Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KOMPONEN UTAMA UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMASARAN KONTEKSTUAL

The Best consultant business in Surabaya

KOMPONEN UTAMA UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMASARAN KONTEKSTUAL

Inbound marketing, Outbound marketing, Guerilla marketing, Digital marketing, Relationship marketing, Neuromarketing, Stealth marketing, sebenarnya kita tidak kekurangan cara untuk membujuk orang lain agar membeli sesuatu.

Apa itu Pemasaran Kontekstual?
Personalisasi adalah kekuatan. Kapan pun Anda dapat terhubung dengan seseorang pada tingkat pribadi, alih-alih memasarkan pesan Anda secara massal, personalisasi akan membuat Anda semakin dekat untuk meningkatkan tingkat konversi Anda. Anda telah melihat personalisasi dan kemungkinan menggunakannya dalam email, ajakan bertindak, atau cara lain.
HubSpot mendefinisikan pemasaran kontekstual sebagai “pemasaran yang dipersonalisasi berdasarkan konteks siapa pengunjung dan apa yang mereka cari.”

Komponen Kunci untuk Memaksimalkan Manfaat Pemasaran Kontekstual
Menurut sebuah studi HubSpot, tingkat konversi 20% lebih tinggi ketika halaman situs web menggunakan pemasaran kontekstual.
Perhitungannya tampak sederhana: konten yang tepat + orang yang tepat + waktu yang tepat = petunjuk. Dan setelah Anda memuaskan pelanggan baru itu, Anda dapat lebih efektif memberikan penawaran tambahan kepada orang itu berdasarkan perilaku mereka. Itu memanfaatkan momentum roda gila pemasaran masuk.
Jadi, apa yang dibutuhkan untuk menjalankan pemasaran kontekstual dengan benar? Berikut 4 hal yang perlu Anda perhatikan.

1. PETA KONTEN PEMASARAN ANDA KE PERJALANAN PEMBELI ANDA
Membantu pengunjung mencapai sasaran mereka harus menjadi sasaran utama Anda saat mengembangkan dan merencanakan pengalaman pengguna situs web Anda. Persona pembeli yang berbeda tertarik pada hal yang berbeda, dan prioritas mereka berubah seiring perjalanan pembeli mereka berlanjut.
Memetakan perjalanan pembeli membantu Anda menyelaraskan konten dengan pola pikir, minat, dan perilaku pengunjung situs web Anda. Temui pengunjung di mana mereka berada dalam perjalanan pembeli dan berikan konten yang relevan dan bermanfaat. Beberapa contoh…
• Fase Kesadaran: Pengunjung ini mengunduh eBuku
• Fase Pertimbangan: Pengunjung ini menonton video produk Anda
• Fase Keputusan: Pengunjung ini meminta demo langsung
Tiga tips cepat lainnya:
• Pahami pertanyaan apa yang mungkin diajukan pembeli pada setiap langkah dalam perjalanan.
• Identifikasi semua orang di tim pembelian sehingga Anda dapat menulis salinan yang bermakna.
• Temukan istilah pencarian yang relevan untuk membantu konten Anda dalam peringkat SERP.
Meskipun menarik untuk menyesuaikan konten untuk berbagai langkah dalam perjalanan pembeli, jangan lupakan pengunjung situs web pertama Anda. Segmen pengunjung ini jelas cukup luas, jadi tetap fokus mendidik, mendampingi, dan membina mereka.

2. FOKUS PADA PENGALAMAN PENGGUNA SITUS WEB ANDA
Pengalaman pengguna situs web yang baik dapat mendorong penjualan dan menyenangkan pelanggan. Namun, pengalaman pengguna yang buruk menyebabkan gesekan dan kebingungan, dan itu dapat berdampak negatif pada laba. Hebatnya, dengan pemasaran kontekstual, dua pengunjung yang berbeda dapat berada di halaman yang sama, pada waktu yang sama, dan memiliki pengalaman yang berbeda.
Saat membayangkan pengalaman pengguna situs web terbaik, Anda perlu mempertimbangkan arsitektur dan navigasi situs Anda secara keseluruhan, desain, salinan, ajakan bertindak, waktu buka halaman, dan banyak lagi. Ditambah, Anda perlu memastikan setiap halaman memiliki fokus yang jelas.
Berikan cara yang mudah dan jelas bagi prospek yang tertarik untuk menjangkau Anda. Anda akan menemukan CTA yang jelas memindahkan mereka melalui saluran penjualan dengan cepat dan tanpa stres.

3. MAKSIMALKAN PERSONALISASI DAN SEGMENTASI
Menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi prospek dan pelanggan memerlukan beberapa usaha, dimulai dengan personalisasi situs web. Berikut adalah beberapa langkah praktis untuk menggunakan personalisasi dalam pemasaran digital:
• Tentukan tujuan Anda — Apakah personalisasi Anda dimaksudkan untuk sekadar melibatkan pengunjung atau memberikan informasi spesifik yang disesuaikan dengan mereka? Pengunjung akan merasa terhubung secara khusus ketika tawaran atau konten yang spesifik dan relevan disajikan kepada mereka.
• Evaluasi setiap kontak dalam database atau sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) Anda — Apakah informasi Anda terkini dan lengkap? Apa bagian dari informasi yang Anda miliki yang dapat digunakan untuk personalisasi?
• Jangan gunakan informasi sensitif — Hanya karena Anda memiliki informasi, tidak berarti Anda harus menggunakannya saat mempersonalisasi. Misalnya, melihat kisaran pendapatan Anda muncul di halaman web pasti akan mengecewakan.
Segmentasi adalah dasar dari pemasaran kontekstual. Saat Anda membagi pengunjung situs web menjadi beberapa segmen, Anda dapat menampilkan konten yang lebih relevan untuk setiap segmen audiens, yang membuat konten Anda jauh lebih kuat.

4. MENGINTEGRASIKAN OTOMASI PEMASARAN DAN ALAT CMS DENGAN CRM ANDA
Menurut survei pembeli B2B tahun 2021 di Demand Gen Report, 80% responden mengatakan bahwa konten online vendor memiliki dampak besar pada keputusan pembelian mereka. Ya, konten situs web Anda sangat penting selama perjalanan pembeli.
Tapi sungguh, tanpa dukungan struktural dan taktis yang tepat — biasanya dari sistem perangkat lunak yang andal — konten hebat akan terbuang percuma. Sebelumnya, kami menyebutkan membersihkan daftar kontak Anda di sistem CRM Anda, yang merupakan awal yang baik.
Namun, hidup Anda dapat dibuat jauh lebih mudah dengan mengotomatisasi tugas dan menggunakan alat yang secara efektif “berbicara” satu sama lain. Sistem manajemen konten (CMS) dan kemampuan otomatisasi pemasaran yang baik dapat berintegrasi dengan CRM Anda untuk memperkenalkan efisiensi pada upaya pemasaran, penjualan, dan layanan Anda.
Tangkap prospek situs web, bawa ke CRM Anda, dan lepaskan upaya otomatisasi Anda untuk mengirimkan konten khusus ke setiap prospek. Dengan membuat situs web Anda bekerja lebih keras untuk menghasilkan prospek, Anda memiliki dampak yang signifikan pada jalur penjualan Anda.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.