Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 CARA MENGUKUR EFEKTIVITAS IKLAN AGAR BISA SURVIVE DI MASA PREDIKSI RESESI

The Best consultant business in Surabaya

5 CARA MENGUKUR EFEKTIVITAS IKLAN AGAR BISA SURVIVE DI MASA PREDIKSI RESESI

Periklanan adalah salah satu cara utama perusahaan menghasilkan uang. Kampanye iklan yang efektif dapat menarik pelanggan baru, meningkatkan persepsi merek, dan meningkatkan penjualan. Sehingga mengukur keefektifan iklan membantu Anda memahami dampak dan jangkauan kampanye Anda, juga memungkinkan Anda menemukan jumlah paparan yang optimal dan menentukan apa yang berhasil dan tidak dalam strategi periklanan Anda. Ada beberapa cara untuk mengukur efektivitas kampanye iklan. Mari lanjut.

1. Perjelas Tujuan Anda
Mulailah dengan mendefinisikan apa arti “efektivitas periklanan” bagi tim Anda. Apakah itu berarti mendapatkan 1.000 pelanggan baru untuk buletin Anda? Atau, itu bisa berarti melihat peningkatan 1% dalam penjualan saat kampanye aktif.
Pada akhirnya, tujuan Anda akan menjadi penentu Anda untuk memtuskan seperti apa tampilan iklan yang efektif – jadi jangan terburu-buru dalam proses ini dan pastikan untuk melibatkan pemangku kepentingan utama.

2. Siapkan Pengumpulan Data dan Kemampuan Analisis
Sebelum kampanye Anda dimulai, pastikan Anda memiliki data yang diperlukan untuk mengukur kemajuan ke iklan Anda. Data menyediakan landasan untuk strategi Anda. Anda memerlukan metode yang ditentukan untuk mengumpulkan dan memelihara data berkualitas tinggi untuk melacak efektivitas iklan dari waktu ke waktu.

3. Ukur Jangkauan Iklan Anda
Setelah Anda siap mengumpulkan data, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki gagasan yang akurat tentang seberapa banyak jangkauan yang Anda inginkan. Dengan kata lain, Anda harus tahu berapa banyak orang yang akan melihat iklan ini. Idealnya, Anda juga akan mengetahui informasi penting tentang siapa konsumen tersebut dan apa yang memotivasi mereka untuk mengambil tindakan.
Tugas ini akan mudah atau sulit, tergantung pada jenis saluran media iklan. Misalnya, banyak platform pemasaran digital dapat memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak orang yang melihat iklan Anda, apakah mereka terlibat dengannya, dan mencantumkan beberapa ciri pelanggan utama. Di sisi lain, jaringan televisi hanya dapat memperkirakan berapa banyak orang yang melihat iklan Anda dan membuat pernyataan umum tentang ciri-ciri pemirsa.
Untuk mendapatkan perkiraan jangkauan iklan Anda sebelum kampanye Anda diluncurkan, lihat kampanye sebelumnya dan lihat apakah Anda dapat menemukan data yang relevan. Selanjutnya, sebelum Anda meluncurkan kampanye, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk menyimpulkan berapa banyak orang yang melihat iklan Anda, dan tindakan apa yang mereka ambil setelah kejadian tersebut.

4. Identifikasi Titik Kontak yang Membutuhkan Pengoptimalan
Saat kampanye Anda sedang berjalan, tim Anda perlu mengawasi dengan cermat bagaimana kinerja iklan Anda. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan konversi tetapi titik kontak tertentu tidak memiliki dampak yang jelas, perubahan akan diperlukan.

5. Lihat Lebih Dekat Campuran Media Anda
Pemasar memiliki daftar saluran pemasaran yang tampaknya tak ada habisnya untuk dikejar. Memilih saluran yang tepat untuk satu iklan dapat menjadi tugas yang berat. Anda perlu melihat lebih banyak media.

Ringkasan
Lanskap pemasaran tumbuh semakin kompleks, dan kepemimpinan meminta wawasan yang spesifik dan berfokus pada hasil, sehingga mengukur dan mengoptimalkan efektivitas pemasaran Anda adalah tugas yang penting. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.