Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 KEBIJAKAN PERUSAHAAN YANG HARUS ANDA MILIKI

The Best consultant business in Surabaya

5 KEBIJAKAN PERUSAHAAN YANG HARUS ANDA MILIKI

Kebijakan bagi perusahaan adalah aturan bagi para pemain permainan. Mereka adalah kerangka kerja dan batasan di mana setiap orang dapat berjuang untuk kesuksesan individu dan kolektif. Selain itu, bagi siapa saja yang telah menyaksikan beberapa anak bermain bersama, cukup jelas mengapa aturan itu penting. Dan mengapa itu ide yang baik untuk menuliskannya.
Terlalu banyak perusahaan, terutama usaha kecil, mengabaikan dasar-dasar tertulis cukup awal. Ada kecenderungan untuk percaya bahwa “perusahaan kami tidak membutuhkan mereka” dan instruksi lisan sudah cukup.
Segera setelah sebuah perusahaan mulai berkembang, batasan dari pendekatan ini menjadi jelas. Menempatkan kebijakan perusahaan secara tertulis membuatnya resmi. Karyawan tahu apa yang dianggap serius oleh perusahaan dan bagaimana mereka dapat terus mengetahui hak dan tanggung jawab mereka. Orang-orang bekerja lebih baik ketika mereka tahu di mana mereka berdiri.
Tidak ada yang ingin fokus pada hal negatif tetapi perselisihan dapat dan akan muncul. Memiliki aturan dasar yang ditetapkan dalam istilah yang paling jelas dan paling sederhana membantu membatasi kerusakan ketika mereka melakukannya. Dan jika perselisihan mengarah ke pengadilan, kebijakan tertulis dapat menjadi penting untuk memastikan hasil yang cepat dan adil. Berikut lima kebijakan perusahaan yang harus Anda tulis hari ini.

1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Ketentuan keselamatan kerja merupakan suatu keharusan bagi setiap orang yang memiliki atau menjalankan suatu usaha. Sangat penting bahwa karyawan Anda bekerja di tempat kerja yang sehat dan aman. Kecelakaan dan kondisi yang tidak aman dapat membawa Anda ke pengadilan. Jika Anda juga menghitung kerusakan reputasi dan hilangnya kepercayaan dari karyawan, rasa puas diri dalam hal keselamatan mungkin merupakan kesalahan terbesar yang pernah Anda buat. Kebijakan tertulis menunjukkan bahwa Anda menangani masalah ini dengan serius. Ini tentang lebih dari beberapa alat pemadam kebakaran. Kebijakan keselamatan kerja akan membantu Anda berpikir sistematis.

2. Kebijakan Kesempatan yang Sama
Menjadi pemberi kerja dengan kesempatan yang sama diamanatkan oleh undang-undang di sebagian besar negara. Kebijakan kesempatan yang sama ini melarang setiap perusahaan melakukan diskriminasi terhadap karyawan atau pelamar kerja berdasarkan “karakteristik yang dilindungi” (jenis kelamin, usia, ras, dll.). Ini sangat penting untuk kebijakan non-diskriminasi, anti-pelecehan, kekerasan di tempat kerja, dan keragaman. Ini juga dapat membantu bisnis Anda karena dua alasan: pertama, memperluas kumpulan orang untuk memilih pelamar terbaik untuk pekerjaan apa pun dan kedua, menciptakan lingkungan yang adil bagi karyawan untuk hidup berdampingan, bekerja, dan berkembang. secara tertulis akan mengirimkan pesan kepada semua orang bahwa kesempatan yang sama adalah kenyataan di perusahaan Anda.

3. Kebijakan Kode Etik Karyawan
Semua pemberi kerja memiliki harapan dari karyawan mereka dan kode etik langsung dapat memperjelas hal ini. Mengkomunikasikan harapan ini dengan jelas merupakan prasyarat untuk kepatuhan. Bahkan jika seorang karyawan memiliki niat baik dan bahkan jika beberapa hal cukup sederhana untuk diharapkan (seperti menyelesaikan tugas pekerjaan), kesalahpahaman mungkin masih terjadi. Salah satu cara untuk meminimalkannya adalah dengan memiliki kode etik tertulis yang akan mencakup elemen penting seperti kehadiran atau bahkan penggunaan media sosial. Aturan harus jelas dan dapat diakses. Karyawan dapat berkonsultasi dengan mereka setiap kali mereka tidak yakin tentang apa yang merupakan perilaku yang dapat diterima. Ini juga berarti bahwa ketika pekerjaan seseorang harus dihentikan, ada catatan yang tepat.

Baca juga artikel tentang : 7 Alasan Mengapa Perusahaan Wajib Memiliki SOP (Standard Operating Procedure)

4. Kebijakan Cuti
Untuk berbagai alasan mulai dari masalah kesehatan hingga rencana liburan, karyawan terkadang harus absen dari pekerjaan. Apakah itu diamanatkan oleh undang-undang atau tidak, selalu menguntungkan untuk memberi tahu karyawan Anda terlebih dahulu manfaat apa yang Anda tawarkan. Jenis cuti yang berbeda (cuti sakit, Cuti Berbayar, cuti hamil, cuti orang tua, dll.) adalah entitas yang terpisah dan mungkin memerlukan perlakuan yang berbeda. Memiliki semua ini secara tertulis, di samping aturan yang diperlukan untuk mengatur pengambilan cuti, adalah satu-satunya cara untuk memberi tahu karyawan secara memadai.

5. Kebijakan Tindakan Disiplin Karyawan
Kadang-kadang masalah akan muncul di tempat kerja dan menanganinya jauh lebih mudah dengan kebijakan disiplin yang jelas. Karyawan harus tahu bagaimana dan dalam keadaan apa mereka akan didisiplinkan. Proses langkah-demi-langkah standar akan membantu Anda memastikan perlakuan yang adil dan tepat, bahkan jika Anda tidak mengungkapkan seluruh prosedur secara formal. Ini juga akan menunjukkan bahwa Anda adalah majikan yang tidak menoleransi pelanggaran serius tetapi juga menghargai tindakan perbaikan dalam kasus pelanggaran ringan. Berhati-hatilah untuk berkonsultasi dengan pengacara untuk memastikan bahwa prosedur yang Anda lakukan sesuai dengan hukum.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.