Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

BAGAIMANA INVENTORY SOFTWARE MENINGKATKAN PENGHITUNGAN SIKLUS UNTUK DISTRIBUTOR?

The Best consultant business in Surabaya

BAGAIMANA INVENTORY SOFTWARE MENINGKATKAN PENGHITUNGAN SIKLUS UNTUK DISTRIBUTOR?

 

Aset paling mahal distributor adalah persediaan mereka. Untuk mengelolanya dengan bijak dan menghindari kelebihan stok sambil melayani pelanggan dengan andal, diperlukan pelacakan persediaan yang canggih. Meskipun menerapkan program penghitungan siklus merupakan peningkatan dari penghitungan fisik persediaan tahunan, ada beberapa cara untuk meningkatkan penghitungan siklus untuk memahami penggunaan item Anda pada tingkat yang terperinci, mengoptimalkan tingkat persediaan, dan mengurangi biaya.

Mengapa penghitungan siklus berhasil?
Penghitungan siklus adalah proses manajemen persediaan di mana batch stok yang lebih kecil secara metodis dihitung secara teratur. Meskipun dibutuhkan disiplin dan sistem yang baik untuk menerapkan penghitungan siklus, ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan persediaan fisik.
• Penghitungan siklus adalah proses berkelanjutan yang dapat dilakukan selama hari kerja biasa. Persediaan fisik biasanya dilakukan pada akhir tahun fiskal perusahaan dan mengharuskan penghentian aktivitas persediaan apa pun – termasuk penerimaan dan pengiriman – untuk memastikan penghitungan yang akurat. Ini adalah proposisi yang mahal dalam hal tenaga kerja dan pendapatan yang hilang.
• Penghitungan siklus tidak memerlukan sumber daya yang signifikan dan lebih akurat. Persediaan fisik sering dilakukan secara manual, yang memerlukan banyak waktu, menarik staf dari tugas-tugas yang menghasilkan pendapatan dan rentan terhadap kesalahan.
• Kesalahan, seperti persediaan yang salah tempat atau hilang, ditemukan jauh lebih cepat daripada persediaan akhir tahun biasa di mana mereka dapat tidak ditemukan selama berbulan-bulan.
• Ini bukan proses satu ukuran untuk semua. Ada cara untuk mengelompokkan persediaan penting dari item yang bergerak lebih lambat atau kurang penting.

Melampaui penghitungan siklus tradisional
Sementara teknologi telah memungkinkan pendekatan yang lebih efisien dan akurat untuk pelacakan persediaan, proses penghitungan siklus berbasis data dapat menjadi pengubah permainan untuk keuntungan Anda. Untuk distributor, ada cara untuk melampaui penghitungan siklus tradisional untuk memperkuat pelacakan aset modal terbesar Anda.

1. Perluas Klasifikasi
Sebagian besar distributor menempatkan persediaan ke dalam kategori, yang kemudian digunakan untuk menentukan seberapa sering melakukan penghitungan siklus. Metode yang paling sering digunakan, “klasifikasi ABC,” mengirimkan item ke dalam kategori berikut:
• A – Barang bernilai tinggi, perputaran tinggi, dan harus dimiliki
• B – Item yang cukup penting yang tidak sering dibalik seperti item A
• C – Item dengan omset rendah

Baca juga artikel tentang : Tips untuk Mengoptimalkan Operasi Inventory Management 

Untuk menyempurnakan pelacakan persediaan Anda, jangan batasi klasifikasi ke kategori ABC. Berinvestasi dalam teknologi yang memungkinkan Anda menentukan beberapa kategori persediaan dan mengatur siklus penghitungan individual untuk masing-masing kategori.
Misalnya, jika Anda adalah pemasok peralatan medis, item bernilai tinggi seperti defibrillator akan dianggap sebagai item “A”. Namun, barang dengan perputaran tinggi seperti sarung tangan dan APD juga dapat diklasifikasikan sebagai barang “A”, tetapi perlu dihitung pada frekuensi yang jauh lebih tinggi untuk memastikan tingkat persediaan yang memadai.

2. Segmen persediaan untuk pelacakan yang ditargetkan
Persediaan perlu disegmentasi agar siklus dihitung secara efektif dan ada tiga cara untuk membagi persediaan ke dalam kategori:
• Sewenang-wenang – preferensi berdasarkan kebutuhan perusahaan. Misalnya, pada lini produksi pabrikan, pengikat yang murah dapat diklasifikasikan sebagai item A karena merupakan item penting untuk perakitan dan memastikan lini produksi tidak akan pernah mati.
• Biaya yang Diperpanjang – berdasarkan biaya per unit untuk suatu barang dikalikan dengan jumlah total unit yang ada saat ini.
• Perputaran Persediaan – berdasarkan berapa kali item persediaan dijual atau digunakan dalam periode waktu yang ditentukan secara ketat.

Setelah Anda menentukan cara mengelompokkan persediaan, teknologi manajemen persediaan yang baik akan terus mengevaluasi penggunaan item dan secara otomatis menetapkan ulang item ke segmen yang benar berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Memanfaatkan teknologi untuk pelacakan penggunaan waktu nyata
Untuk distributor yang menyediakan layanan nilai tambah dari persediaan yang dikelola vendor atau yang dikelola pelanggan untuk ruang penyimpanan atau truk layanan pelanggan mereka, penggunaan teknologi seperti pemindai dan tempat sensor memungkinkan mereka melacak penggunaan secara real-time.
Menggunakan aplikasi yang mengumpulkan data penggunaan dari ruang penyimpanan saat barang dikonsumsi, sehingga distributor tahu persis apa dan berapa banyak yang digunakan dan apa yang harus diisi ulang.
Dengan sensor berat IoT di bawah keranjang barang yang terintegrasi dengan perangkat lunak manajemen persediaan, teknologi ini mengubah bobot kotak menjadi kuantitas untuk memungkinkan penghitungan persediaan lengkap beberapa kali sehari tanpa campur tangan manusia dan juga dapat memicu pesanan pengisian ulang ke perangkat lunak ERP distributor.
Dengan berinvestasi dalam perangkat lunak pengisian otomatis untuk aplikasi titik penggunaan seperti truk servis atau ruang penyimpanan, distributor dapat melakukan penghitungan siklus harian tanpa harus pergi ke lokasi pelanggan, memungkinkan mereka untuk mengarahkan tenaga penjualan ke tugas yang menghasilkan pendapatan.

Memperkuat penghitungan siklus dengan menyesuaikan klasifikasi dan segmentasi dengan industri khusus Anda atau kebutuhan pelanggan dan menggunakan teknologi untuk menempatkan data penggunaan waktu nyata di tangan Anda memungkinkan distributor mengoptimalkan aset terbesar mereka, mengurangi biaya, dan meningkatkan layanan pelanggan.
Anda ingin adanya otomatisasi pada operasi persediaan Anda? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi nomor whatsapp kami di 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp