Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MENJALIN KEDEKATAN DENGAN KARYAWAN

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MENJALIN KEDEKATAN DENGAN KARYAWAN

Keterlibatan karyawan dengan cepat menjadi salah satu kata kunci di tempat kerja dan sering digunakan untuk mengukur kepuasan kerja dan tingkat produktivitas. Karyawan saat ini tidak lagi tertarik untuk hanya muncul, melakukan tugas, dan pulang. Mereka ingin berinvestasi dan antusias dengan pekerjaan mereka, serta merasa terhubung dan dihargai oleh perusahaan mereka.
Seorang karyawan yang terlibat antusias dengan pekerjaan mereka dan secara aktif terlibat dalam mencapai tujuan dan minat bisnis. Mereka memiliki sikap positif tentang organisasi dan nilai-nilainya serta berkomitmen pada pekerjaan mereka.
Keterlibatan karyawan lebih dari sekadar karyawan yang senang dengan pekerjaan mereka. Ini tentang perasaan bangga dan terhubung dengan pekerjaan dan bisnis, yang seringkali menghasilkan kepuasan kerja, produktivitas, dan kualitas kerja yang lebih tinggi.
Karyawan yang terlibat berkomitmen untuk meningkatkan pekerjaan mereka dan perusahaan secara luas. Mereka tidak mungkin meninggalkan posisinya untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi atau jabatan yang lebih baik di perusahaan lain, yang mengurangi tingkat keluar masuk karyawan Anda.
Ketika karyawan dilibatkan, mereka lebih produktif, loyal, dan berkomitmen, yang pada gilirannya meningkatkan retensi karyawan, kepuasan pelanggan, dan kesehatan keuangan organisasi secara keseluruhan. Berikut ini beberapa kiat untuk membantu karyawan Anda merasa lebih terlibat dengan organisasi Anda.

1. Luangkan waktu untuk bersenang-senang.
Manusia tidak dirancang untuk menjadi mesin kerja. Gabungkan pengalaman ikatan yang menyenangkan yang memungkinkan karyawan Anda untuk bersantai dan melepaskan diri.

2. Tawarkan diskon unik untuk karyawan.
Manfaat kerja adalah cara yang bagus untuk membuat karyawan merasa bahwa perusahaan Anda menawarkan sesuatu yang istimewa. Ini bisa berupa diskon tiket olahraga atau konser, harga khusus karyawan untuk barang-barang yang dijual perusahaan Anda, atau penawaran perjalanan.

3. Jaga komunikasi tetap terbuka.
Peter Schoeman, pendiri dan CEO The Dog Adventure, mengatakan cara paling efektif untuk membuat karyawan Anda tetap fokus dan termotivasi adalah dengan berkomunikasi dengan mereka.
“Komunikasi yang efektif di tempat kerja merupakan elemen penting dari kemajuan bisnis,” katanya. “Tidak hanya meningkatkan keterlibatan karyawan dan keefektifan tim secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan hubungan. Komunikasi memastikan bahwa anggota tim memahami apa yang sedang mereka kerjakan dan mengapa.”
Untuk meningkatkan komunikasi, pertimbangkan untuk mengirimkan survei keterlibatan karyawan reguler untuk mengumpulkan umpan balik karyawan.

4. Kenali karyawan Anda.
Ini mudah – untuk menghargai dan mendukung karyawan Anda dengan sebaik-baiknya, Anda perlu tahu siapa mereka sebagai manusia.
“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengenal orang-orang Anda, dan meminta setiap manajer untuk mengenal orang-orangnya,” kata Jeremy Bedenbaugh, pendiri dan CEO ReCreate Solutions. “Kenali nama mereka, nama anak-anak dan hewan peliharaan mereka, nilai-nilai mereka, aspirasi mereka, dan hal-hal yang berpotensi menghalangi hal-hal itu. Tidak ada program, proses, atau pengganti untuk sekadar membangun hubungan dengan orang-orang Anda.”

5. Jelaskan bagaimana karyawan Anda berkontribusi.
Karyawan perlu mengetahui dengan tepat bagaimana mereka cocok dengan organisasi dan bagaimana kontribusi pekerjaan mereka terhadap tujuan keseluruhan. Tanpa memberikan wawasan itu, Anda mempertaruhkan pekerja Anda merasa seolah-olah mereka adalah roda penggerak yang tak terlihat, melakukan pekerjaan yang tidak dihargai siapa pun. Anda mungkin ingin membuat diagram alur atau grafik yang menunjukkan bagaimana pekerjaan setiap karyawan berdampak pada orang lain dan perusahaan secara luas.

6. Prioritaskan keseimbangan kehidupan kerja.
Sekali lagi, menunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda menghargai mereka sebagai orang adalah salah satu cara paling penting untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Ini berarti mendorong dan mencontohkan keseimbangan kehidupan kerja yang kuat, dengan banyak cuti berbayar, jam kerja yang wajar, dan fleksibilitas. Bekerja dengan karyawan Anda secara individual untuk memastikan kebutuhan keseimbangan kehidupan kerja mereka terpenuhi.

7. Bersikaplah terbuka dan transparan.
Jauh lebih mudah bagi karyawan untuk terlibat dengan perusahaan ketika mereka tahu apa yang sedang terjadi, baik dan buruk. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus setransparan mungkin dengan karyawan Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda cukup mempercayai dan menghargainya untuk membuat mereka tetap mengikuti perkembangan organisasi.

8. Menawarkan fasilitas kesehatan.
Saat memikirkan tentang keuntungan yang akan ditawarkan, cobalah untuk menghindari klise – seperti meja pingpong yang mungkin digunakan sekali di bulan biru – dan fokuslah pada yang benar-benar bermanfaat bagi karyawan Anda. Ini dapat mencakup kemampuan untuk bekerja dari rumah setidaknya beberapa hari seminggu, makan siang dengan katering sekali seminggu, atau kelas yoga.

9. Tawarkan peluang pertumbuhan.
Salah satu cara utama untuk melibatkan tim Anda adalah dengan memberikan budaya perusahaan yang berorientasi pada pertumbuhan. Banyak karyawan mencari padang rumput yang lebih hijau ketika mereka merasa puas diri dan terjebak dalam peran yang tampaknya tidak lagi memberikan peluang untuk peningkatan. Inilah sebabnya mengapa manajer harus mengawasi anggota tim mereka dan, saat mereka melanjutkan pendidikan atau menambah keahlian mereka, menawarkan lebih banyak tanggung jawab atau bahkan membantu memfasilitasi perpindahan ke peran yang berbeda.

10. Tawarkan pelatihan dan pendampingan.
Dengan menghubungkan karyawan dengan karyawan lain di perusahaan yang memiliki keahlian untuk dibagikan, Anda dapat membuka jalur komunikasi dan pembelajaran dalam lingkup perusahaan Anda. Coaching dan mentoring dapat membantu karyawan Anda memetakan karir mereka, mengembangkan keterampilan mereka dan menjadi lebih inovatif.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp