Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PRAKTEK TEPAT UNTUK KOLABORASI ANTARA TIM PENJUALAN DAN TIM AR

The Best consultant business in Surabaya

PRAKTEK TEPAT UNTUK KOLABORASI ANTARA TIM PENJUALAN DAN TIM AR

Anda merayakan saat tim penjualan menghasilkan kesepakatan, tetapi siapa yang merayakan saat tim piutang dagang (AR) mengumpulkan uang tunai dari faktur jatuh tempo yang menurut Anda tidak akan pernah Anda terima? Meskipun bekerja pada alur kerja yang terhubung, tim penjualan dan keuangan terlalu jarang berkolaborasi dalam perusahaan. Namun justru karena alur kerja yang terhubung inilah penyelarasan antara kedua departemen ini membuat bisnis Anda lebih kuat dan lebih sukses.
Membuat tim penjualan Anda berkolaborasi dengan tim AR Anda dapat meningkatkan arus kas bisnis Anda dengan mengurangi jumlah faktur yang terlambat atau belum dibayar. Memberi tim penjualan Anda informasi pembayaran tentang pelanggan membantu mereka membuat kredit atau penawaran yang lebih baik untuk pelanggan tetap. Namun yang terpenting, Anda memerlukan alat manajemen AR yang tepat agar kedua tim Anda bekerja sama, tidak peduli seberapa besar tim Anda. Namun, bagaimana seharusnya tim penjualan dan tim AR berkolaborasi?

1. Pengakuan di Muka atas Ketentuan Pembayaran.
Klien lebih cenderung untuk mematuhi persyaratan pembayaran jika persyaratan tersebut dibahas sebelumnya pada saat penjualan. Tim penjualan Anda harus meninjau persyaratan pembayaran bisnis Anda dengan klien untuk memastikan mereka mengakuinya, dan berkomitmen untuk memenuhi jadwal pembayaran. Jika faktur klien ini telah lewat jatuh tempo, pengakuan dan konfirmasi ini dapat digunakan sebagai pengungkit berharga untuk mendapatkan faktur dibayar dengan cepat. Mempertimbangkan untuk menyertakan persyaratan pembayaran sebagai bagian dari kontrak pelanggan Anda untuk visibilitas maksimum.

2. Memanfaatkan Hubungan.
Tim penjualan Anda kemungkinan besar telah membangun hubungan yang kuat dengan pemangku kepentingan bisnis utama untuk mengamankan penjualan awal. Saat tim AR Anda kesulitan mendapatkan tanggapan dari departemen hutang klien, manajer AR Anda dapat meminta penjual untuk menghubungi kontak mereka untuk mendapatkan bantuan. Ini akan mengurangi waktu pembayaran faktur dan meningkatkan DSO Anda.

3. Pembelajaran Penting dari Pelanggan yang Bermasalah.
Meminta tim AR memperbarui tim penjualan Anda tentang pelanggan yang telat atau langsung tidak membayar dapat membantu mereka membuat keputusan yang lebih cerdas tentang menawarkan kredit untuk pelanggan tetap. Ini juga dapat membantu mengidentifikasi bendera merah yang menunjukkan klien mungkin tidak mungkin membayar faktur mereka. Tim penjualan Anda dapat mendiskusikan masalah keterlambatan pembayaran dengan pelanggan selama siklus penjualan berikutnya atau mengurangi jumlah kredit yang mereka sediakan bagi pelanggan untuk mencegah arus kas yang buruk untuk bisnis Anda.

Baca juga artikel tentang : Strategi untuk Meningkatkan Pertumbuhan Pendapatan Sektor Logistik

4. Penjajaran Internal.
Jika tim penjualan Anda baru saja melakukan penjualan besar, mereka harus memberi tahu tim AR Anda. Ini akan memastikan tim AR Anda waspada dalam penjangkauan proaktif mereka dan komunikasi tindak lanjut melewati batas waktu. Memiliki faktur besar yang jatuh tempo dapat menyebabkan gangguan serius pada arus kas bisnis Anda, jadi penting bahwa penjualan (dan faktur) seperti itu menjadi prioritas utama untuk tim AR Anda.

5. Bekerja Sama untuk Menumbuhkan Perusahaan.
Jika tim penjualan dan tim AR Anda bekerja sama untuk memastikan faktur dibayar (dan dibayar tepat waktu), perusahaan Anda akan menjadi lebih kuat dan tumbuh lebih cepat. Tim AR biasanya mengacu pada kemampuan mereka untuk mengumpulkan pembayaran, jadi penting untuk memastikan komisi tim penjualan Anda juga didasarkan pada pengumpulan pembayaran yang berhasil pada setiap penjualan yang mereka lakukan, bukan membayar komisi berdasarkan kontrak yang ditandatangani. Ini akan memastikan tim penjualan dan tim AR Anda menjadikan pembayaran faktur yang berhasil sebagai prioritas utama mereka, dan bisnis Anda kemudian akan memilikinya arus kas yang lebih baik

6. Metrik AR sebagai Indikator Kinerja Utama untuk Tim Penjualan Anda.
Untuk berhasil mengembangkan bisnis Anda, Anda membutuhkan tim penjualan Anda untuk mendatangkan pelanggan terbaik. Salah satu elemen penting dari klien yang menjadi salah satu pelanggan terbaik adalah pembayaran rutin tepat waktu – dan pembayaran yang berhasil secara keseluruhan – dari faktur mereka. Bisnis Anda akan gagal jika tim penjualan Anda melakukan penjualan besar ke bisnis yang melewatkan pembayaran faktur mereka atau jika faktur terbesar Anda secara konsisten terlambat dibayar lebih dari 60 hari. Anda harus menggunakan metrik AR sebagai salah satu indikator kinerja utama (KPI) dari kesuksesan atau kinerja tim penjualan Anda. Mereka harus bertujuan untuk hanya menjual ke bisnis yang membayar faktur mereka, dan membayar faktur tepat waktu.

Dengan solusi AR yang tepat, tim penjualan Anda dapat dengan mudah meninjau informasi klien, komunikasi pembayaran, dan laporan tentang pelanggan yang tidak membayar. Ini dapat mengungkapkan wawasan berharga tentang karakteristik pelanggan yang tidak membayar. Sama seperti tim penjualan Anda memiliki “profil pelanggan ideal”, informasi tambahan dari solusi pelaporan AR Anda akan memungkinkan mereka juga mengembangkan “profil pelanggan yang tidak ideal” untuk menghindari penjualan kepada pelanggan yang tidak membayar.
Jika Anda membutuhkan informasi, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5289-2900. Kami siap membantu Anda.