Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PRINSIP PENTING DALAM MENGEMBANGKAN MARKETING PLAN UNTUK B2B DIGITAL

The Best consultant business in Surabaya

PRINSIP PENTING DALAM MENGEMBANGKAN MARKETING PLAN UNTUK B2B DIGITAL

Pemasaran digital yang sukses didasarkan pada perencanaan yang tepat, sehingga kami dapat secara efektif menghasilkan kesadaran, prospek, dan pada akhirnya, meningkatkan pendapatan penjualan kami.
Secara umum, rencana pemasaran digital yang tepat harus didasarkan pada empat prinsip penting:
1. Tentukan Tujuan Anda
Sasaran pemasaran digital Anda harus:
• Spesifik: yaitu, mudah dipahami dan terfokus pada objek nyata
• Realistis: dengan cara yang dapat dicapai. Jika suatu tujuan terlalu sulit untuk dicapai, itu dapat melukai Anda dan moral tim Anda. Bagilah tujuan besar menjadi tonggak yang lebih kecil dan lebih dapat dicapai jika perlu.
• Measurable/tangible: Anda dapat mengukur dan mengevaluasi kemajuan Anda menuju tujuan tertentu dengan menetapkan KPI dan memantau metrik.

2. Membuat Strategi
Strategi pemasaran digital adalah cara untuk memenuhi kebutuhan audiens target Anda dan mengetahui perilaku pembelian mereka dengan upaya pemasaran Anda. Jadi, itu harus selalu dimulai dengan riset pasar B2B yang tepat.
Perusahaan target Anda mungkin memiliki beberapa pemangku kepentingan yang berbeda dengan peran yang berbeda, jadi Anda mungkin perlu membuat persona pembeli terpisah untuk masing-masing pemangku kepentingan. Cari tahu kebutuhan mereka, titik sakit mereka, dan kembangkan strategi pemasaran untuk memenuhi kebutuhan ini.
Anda dapat memanfaatkan berbagai saluran pemasaran digital untuk mencapai hal ini: media sosial, pemasaran konten, iklan online, pemasaran email, dan banyak lagi. Buat taktik terperinci untuk setiap saluran tentang bagaimana kami dapat memberikan nilai dan menarik audiens target kami.

3. Pendekatan Konten-Pertama
Saat ini, konten bukan lagi raja, tapi segalanya. Sangat penting untuk mempublikasikan konten yang relevan dan berharga di semua saluran pemasaran yang berbeda: blog Anda, posting media sosial Anda, iklan Anda, informasi di situs web Anda, dan sebagainya.
Konten adalah apa yang akan membentuk kampanye pemasaran digital Anda dan cara utama kami untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas sebagai ahli pemikiran dari niche Anda: bagaimana Anda menunjukkan kepada prospek dan pelanggan potensial bahwa Anda memang solusi yang layak untuk masalah dan kebutuhan perusahaan mereka.
Kembangkan konten untuk membangun kehadiran media sosial Anda, dan juga untuk digunakan oleh tenaga penjualan dan duta merek Anda. Juga, ingat bahwa waktu dan konsistensi sangat penting dalam lingkungan yang selalu online saat ini.

Baca juga: Pentingnya Video Explainer Dalam Pemasaran B2B

4. Memantau dan Mengevaluasi
Selalu ingat bahwa pemasaran digital B2B Anda bukanlah hal yang hanya dilakukan sekali, melainkan proses jangka panjang yang bisa memakan waktu berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun sebelum Anda mencapai tujuan yang diinginkan.
Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun sistem untuk memantau dan mengevaluasi kemajuan setiap saluran dan kampanye. Tetapkan KPI dan ukur metrik yang tepat sesuai dengan tujuan pemasaran digital Anda. Namun, Anda tidak boleh hanya fokus pada data dan metrik berwujud, tetapi juga informasi kualitatif seperti kualitas keterlibatan, percakapan, dan metrik tidak berwujud lainnya.

Aspek terpenting dari pemasaran digital B2B bisa dibilang tentang membangun hubungan. Jadi, konsistensi sangat penting di sini. Uji relevansi, kualitas, dan konsistensi konten Anda secara menyeluruh, dan selalu pantau efisiensi biaya dan ROI setiap saluran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.