Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

APA YANG BISA DILAKUKAN ERP UNTUK BISNIS ANDA?

The Best consultant business in Surabaya

APA YANG BISA DILAKUKAN ERP UNTUK BISNIS ANDA?

Komputer Anda tidak dapat berjalan tanpa CPU. Tubuh Anda tidak dapat berfungsi tanpa otak Anda. Dan bisnis Anda tidak dapat berfungsi tanpa ERP. ERP adalah otak bisnis Anda. Ini menyatukan penggajian Anda, pembelian Anda, akuntansi Anda, sumber daya Anda – semua database Anda menjadi satu, sistem koheren yang diperbarui secara real-time. ERP Anda memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang Anda miliki dan di mana Anda memilikinya. Tanpa ERP Anda, Anda ditinggalkan dengan jalinan database yang tidak berbicara satu sama lain – dan Anda terjebak secara manual memindahkan informasi di antara masing-masing. Tetapi ERP Anda memberikan lebih banyak manfaat daripada otomatisasi sederhana. Ketika diterapkan dengan benar, ERP dapat mengubah cara bisnis mengakses data kepemilikan mereka. Apakah Anda mendapatkan semua manfaat yang diberikan ERP Anda?

Apa itu sistem ERP?
ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan, yang merupakan jenis perangkat lunak manajemen bisnis. Mereka pertama kali menjadi terkenal pada 1990-an dengan fokus pada Perencanaan Sumber Daya Manufaktur. Pada tahun 2000-an, ERP berkembang melampaui manufaktur untuk fokus pada fungsi bisnis back-of-house dan customer-facing. Saat ini, sistem ERP Modern menghubungkan sistem Akuntansi, Sumber Daya Manusia, CRM, fungsi Penjualan, dan fungsi Bisnis lainnya ke dalam satu basis data yang diisi dengan data waktu nyata.

Lima cara Anda akan mendapat manfaat dari sistem ERP
Saya yakin Anda pernah mendengar, “ERP Anda menghubungkan segalanya.” Tapi seperti apa itu? Manfaat apa yang Anda dapatkan ketika Anda “menghubungkan semuanya?” Ketika diterapkan dengan benar, ERP adalah keuntungan nyata bagi bisnis Anda, menghemat waktu Anda dan pada akhirnya mengurangi biaya keseluruhan. Berikut beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh ERP untuk bisnis Anda.

1. Visibilitas data
ERP modern memberikan visibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam data Anda. Ketika semua fungsi bisnis Anda tidak lagi tertutup, tetapi terintegrasi, Anda tiba-tiba dapat dengan gesit memeriksa semua bagian data perusahaan yang relevan. Penggajian, inventaris, transaksi – semuanya transparan dan dapat diakses. Ini data Anda, Anda harus bisa menggunakannya. ERP mengembalikan data Anda untuk bekerja untuk Anda.

2. Proses bisnis yang disederhanakan
ERP Anda merampingkan bisnis Anda dengan mengotomatiskan banyak tugas yang membosankan seperti membuat pesanan dan faktur. Karena semua data Anda disimpan di repositori pusat, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu memperbarui dan memasukkan kembali data secara manual di lusinan spreadsheet dan database yang berbeda. Selain itu, fungsi bisnis Anda sekarang memiliki akses ke semua data ini, yang berarti mereka tidak lagi harus melalui tugas yang sulit untuk mengambilnya dari berbagai departemen. Semuanya ada di satu tempat bagi karyawan Anda untuk mengakses dengan cepat.

3. Peningkatan kepuasan pelanggan
Sistem ERP Anda menguntungkan pelanggan Anda dalam dua cara utama. Pertama, ERP Anda menjaga inventaris Anda tetap mutakhir dan mengawasi pesanan pelanggan mulai dari pengemasan hingga pelacakan hingga pengiriman. Kedua, ERP Anda akan mengintegrasikan CRM Anda atau dilengkapi dengan alat CRM seperti profil pelanggan dan pelacakan prospek. Bagaimanapun, Anda akan memiliki akses ke data pelanggan terbaru ini, memungkinkan Anda untuk mendekati pelanggan dan prospek Anda dengan konten dan penawaran yang relevan bagi mereka. Antara pelacakan pesanan yang mudah dan profil pelanggan yang kuat, ERP Anda akan mempertahankan pelanggan Anda dasar senang dan siap untuk memesan ulang.

4. Peningkatan ROI
Sistem ERP mahal untuk diterapkan – biasanya sekitar 2-5% dari pendapatan tahunan perusahaan. Itu karena mereka mengintegrasikan begitu banyak silo yang berbeda, memungkinkan mereka untuk berbicara satu sama lain. Namun, dalam 3 tahun implementasi ERP, 90% perusahaan yang mengadopsi ERP modern telah mencapai ROI. Dalam 5 tahun, lebih dari 99% perusahaan telah mengembalikan investasi awal mereka. Dengan implementasi yang tepat, ERP Anda akan terbayar dengan sendirinya.

5. Data akurat real-time di semua sistem
Inilah yang membuat ERP begitu berharga. Dengan ERP Anda, Anda tidak hanya memiliki data terpusat, tetapi Anda juga memiliki data akurat secara real-time. Ketika inventaris Anda berubah karena pesanan pelanggan, ERP Anda mencerminkan hal itu.

Akhir Kata
Sistem ERP memang tidak murah, biayanya antara 2-5% dari pendapatan tahunan perusahaan. Namun, ERP dapat mengurangi biaya dengan meningkatkan efisiensi, yang pada akhirnya mengarah pada ROI. Sekali lagi, 90% bisnis mencapai ROI pada ERP mereka dalam 3 tahun implementasi. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.