Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 TIPS MEMULAI BISNIS RAMAH LINGKUNGAN TAHUN 2022

The Best consultant business in Surabaya

4 TIPS MEMULAI BISNIS RAMAH LINGKUNGAN TAHUN 2022

Di era saat ini, membangun praktik bisnis ramah lingkungan adalah satu-satunya pilihan untuk bisnis yang berkelanjutan dan sukses. Perusahaan dan pelanggan global akhirnya memahami manfaat penggunaan sumber daya berkelanjutan dari inovasi yang tersedia dalam teknologi tenaga surya, mobil hemat bahan bakar energi, dan bahkan pengemasan cerdas untuk mengurangi limbah.
Konsumen sekarang, lebih dari sebelumnya, mencari perusahaan yang memasarkan diri mereka sebagai sadar lingkungan karena dampak negatif terhadap lingkungan dan ekonomi.
Menjadi ramah lingkungan bukan hanya tentang bertanggung jawab secara perusahaan, tetapi juga tentang berbuat lebih baik daripada merusak lingkungan. Ini juga menawarkan insentif keuangan bisnis dari pemerintah sambil meningkatkan pengembalian investasi jangka panjang. Ini adalah pendekatan yang sehat untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, keterlibatan, dan perilaku ramah lingkungan.
Jadi, apa yang bisa dilakukan perusahaan Anda untuk lebih ramah lingkungan?

Reduce
Ada banyak cara agar bisnis Anda dapat mengurangi limbah material di gudang. Pertama, beralih dari bahan kemasan tradisional ke produk yang biodegradable. Kedua, kurangi jumlah kemasan yang digunakan karena kemasan yang lebih sedikit mengurangi limbah. Dengan bobot yang lebih sedikit, ada efisiensi yang lebih tinggi, biaya pengiriman yang lebih sedikit, dan lebih sedikit energi yang dibutuhkan untuk memindahkan paket.
Penting untuk digarisbawahi bahwa meskipun sebenarnya terjangkau untuk menggunakan plastik sintetis, namun dampak ekonomi yang melekat akibat sampah plastik juga besar.
Mengambil tindakan sekarang dan beralih ke praktik ramah lingkungan akan menjadi pendekatan proaktif untuk bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab secara korporat.

Reuse and Recycle
Bagian dari menjadi ramah lingkungan adalah menggunakan kembali barang-barang sebanyak mungkin. Gudang dapat menggunakan kembali banyak bahan dan dapat sesederhana menggunakan kembali palet. Alih-alih menggunakan palet tali sekali pakai, beralihlah ke palet kayu atau plastik. Meskipun keduanya adalah pilihan yang baik – palet plastik berkualitas tinggi adalah pilihan yang lebih hijau karena dapat digunakan 80-100 kali sehingga palet kayu dapat digunakan 15-20 kali.
Palet ini tidak hanya bertahan lebih lama dan lebih ringan, tetapi juga membutuhkan lebih sedikit energi untuk bergerak. Memilih untuk mendaur ulang kemasan yang dikirimkan kepada Anda oleh pemasok menghemat uang dan mengurangi dampak lingkungan dari manufaktur. Penting untuk ditambahkan bahwa salah satu cara paling efisien untuk transisi yang mulus tidak sesederhana mengganti materi, tetapi mencakup kolaborasi yang terjalin dengan baik antara operasi internal dan tim pemasaran yang solid. Menetapkan strategi pemasaran kreatif dengan kampanye seperti insentif pelanggan untuk mengembalikan kemasan untuk digunakan kembali, atau tautan khusus/Kode QR di setiap kotak dengan ‘lacak’ iklan perjalanannya akan meningkatkan eksposur dan penjualan Anda.

Peralatan Hemat Energi
Dengan cara yang sama konsumen mencari mobil yang lebih hemat energi, manajer gudang dapat mengganti peralatan lama dengan peralatan hemat energi sesuai kebutuhan. Sebagian besar peralatan gudang, seperti forklift, menggunakan listrik atau minyak bumi. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda memeriksa galon per jam dan penggunaan watt sebelum melakukan pembelian. Mengikuti perawatan rutin juga memperpanjang umur banyak produk dan mengurangi pemborosan dengan tidak perlu sering melakukan upgrade serta mengisi daya peralatan listrik selama jam non-puncak juga akan mengurangi penggunaan energi dan menurunkan tagihan listrik Anda.

Go Paperless
Ini mungkin tampak sulit pada awalnya karena daftar pilihan dan slip pengepakan memerlukan kertas tetapi jika Anda dapat mempertimbangkan untuk pindah ke sistem manajemen pesanan tanpa kertas dengan POS dan slip pengepakan tanpa kertas, itu tidak hanya akan mengurangi waktu pemrosesan tetapi juga membuat logistik dan proses operasi lebih efisien. Dengan kemampuan untuk mengubah, mengedit, dan memperbarui informasi lebih cepat, tanpa kertas akan memungkinkan seluruh tim Anda melihat pembaruan langsung, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan akurasi pelacakan.
Untuk menghilangkan kebutuhan akan daftar pilihan tercetak, berinvestasilah di beberapa tablet murah, mudah digunakan, yang dapat digunakan pemetik untuk mengakses daftar pilihan mereka. Beri pelanggan Anda pilihan untuk menyimpan semuanya secara digital melalui akun online versus kertas, dan bekerja sama dengan vendor Anda untuk menerima faktur dan kredit secara digital. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.