Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

BAGAIMANA CARA MEREKRUT TIM MARKETING SECARA EFEKTIF

The Best consultant business in Surabaya

BAGAIMANA CARA MEREKRUT TIM MARKETING SECARA EFEKTIF

Jika diperusahaan anda tidak stabil di bagian marketing dan banyak keluar masuk tenaga marketing, maka diperusahaan dengan adanya TURN OVER TINGGI DI BAGIAN MARKETING merupakan mimpi buruk di perusahaan anda.

Yang sering kita ketahui Tim marketing/penjualan keluar dari perusahaan disebabkan oleh:
1. Kemampuan menjual Sales person kurang, sehingga sampai batas masa percobaan sales person tidak bisa memenuhi Target yang diberikan perusahaan.
2. Terjadi Fraud, artinya Sales person keluar dari perusahaan karena melakukan tindakan yang melanggar : misalnya menggunakan uang Tagihan, Membuat Nota Fiktif, memalsukan voucher biaya operasional dan bentuk pelanggaran lainnya.
3. Sales Person keluar karena penghasilan di perusahaan anda kurang menarik karena perusahaan lain bisa memberikan lebih.

Beberapa langkah dalam merekrut Tim marketing agar perusahaan memiliki Tim marketing yang Solid dan handal, adalah sebagai berikut:

Pertama
Lakukan persiapan agar Sales Person memilki kemampuan menjual yang cukup.
Apa yang mesti disiapkan?
1. Product knowledge – ini penting agar Sales Person fasih dengan apa yang dijualnya.
2. Rute Kunjungan (Call plan) sehingga Sales Person memiliki perencanaan ke Customer secara aktif dan teratur.
3. Siapkan target kunjungan per hari termasuk target TRANSAKSI
4. Syaratkan minimal satu invoice ada 3 item produk yang bisa dijual.
5. Berilah training penjualan agar skill menjual Sales Person meningkat.

Kedua
1. Untuk menghindari fraud, buat SOP yang praktis : Piutang penjualan diserahkan kepada Sales Person wajib ada tanda terima, serta Piutang penjualan selalu di opname. Buat form biaya operasional dan tabel biaya operasional standard.
2. Sales Person hanya boleh taking order jika menjual kredit. Kanvas boleh jika menjual secara tunai.
Ketiga
1. Buat Insentif yang menarik agar Sales Person terus terjaga motivasinya untuk mendapatkan penghasilan yang cukup baik.
Keempat
1. Ikuti aturan seleksi karyawan yang dimulai dgn : mencari kandidat berpengalaman di penjualan minimal 1 tahun.
2. Cari Sales Person yang pernah menjual produk yang sama dengan produk perusahaan, serta wilayah penjualan seperti yang dibutuhkan perusahaan.
3. Jika tidak menemukan Sales person yang pengalaman di produk yang sama, cari yang sasaran jualnya sama dengan produk yang ada di perusahaan.
4. Cari Sales Person yang memiliki skill yang dibutuhkan, misalnya bisa menyetir mobil.
5. Ikutkan calon Sales Person ke tahap psikotest. Serta rekrut Sales Person yang direkomendasikan psikolog untuk dijadikan TIM marketing dalam perusahaan.

Melalui langkah-langkah yang sudah dipaparkan, diharap Mitra Bisnis berhasil membangun Tim Marketing yang Handal, serta turn over yang rendah.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca. Apabila pembaca membutuhkan bantuan atau jasa rekrut Tim marketing dan membutuhkan software untuk marketing, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6218252982900. Kami siap mendampingi anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp