Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 METRIK PENERIMAAN GUDANG YANG HARUS ANDA LACAK DAN CARA MENGOPTIMALKANNYA

The Best consultant business in Surabaya

5 METRIK PENERIMAAN GUDANG YANG HARUS ANDA LACAK DAN CARA MENGOPTIMALKANNYA

Metrik penerimaan gudang harus dilacak untuk meningkatkan operasi gudang dan pusat distribusi, khususnya di area penerima. Sangat penting untuk menyadari metrik ini untuk menemukan penyimpangan yang menghambat produktivitas dan efisiensi.
Artikel ini akan membahas berbagai metrik penerimaan gudang yang harus Anda lacak untuk mengoptimalkan proses penerimaan Anda dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas gudang Anda secara keseluruhan.

Pentingnya Melacak Metrik Penerimaan Gudang
Melacak metrik penerimaan gudang memberi Anda kemampuan untuk mengukur efisiensi proses penerimaan Anda. Dengan informasi ini, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk merampingkan proses dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, mengoptimalkan proses penerimaan Anda akan berdampak positif pada semua proses gudang berikutnya.
Di bawah ini adalah metrik penerimaan gudang yang harus Anda lacak secara teratur untuk mengetahui kinerja proses penerimaan Anda dan menunjukkan area yang perlu ditingkatkan.

1. Biaya Penerimaan Per Jalur Penerimaan
Biaya penerimaan per jalur penerimaan di metrik penerimaan gudang berbicara tentang biaya perolehan dan penanganan barang yang dikirim ke gudang Anda.
Tujuan pengukuran biaya penerimaan per saluran penerimaan adalah untuk memastikan bahwa biaya secara bertahap dikurangi atau dijaga agar tetap minimum. Hal ini dapat dicapai dengan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menerima item di ruang dok, yang meningkatkan jumlah item yang dapat diproses oleh setiap jalur penerimaan. Semakin cepat Anda menerima barang, semakin rendah biaya yang Anda keluarkan.

Cara Mengoptimalkan:
Untuk mengoptimalkan ini dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam metrik penerimaan gudang Anda, manajer gudang harus mengalokasikan jumlah sumber daya tenaga kerja yang tepat dalam proses penerimaan. Jika tenaga kerja kurang dialokasikan, menerima kargo akan memakan waktu lebih lama, yang meningkatkan biaya. Namun, jika dialokasikan secara berlebihan, itu juga meningkatkan biaya karena sumber daya tenaga kerja dapat dihabiskan untuk tugas-tugas produktif lainnya. Faktor-faktor seperti jenis dan volume kargo yang masuk juga harus diperhitungkan untuk mengalokasikan jumlah personel yang tepat dan mengurangi biaya.

2. Menerima Produktivitas
Menerima produktivitas di gudang menerima metrik berbicara tentang berapa banyak pekerjaan yang dilakukan di area penerima.
Tujuannya di sini adalah untuk meningkatkan produktivitas penerimaan gudang Anda. Ini dapat dicapai dengan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menerima dan menangani setiap inventaris. Ketika lebih sedikit waktu yang dihabiskan per inventaris di ruang dok, gudang Anda dapat menerima lebih banyak barang, dan lebih sedikit gangguan yang dapat terjadi dalam proses selanjutnya.

Cara Mengoptimalkan:
Solusi untuk mengoptimalkan kinerja dalam metrik penerimaan gudang ini adalah dengan menyediakan peralatan yang tepat kepada karyawan di area penerima. Menggunakan peralatan yang sesuai seperti forklift atau truk palet listrik akan mempercepat proses penerimaan sambil membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja. Ini, pada gilirannya, meningkatkan produktivitas keseluruhan dalam proses.

3. Menerima Akurasi
Dalam metrik penerimaan gudang, akurasi penerimaan mengacu pada jumlah barang yang benar yang telah dikirim ke fasilitas penyimpanan. Ada dua faktor yang perlu dipertimbangkan dalam metrik ini: pemasok gudang dan personel di departemen penerimaan. Jika pemasok mengirimkan barang yang salah dan karyawan tidak memeriksanya, hal itu akan berdampak negatif pada keakuratan penerimaan Anda.
Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa gudang sering memenuhi akurasi 100% dalam menerima inventaris yang benar.

Cara Mengoptimalkan:
Untuk mengoptimalkan metrik penerimaan gudang ini, Anda harus menyediakan prosedur yang mudah dipahami dan proses failsafe untuk memastikan bahwa item yang benar dikirim ke gudang Anda. Jika menyediakan personel tambahan untuk pemeriksaan ulang terlalu mahal, maka program otomatis dapat memastikan pemrosesan yang akurat di departemen penerimaan untuk mencegah kesalahan manusia.

4. Pemanfaatan Pintu Dermaga
Utilisasi pintu dok di metrik penerimaan gudang diukur dengan seberapa efisien pintu dok digunakan.
Jika hasil metrik penerimaan gudang ini rendah, ini menandakan bahwa Anda memiliki pintu dok yang tidak digunakan, yang meningkatkan biaya karena Anda mungkin membayar ruang yang lebih besar dari yang Anda butuhkan. Namun, jika pintu dok tertentu digunakan sesekali, ini mungkin menunjukkan perlunya manajemen truk yang lebih baik untuk menghindari pemborosan waktu dalam menggunakan pintu dok.

Cara Mengoptimalkan:
Cara paling efisien untuk mengoptimalkan metrik penerimaan gudang ini adalah dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka antara area penerima dan pengemudi truk saat pengemudi truk dekat dengan gudang. Dengan berkomunikasi dengan pengemudi truk, Anda dapat memberi tahu mereka tentang status ruang dok secara real-time. Jika kecelakaan terjadi di salah satu pintu dok, Anda dapat memberi tahu pengemudi truk Anda untuk mengalihkan rute ke teluk dok lain untuk menurunkan barang-barang mereka di sana dan mencegah kemacetan.

Baca juga artikel tentang : Teknologi Gudang Inovatif yang Perlu Anda Miliki 

5. Menerima Waktu Siklus
Dalam metrik penerimaan gudang, waktu siklus penerimaan mengacu pada jumlah waktu item produk diproses di area penerima. Ini termasuk menghitungnya, mencari tahu di mana harus disimpan, dan akhirnya menyimpannya di tempatnya.
Metrik penerimaan gudang ini mengukur waktu yang dihabiskan untuk memproses tanda terima saat barang tiba di area penerima. Pada waktunya, penerimaan, penanganan, dan pemrosesan item produk di ruang dok akan berjalan lebih cepat.

Cara Mengoptimalkan:
Agar karyawan dapat bekerja lebih cepat, Anda harus meninjau pengaturan ruang dok dan melihat apakah Anda dapat menyesuaikannya untuk meminimalkan waktu tempuh dari truk ke rak. Anda juga harus memeriksa alat/sumber daya apa yang paling dibutuhkan karyawan Anda saat menerima dan memproses kargo dan memastikan mereka memiliki yang diperlukan di area tersebut.

Ringkasan
Metrik penerimaan gudang yang tercantum di atas diperlukan bagi setiap manajer gudang untuk mengukur di fasilitas mereka. Memiliki metrik penerimaan gudang yang tepat memudahkan untuk mendeteksi apakah tindakan korektif harus diambil dalam proses penerimaan. Informasi ini dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keamanan dalam proses penerimaan, yang berdampak pada semua proses gudang berikutnya.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai Bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp