu Anda dengan membantu alokasi lokasi storage terbaik untuk kargo tertentu. Terakhir, memanfaatkan sistem storage gudang yang tepat sesuai dengan ukuran fasilitas dan bauran produk Anda memungkinkan Anda memaksimalkan ruang horizontal dan vertikal sekaligus meningkatkan efisiensi gudang.

4. Picking
Picking adalah proses gudang yang mengumpulkan produk di gudang untuk memenuhi pesanan pelanggan. Karena ini adalah proses paling mahal di gudang, yang mencakup hingga 55% dari total biaya operasional, mengoptimalkan proses ini akan memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya secara signifikan dan meningkatkan efisiensi gudang Anda. Penyederhanaan proses ini juga harus fokus pada pencapaian akurasi yang lebih tinggi, karena kesalahan dapat berdampak langsung pada kepuasan pelanggan Anda.

Cara Mengoptimalkan:
Salah satu cara untuk mengoptimalkan proses picking adalah dengan memperkenalkan teknologi yang tepat. Teknologi seperti perangkat seluler dan perangkat yang dapat dikenakan dapat menyederhanakan proses pengambilan karena memungkinkan pegawai untuk melihat daftar pengambilan secara nirkabel, mengakses sistem secara real time, dan memindai di mana saja di gudang. Pilihan lain yang layak termasuk melakukan analisis ABC untuk memperbaiki tata letak gudang Anda, memilih metodologi pengambilan yang tepat, dan menggunakan perangkat lunak untuk memandu juru tulis dalam melaksanakan proses pengambilan dengan benar.

5. Packing
Packing adalah proses gudang yang menggabungkan item yang diambil dalam pesanan penjualan dan mempersiapkannya untuk dikirim ke pelanggan. Salah satu tugas utama packing adalah memastikan bahwa kerusakan diminimalkan sejak barang meninggalkan gudang. Selain itu, kemasan harus cukup ringan agar tidak menambah berat barang dan cukup minimal untuk mengontrol biaya pengemasan.

Cara Mengoptimalkan:
Mengoptimalkan proses packing dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat lunak untuk memandu orang dalam menjalankan tugas. Asalkan sistem packing memiliki semua data yang diperlukan, seperti dimensi dan berat, sistem dapat secara otomatis menentukan jenis dan jumlah bahan packing yang akan menjaga barang tetap aman dan biaya packing tetap rendah.

6. Shipping
Shipping adalah proses gudang terakhir dan awal perjalanan barang dari gudang ke pelanggan. Shipping dianggap berhasil hanya jika pesanan yang benar disortir dan dimuat, dikirim ke pelanggan yang tepat, melakukan perjalanan melalui mode transit yang tepat, dan dikirim dengan aman dan tepat waktu. Proses sebelumnya juga penting untuk keberhasilan shipping karena sangat mempengaruhi terpenuhinya pesanan secara akurat dan aman.

Cara Mengoptimalkan:
Untuk mengoptimalkan proses shipping, memiliki sistem perangkat lunak untuk merampingkan banyak tugas sangatlah penting. Sistem manajemen tenaga kerja memungkinkan Anda mengalokasikan jumlah sumber daya yang tepat untuk mencegah alokasi berlebih atau kurang. Memiliki aplikasi dan perangkat seluler shipping memungkinkan Anda memiliki informasi yang tepat dan secara real time untuk memverifikasi shipping dengan cepat. Dan sistem pemuatan memungkinkan Anda memiliki panduan yang dengan jelas menginstruksikan cara memuat kargo dengan aman dan efisien.

Industri pergudangan berkembang seiring dengan perkembangan seperti maraknya e-commerce, globalisasi, dan tren jasa outsourcing gudang. Perubahan besar di pasar ini adalah peluang yang menunggu Anda untuk mengeksploitasi dengan mengambil tindakan cepat untuk mengoptimalkan proses gudang Anda. Semoga artikel ini membantu Anda memahami tujuan dari setiap proses dan membantu dalam memberikan tips untuk pengoptimalan.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut, dan membutuhkan pendampingan mengenai manajemen pergudangan dan software wms, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp