Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

6 Langkah Perencanaan Pemasaran Logistik

The Best consultant business in Surabaya

6 Langkah Perencanaan Pemasaran Logistik

Logistik dan pemasaran berjalan beriringan. Seperti kebanyakan bisnis, penyedia layanan logistik perlu mencari cara untuk menarik klien baru yang tepat, dan rencana pemasaran yang jelas adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Saat Anda menggunakan istilah Google seperti “cara mendapatkan klien dalam bisnis logistik”, Anda akan menemukan berbagai solusi potensial—membangun tim pemasar internal, melakukan outsourcing ke agen pemasaran logistik, atau gabungan keduanya. Pilihan ini datang dengan anggaran dan kemampuan yang sangat bervariasi, tetapi kesamaan yang mereka miliki adalah tujuan untuk menemukan bantuan perusahaan logistik memperoleh bisnis baru dengan bertemu audiens mereka di mana mereka berada.

Pelanggan logistik potensial sangat banyak menggunakan alat pencarian online, platform sosial, situs web perusahaan, dan publikasi digital untuk menemukan dan meneliti mitra layanan logistik yang sesuai. Tidak peduli bagaimana Anda menangani upaya pemasaran Anda, keseluruhan rencana pemasaran strategis Anda harus mencakup riset pasar, strategi yang selaras dengan tujuan bisnis, dan taktik pemasaran di ruang digital.

Untuk perusahaan logistik yang mengangkut barang dari titik A ke titik B, mengembangkan rencana pemasaran logistik adalah proses yang berurutan dan terperinci. Banyak mata rantai bekerja sama untuk membentuk rantai pasokan yang andal dan efisien, tetapi berbagai rintangan mengancam untuk menghancurkan yang terlemah di antara mereka. Rencana pemasaran logistik yang kuat menyatukan semua taktik, atau tautan, dalam upaya pemasaran perusahaan untuk membantu semuanya berjalan lancar dan menjamin kesuksesan dalam bentuk arahan yang berkualitas, ROI yang lebih tinggi, dan lebih banyak penjualan.

Tetapi bagaimana jika perencanaan Anda di luar kebiasaan? Atau bagaimana jika tidak ada yang mengemudikan kapal? Bawa tim pemasaran internal Anda kembali ke jalurnya atau bekerja dengan agen pemasaran outsourcing untuk meningkatkan proses perencanaan pemasaran logistik Anda.
Berikut adalah 6 langkah yang harus diikuti oleh perusahaan logistik untuk mengembangkan rencana pemasaran logistik yang baik.

1. Tentukan Penawaran Layanan Anda

Apakah Anda mengirimkan bahan mentah ke pabrik atau produk jadi ke konsumen? Moda transportasi apa yang Anda gunakan? Apakah Anda mengangkut barang secara domestik atau global? Jenis teknologi dan layanan pelacakan apa yang Anda sediakan?
Ini semua adalah pertanyaan penting untuk ditanyakan saat memahat definisi singkat untuk penawaran layanan Anda. Sangat penting untuk menetapkan penawaran yang jelas untuk menghindari pemberian janji yang berlebihan dan selanjutnya memberikan layanan yang dapat dijual kepada klien Anda. Untuk menentukan penawaran layanan Anda dengan benar, kembangkan Strategi Merek yang secara kohesif menguraikan pernyataan pemosisian dan platform perpesanan Anda.

2. Tentukan Pasar Primer dan Sekunder Anda

Apakah Anda mengelola logistik barang fisik, seperti makanan, bahan, elektronik, peralatan, atau cairan? Untuk perusahaan baru, pasar Anda akan ditentukan oleh kemampuan dan kapasitas Anda untuk penanganan material, produksi, pengemasan, inventaris, transportasi, pergudangan, dan keamanan.
Menetapkan fokus pasar primer dan sekunder Anda dan menilai kembali peluang pasar setiap tahun sangat penting. Pasar berubah dari waktu ke waktu, begitu juga demografi yang membutuhkan layanan logistik Anda. Dengan mengevaluasi ulang pasar primer dan sekunder, Anda akan dapat menyesuaikan anggaran dan sasaran pemasaran dengan lebih baik dan, pada akhirnya, meningkatkan ROI Anda.

3. Identifikasi Pesaing Anda

Siapa pesaing tingkat 1 dan tingkat 2 Anda? Apakah ada perusahaan tertentu yang Anda anggap sebagai referensi praktik terbaik? Apa yang Anda tawarkan yang tidak ditawarkan oleh pesaing Anda? Bagaimana Anda bisa menawarkannya secara berbeda atau lebih baik? Misalnya, apakah pesaing Anda menggunakan departemen pengiriman atau maskapai komersial mereka sendiri—dan apa manfaat atau tantangan masing-masing?
Sebagai aturan, setiap perusahaan memiliki persaingan, terlepas dari seberapa spesifik atau ceruk layanan atau pasar mereka. Bahkan jika bisnis Anda tidak dapat mengidentifikasi persaingan langsung, persaingan kontekstual tetap ada. Meluangkan waktu untuk menganalisis secara menyeluruh setiap persaingan yang mungkin tertinggal di sela-sela tanpa disadari dapat membantu perusahaan logistik Anda menyempurnakan visi dan fokusnya.

4. Artikulasikan Proposisi Nilai Anda

Setelah Anda mengevaluasi persaingan, tentukan apa yang membuat perusahaan Anda menonjol dan artikulasikan sedemikian rupa sehingga pelanggan akan mengerti. Apakah itu harga yang lebih rendah, teknologi yang lebih baru, efisiensi operasional, atau jaminan?

Apa yang membuat bisnis Anda menonjol di bidang yang dibanjiri perusahaan yang menawarkan produk atau layanan serupa?Jika Anda tidak dapat memikirkan contoh nyata yang menyoroti keunggulan bisnis Anda, proses yang menonjol, atau produk yang dapat dikirimkan, pertimbangkan untuk mengevaluasi kembali proposisi nilai Anda dan estetika yang diproyeksikannya kepada pelanggan Anda. Bagi banyak pemimpin bisnis, sulit untuk melepaskan diri dari operasi sehari-hari untuk berpikir secara strategis tentang proposisi nilai Anda.

Cara terbaik untuk memulai adalah dengan bertanya: Apa yang dikatakan klien kami yang paling puas tentang kami? Kerangka berpikir ini akan membantu Anda lebih memahami dan menangani target pasar Anda.

Siarkan pembeda ini melalui upaya branding hebat yang menembus semua jalan perusahaan Anda dari dalam ke luar. Jika Anda sudah mengiklankan proposisi nilai Anda tetapi tidak beruntung menarik prospek yang berkualitas, cari tahu di mana Anda berada dalam spektrum dari merek hebat hingga merek yang tidak begitu bagus dan buat penyesuaian dari sana untuk mempercepat.

5. Alokasikan Anggaran Pemasaran

Saat memasarkan perusahaan logistik, tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan untuk pemasaran dan bagaimana mensegmentasikannya. Apakah Anda akan menyebarkan anggaran di pasar tertentu, atau akankah digunakan untuk mempromosikan perusahaan secara keseluruhan? Strategi dan sasaran pemasaran logistik Anda bergantung pada apa fokus pemasaran utama Anda, oleh karena itu penting untuk menetapkan perspektif yang jelas dan mencocokkan anggaran di awal proses.

6. Kembangkan Rencana Pemasaran Taktis

Setelah Anda menyelesaikan anggaran Anda, tentukan saluran pemasaran apa yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan proposisi nilai Anda ke pasar sasaran Anda. Misalnya, di mana Anda akan beriklan, dan pameran dagang industri apa yang akan Anda hadiri?

Apa tujuan Anda dalam hal pemasaran? Apakah Anda membangkitkan kesadaran merek, membangun interaksi pelanggan dengan bisnis Anda, atau berupaya mengubah kepercayaan merek menjadi penjualan? Memiliki rencana pemasaran taktis yang jelas dan disepakati ke depan sangat penting untuk kesuksesan perusahaan logistik Anda di tahun mendatang, dan pendekatan pemasaran terpadu seringkali merupakan metodologi terbaik.

Jangan Lupa Untuk Meninjau Semua Saluran Pemasaran

Memastikan bahwa setiap saluran pemasaran utama Anda berfungsi sebaik mungkin juga penting saat merencanakan tahun baru atau meningkatkan upaya pemasaran Anda. Daripada mencari perbaikan cepat, luangkan waktu untuk meninjau strategi Anda saat ini dan catat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda