Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

8 KEMAMPUAN DASAR UNTUK SEORANG HRD

The Best consultant business in Surabaya

8 KEMAMPUAN DASAR UNTUK SEORANG HRD

Ketika mewawancarai calon karyawan, seorang staf HRD harus mengikuti sejumlah prosedur baku untuk menguji kandidat tersebut dan mencocokkan keahlian yang dimiliki oleh kandidat dengan posisi yang hendak diberikan pada kandidat. Tentu saja melakukan pengujian untuk mendapatkan orang yang paling tepat untuk mengisi jabatan tertentu hanyalah salah satu dari keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang professional di Departemen HRD. Pada dasarnya ada 8 keterampilan yang harus selalu di update oleh orang HRD agar senantiasa siap menjalankan peran dan fungsinya sebagai mitra strategis bagi bisnis dalam mengelola karyawan. Keterampilan tersebut yakni :

Organization
Manajemen HRD memerlukan langkah-langkah pendekatan. Data-data yang rapi, kemampuan mengelola waktu dengan baik, efisiensi personal, dan banyak hal lain yang merupakan hal-hal mendasar dalam fungsi HRD. Sebagai pimpinan atau pun staf HR, anda akan berurusan dengan kelangsungan hidup dan karier orang banyak. Ketika seorang manajer lini meminta data personal seorang karyawan, atau meminta rekomendasi mengenai kompensasi yang sesuai dengan organisasi maupun industrinya, maka anda harus siap untuk menyiapkannya.

Multitasking
Menjadi orang HRD harus punya banyak kemampuan yang mendukung jabatannya. Pada menit ini anda menghadapi karyawan yang sedang “curhat” tentang masalah pribadinya. Menit berikutnya membereskan klaim biaya meeting yang diajukan karyawan lain. Dan pada menit yang lainnya lagi, anda perlu memikirkan strategi rekrutmen yang tepat untuk situasi sekarang. Berbagai prioritas dan kebutuhan bisnis bergerak dan berubah dengan cepat. Klien A tidak mungkin menunggu dengan alasan bahwa anda sedang sibuk dengan kolega B. Anda harus bisa menghandle semua.

Discretion and Business Ethics
Profesional HR adalah hati nurani perusahaan. Disamping juga penjaga kerahasiaan informasi. Seiring anda melayani top management, anda juga harus memastikan bahwa karyawan juga tetap berhak memiliki privasi yang terjaga.

Dual Focus
Profesional HRD harus mampu berdiri di antara kepentingan dan kebutuhan karyawan serta manajemen. Ada saat ketika anda harus mengambil keputusan untuk melindungi karyawan, dan pada saat yang lain anda akan dihadapkan pada panggilan untuk melindungi organisasi, budaya dan nilai-nilainya. Kuncinya ada pada komunikasi.

Fairness
Komunikasi yang jelas, saluran aspirasi yang tersedia, adanya kesempatan bagi semua orang untuk mengemukakan pendapatnya, aturan yang ditegakkan dengan konsisten, mengembangkan sikap saling menghargai. Itulah hal-hal yang harus dijaga untuk menciptakan suasana keterbukaan di kantor.

Dedication to Continuous Improvement
Profesional HRD harus selalu siap membantu manajer mendampingi dan mengembangkan karyawan di lini masing-masing. Dengan begitu, kemajuan dan inovasi bisa berkelanjutan. Dan jika perlu dibarengi dengan pemanfaatn teknologi untuk meningkatkan fungsi HRD sendiri.

Strategic Orientation
Berpikir kedepan adalah bagian dari peran kepemimpinan dan strategi manajemen yang dimiliki orang HRD. Mengisi kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja berkualitas, merancang skema penggajian yang baik, memberi pelatihan kepada karyawan untuk mendukung pertumbuhan bisnis merupakan perwujudan dari ungkapan yang sudah sering anda katakan dimana-mana bahwa,”Karyawan adalah aset penting”.

Team Orientation
Dalam dunia bisnis saat ini, tim adalah raja. Manajer HRD harus senantiasa memahami dinamika tim yang ada. Dan melakukan upaya untuk menjaga semangat kebersamaan dan membuat tim bekerja dengan baik

Demikian artikel dari kami, dan semoga bermanfaat. Jika anda membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, atau membutuhkan software hrd & payroll, re-desain struktur organisasi, skala upah dan KPI. Silahkan hubungi kami di email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0913-3309-9915. Kami Konsultan Manajemen autopilot siap membantu anda.