Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PENGERTIAN DEADSTOCK DAN SOLUSI PENGELOLAANNYA

The Best consultant business in Surabaya

PENGERTIAN DEADSTOCK DAN SOLUSI PENGELOLAANNYA

Apa itu deadstock? Anda bertanya-tanya? Sederhananya, deadstock adalah persediaan yang tidak laku. Sayangnya, Deadstock adalah masalah umum dengan bisnis yang tidak menggunakan perangkat lunak manajemen inventaris apa pun. Akibatnya, produk yang tidak laku bisa bertahan lama di rak gudang dan akhirnya terlupakan. Deadstock tidak hanya menghabiskan banyak uang bagi bisnis, tetapi juga dapat menghabiskan ruang gudang yang berharga, yang jika tidak, dapat digunakan untuk menyimpan lebih banyak persediaan bisnis yang laris. Sayangnya, sebuah perusahaan tidak dapat menutup biaya barang-barang yang tidak terjual ini, baik yang diproduksi sendiri atau dibeli dari distributor lain. Jadi apa yang menyebabkan deadstock? Mengapa ini menjadi masalah bagi perusahaan Anda? Apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya? Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang deadstock dan tip teratas yang dapat Anda ikuti untuk mengelola inventaris usang Anda.

APA ITU DEADSTOCK?
Definisi deadstock cukup sederhana, di mana deadstock didefinisikan sebagai persediaan yang tidak dapat dijual. Ada berbagai alasan mengapa sebuah bisnis dapat menemukan dirinya mengatasi sejumlah besar deadstock, dari memesan atau membuat terlalu banyak barang hingga barang yang dipesan atau diproduksi tidak terjual seperti yang diharapkan. Barang rusak, sisa produk musiman, bahan kedaluwarsa, dan pengiriman yang salah semuanya dapat menjadi persediaan deadstock Anda juga. Barang yang paling cepat berubah menjadi deadstock biasanya yang mudah rusak, seperti makanan dan obat-obatan. Barang dagangan yang dikembalikan oleh pelanggan, bagaimanapun, tidak dihitung sebagai barang mati.

Baca juga artikel tentang : Teknologi Gudang Inovatif yang Perlu Anda Miliki

APA PENYEBAB UTAMA DEADSTOCK?
Ada banyak alasan mengapa perusahaan dapat menemukan masalah deadstock. Bahkan beberapa nama besar di retail sering menemukan deadstock inventory yang harus mereka jaga. Berikut adalah beberapa masalah utama yang dapat menyebabkan stok Anda terhenti:
1. Inkonsistensi Pesanan. Anda mungkin telah memesan terlalu banyak item sekaligus atau memesan pada waktu yang salah. Titik Pemesanan Ulang, Kualitas Pesanan Ekonomis, dan Rasio Perputaran Persediaan adalah perhitungan sederhana yang dapat Anda putar untuk mengikuti jadwal pemesanan yang lebih efektif. Rasio Perputaran Persediaan membantu Anda menghitung berapa hari yang dibutuhkan barang Anda untuk menghasilkan keuntungan. Setelah itu Anda perlu menentukan rasio omset Anda dan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan, barulah Anda kemudian dapat mendeteksi berapa kali Anda harus memesan dari distributor Anda.
2. Penjualan Buruk. Ketatnya oerasaingan mungkin menjadi alasan penjualan yang buruk, yang memaksa Anda untuk mempertimbangkan kembali strategi pemasaran dan penjualan Anda. Kitting dan bundling produk, penjualan online, dan diskon tinggi adalah beberapa strategi penjualan terkemuka yang dapat Anda gunakan untuk melepaskan siklus ini. Juga dikenal sebagai kitting, bundling produk dapat membantu Anda menyatukan produk yang bergerak lambat dan bergerak cepat, membentuk item baru dan menjualnya dengan harga yang berbeda – seringkali terjangkau. Meskipun diskon tinggi mungkin merupakan cara termudah dan paling menarik untuk mengelola persediaan deadstock, penjualan online adalah metode lain yang dapat membantu Anda menemukan pembeli untuk stok yang sulit dijual dan memulai basis pelanggan khusus.
3. Inventaris Cacat. Standar pemeriksaan kualitas juga diperlukan saat stok Anda tidak dibalik karena rusak. Anda dapat menghindari produk cacat yang masuk ke gudang Anda dengan menetapkan kriteria khusus untuk bahan baku dan item tertentu. Persyaratan kemasan, standar Batas Kualitas yang Diterima, dan spesifikasi produk dapat membantu Anda memastikan bahwa Anda menjual produk yang berkualitas tinggi dan layak. Spesifikasi produk mengacu pada dimensi fisik produk. Menetapkan persyaratan fisik untuk produk saat melakukan pemesanan dari vendor dapat membantu Anda membuat kriteria pemeriksaan kualitas. Jika ada barang yang tidak memenuhi persyaratan tinggi, panjang, atau berat yang telah Anda tetapkan, Anda dapat mengirim produk kembali ke distributor untuk mendapatkan penggantian. Ini akan membantu menciptakan perbatasan keamanan tingkat pertama dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk pemeriksaan berikutnya.

