Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LOGISTIK PIHAK KETIGA UNTUK BISNIS E-COMMERCE

The Best consultant business in Surabaya

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LOGISTIK PIHAK KETIGA UNTUK BISNIS E-COMMERCE

Dari bisnis fisik yang mapan hingga pengecer online pemula, ada tren yang terus berkembang untuk mengalihdayakan logistik. Ahli logistik pihak ketiga (3PL) dapat menangani beragam tantangan logistik yang muncul di lingkungan ritel omnichannel.
Peran logistik dalam lingkungan e-commerce sangat penting untuk kesuksesan—lebih-lebih hari ini daripada sebelumnya.
Penyedia 3PL menawarkan lebih dari sekadar bantuan pengiriman. Berkat kemajuan teknologi yang semakin meningkat, banyak penyedia kini telah memperluas layanan mereka dengan mengintegrasikan dengan kontrak dan pergudangan publik, selain konsolidasi pengiriman dan komoditas. Beberapa perusahaan juga menawarkan klien akses ke berbagai jenis transportasi barang.
Layanan logistik pihak ketiga ideal untuk bisnis e-commerce apa pun di industri apa pun yang mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi serta mendukung pertumbuhan. Layanan ini memberikan dukungan yang diperlukan untuk membantu bisnis menjadi lebih sukses sekarang dan di masa depan.

Keuntungan 3PL
Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bisnis Anda dengan memanfaatkan layanan 3PL. Beberapa manfaat terbesar meliputi:
• Keahlian Profesional. Perusahaan-perusahaan ini tetap terkini dengan semua perkembangan dan kemajuan terbaru dalam logistik secara keseluruhan. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat memanfaatkan keahlian rantai pasokan sambil berfokus pada kompetensi inti.
• Jaringan Sumber Daya yang Lebih Baik dan Lebih Kuat. Mayoritas perusahaan 3PL saat ini memiliki jaringan sumber daya yang sangat besar yang dapat menghasilkan keuntungan besar dibandingkan rantai pasokan internal. Saat Anda memanfaatkan jaringan sumber daya dari penyedia 3PL mana pun, Anda dapat yakin bahwa semua langkah dalam rantai pasokan dioptimalkan dan dijalankan dengan cara yang lebih hemat biaya dan efisien.
• Membebaskan Modal dan Waktu Berharga. Perusahaan 3PL yang tepat dapat membantu Anda menghilangkan kebutuhan untuk berinvestasi dalam staf, teknologi, ruang gudang, dan transportasi. Mereka juga dapat membantu mengurangi kesalahan yang mahal sambil membantu bisnis Anda menciptakan jaringan logistik yang jauh lebih kuat, menawarkan risiko yang lebih rendah dan pengembalian yang lebih tinggi.
• Peningkatan dan Optimalisasi Berkelanjutan dari Rantai Pasokan Anda. Penyedia layanan 3PL yang Anda pekerjakan akan dapat memanfaatkan sumber daya mereka untuk melakukan penyesuaian dan peningkatan berkelanjutan guna memastikan pertumbuhan dan efisiensi rantai pasokan Anda yang unggul.

Kekurangan 3PL
Meskipun ada banyak keuntungan yang ditawarkan dengan menggunakan layanan 3PL, Anda juga harus mengingat potensi kerugian dari layanan ini.
• Kurangnya kontrol proses. Jika Anda tidak memiliki kendali atas bagaimana suatu proses berjalan, maka ada kemungkinan masalah dapat terjadi. Jika masalah terjadi pada penyedia layanan 3PL Anda, itu dapat merusak reputasi perusahaan Anda.
• Masalah komunikasi. Layanan ini melibatkan dua perusahaan yang bekerja menuju tujuan yang sama, tetapi jika komunikasi gagal, demikian juga seluruh prosesnya. Dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan kegagalan pengiriman.

Jika Anda bekerja untuk mengakomodasi pertumbuhan baru dan ingin memastikan Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul, maka penyedia 3PL dapat menjadi sumber daya yang tak ternilai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.