CARA MENGHINDARI DEADSTOCK
Tidak peduli ukuran, industri, dan model bisnis perusahaan, semua bisnis pasti akan mengalami deadstock cepat atau lambat. Namun, ada banyak cara agar Anda dapat mempelajari cara mengelola deadstock dan menyingkirkan inventaris rumit yang menahan keuntungan Anda secara efektif.
1. Evaluasi mengapa produk Anda tidak laku. Langkah awal untuk memahami mengapa produk Anda mengalami kondisi deadstock adalah mengevaluasi bagaimana Anda menjualnya. Apakah harga Anda lebih tinggi dari pesaing Anda? Apakah situs web Anda memiliki teks dan gambar yang jelas, transparan, dan dapat dipahami? Apakah produk mengikuti tren? Ulasan produk juga merupakan bukti sosial substansial yang membenarkan produk Anda. Jika ulasan yang diberikan oleh pelanggan Anda sebagian besar negatif, hal itu dapat menimbulkan kebingungan dan kekecewaan pada item tersebut.
2. Periksa untuk melihat apakah Anda memiliki opsi pembelian kembali.Opsi pembelian kembali adalah salah satu dari sedikit cara Anda dapat bergerak maju dari item deadstock. Tetapi, pertama-tama, Anda perlu memeriksa persetujuan Anda dengan pabrikan Anda. Sebagian besar waktu, produsen memberikan opsi pembelian kembali jika produk tidak diserahkan. Lagi pula, distributor Anda juga ingin merasa nyaman dan cukup percaya diri untuk memberikan inventaris yang dapat dipindahkan dan berkualitas tinggi kepada penjual.
3. Tahu kapan harus melepaskan. Menghadapi deadstock, meskipun kritis dan merusak, bukanlah akhir dari dunia. Beberapa merek yang paling sukses tahu kapan harus berhenti dan beralih dari produk yang sama sekali tidak berubah. Jadi, meskipun frustasi melihat bahwa Anda telah mengikat modal ke produk yang tidak menguntungkan begitu lama, penting juga untuk belajar dari kesalahan Anda dan melepaskannya dengan perspektif yang lebih cerdas dan lebih sadar.
4. Buat penawaran bundel, diskon, dan penurunan harga. Semua orang menyukai penawaran yang bagus, yang menjadikan produk bundel dan penjualan diskon sebagai opsi yang saling menguntungkan dalam menyingkirkan persediaan yang mati. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggabungkan item deadstock potensial dengan yang berkinerja lebih baik, serta membuat penawaran kilat online, diskon terbatas, dan penawaran khusus serupa. Meskipun Anda mungkin mengalami kerugian kecil dengan menjual produk yang berkinerja lebih baik dengan penurunan harga, Anda masih dapat menghasilkan ruang inventaris gratis untuk rentang produk yang lebih menguntungkan.
5. Jangan meremehkan kekuatan data. Persediaan deadstock adalah perangkap umum bagi pemilik bisnis untuk bersikap lunak dan emosional pada produk yang tidak laku. Selain itu, beberapa bisnis cenderung cenderung menjual produk yang sedang tren. Meskipun ini mungkin tampak menguntungkan pada awalnya, tren cepat ketinggalan zaman, meninggalkan bisnis dengan paket stok yang tidak terjual yang tidak lagi trendi. Mungkin tergoda untuk menimbun produk yang sedang tren dengan harapan akan terjual habis secara besar-besaran; namun, mendengarkan data daripada firasat sementara adalah cara yang jauh lebih efektif dan cerdas untuk menghindari deadstock.

Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.