Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MENGURANGI KERUSAKAN BARANG DALAM GUDANG PENYIMPANAN

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MENGURANGI KERUSAKAN BARANG DALAM GUDANG PENYIMPANAN

 

Kerusakan inventaris adalah masalah besar dalam bisnis gudang. Kerusakan produk menyebabkan kerugian pendapatan yang signifikan bagi semua orang yang terlibat dalam industri penyimpanan dan transportasi.

Anda mungkin mengira produk yang rusak tidak dapat dihindari dan menjadi bagian dari biaya menjalankan bisnis. Sayangnya, tidak peduli seberapa baik perusahaan itu dikelola, pernyataan itu agak benar. Kecelakaan dapat terjadi, tetapi Anda masih bisa berupaya untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja yang merusak inventaris dan terkadang melukai pekerja.

Pencegahan kerusakan dalam rantai pasokan merupakan prioritas utama bagi pengelola gudang dan operator transportasi. Mereka berusaha keras untuk mengurangi biaya menjalankan bisnis dengan melihat akar penyebab insiden di mana produk akan didevaluasi atau ditiadakan. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa cara untuk mengurangi kerusakan produk dalam gudang.

Mengambil langkah kecil untuk mengurangi kerusakan produk di gudang Anda dapat dilakukan dengan mudah. Ini dimulai dengan mengidentifikasi penyebab kerusakan inventaris gudang dan membuat rencana terkonsentrasi untuk menghilangkan bahaya yang menyebabkan kerugian Anda. Hampir semua kerusakan stok berharga terjadi selama pergerakan dalam rantai pasokan.

Kerusakan terjadi karena dua alasan utama. Salah satunya adalah barang yang dikemas dan disimpan secara tidak benar. Yang lainnya adalah kesalahan penanganan oleh pekerja atau peralatan yang digunakan dalam perjalanan.

Meskipun ini adalah dua faktor permukaan utama yang menyebabkan kerusakan produk, ada banyak kontributor yang mendasari masalah tersebut. Di sinilah Anda perlu menggali lebih dalam dan menemukan masalahnya. Anda perlu mengambil tujuan tertentu untuk menghilangkan risiko dan mengembalikan imbalan finansial. Butuh waktu, energi, dan investasi dalam modal keuangan dan sumber daya manusia. Keuntungan Anda akan naik dan begitu juga peringkat persetujuan pelanggan Anda.

Berinvestasi dalam Peralatan Penanganan Material yang Sesuai

Membuat keputusan pembelian seperti ini bisa menjadi pil yang sulit untuk ditelan. Ada biaya hari pertama yang perlu dipertimbangkan, ditambah harga perawatan, dan modifikasi di masa mendatang. Namun, Anda akan menghargai ROI peralatan penanganan material dalam bentuk lebih sedikit cedera di tempat kerja dan lebih sedikit contoh produk yang rusak.

Ikuti tur fasilitas Anda untuk mencari tahu di mana karyawan terlalu memaksakan diri atau mengekspos barang dagangan pada risiko. Cari tempat di mana konveyor akan membuat segala sesuatunya lebih aman atau lebih efisien. Apakah masuk akal untuk menambahkan inverter palet? Adakah tempat di gudang Anda di mana kerekan adalah pilihan terbaik untuk memindahkan barang berat? Bahkan hanya menyediakan jack palet di area yang ditentukan dapat meningkatkan keselamatan dan membatasi risiko kerusakan produk.

Memberikan Perlindungan Lebih Baik saat Racking

Tidak jarang produk mengalami kerusakan saat disimpan di rak. Baik itu penanganan yang ceroboh selama penyimpanan atau karena sikat dengan forklift atau pemetik pesanan, rak Anda sangat rentan, dan begitu pula produk di dalamnya. Inilah yang perlu diketahui tentang pemerasan:

  • Pertimbangkan berat dan bentuk saat mendesain racking:Mungkin Anda sedang merancang fasilitas baru atau Anda sedang menabung uang Anda untuk desain ulang. Ketika datang untuk membeli rak penyimpanan baru, pertimbangkan kebutuhan Anda saat ini dan masa depan. Rak yang tidak sesuai dengan produk di dalamnya menyebabkan barang-barang yang menggantung di jalan lalu lintas dan, oleh karena itu, dapat merusak.
  • Pasang perlindungan rak di area kritis:Ada beberapa peralatan penting yang dapat Anda beli untuk melindungi gudang dan inventaris Anda dari kerusakan. Pelindung kolom harus dimiliki di area di mana kendaraan melakukan perjalanan secara teratur. Opsi lainnya termasuk pelindung lorong, pelindung rak, dan penyangga palet – semuanya dirancang untuk menyimpan produk di tempatnya dan mencegah situasi yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahaya bagi seseorang yang bekerja di bawah.

Tentu saja, beberapa jenis tindakan pencegahan tidak dapat dibeli. Untuk yang lainnya, ada keterlibatan dan pelatihan karyawan.

Libatkan Karyawan dalam Budaya Keselamatan

Manfaat melatih karyawan tentang keselamatan datang dengan pengurangan risiko cedera diri dan kerusakan produk. Tidak setiap insiden di tempat kerja melibatkan kerusakan pada manusia dan barang dagangan yang dapat dijual – tetapi pasti ada tumpang tindih.

Misalnya, kursus penyegaran berkala yang sama yang Anda lakukan pada operator forklift Anda tidak hanya membuat mereka lebih aman di kontrol – itu juga akan mengurangi jumlah barang dagangan yang harus Anda buang sebagai kerusakan tambahan dalam insiden di tempat kerja.

Bagian lain dari menjaga budaya keselamatan adalah tentang mengetahui batasan karyawan Anda. Produk rusak, dan orang terluka, ketika karyawan didorong melampaui harapan yang masuk akal. Jika Anda menemukan karyawan Anda merusak produk saat bekerja atau terluka, dan masih kurang dari harga pick and stow Anda, itu pertanda Anda perlu memperlambat dan berkomitmen kembali pada keselamatan.

Desain Ulang atau Retrofit Fasilitas Anda

Kapan banyak kecelakaan kerja terjadi? Dalam banyak kasus, saat visibilitas kami terganggu. Desain gudang yang lebih baru cenderung menggabungkan pencahayaan overhead yang kuat namun hemat energi, seringkali disesuaikan dengan sensor gerak untuk mencapai penghematan energi. Jika fasilitas Anda sendiri telah hilang tanpa melihat pencahayaan, Anda mungkin akan terkejut dengan perbedaan yang dapat dibuat oleh peningkatan dalam moral, keamanan, dan penanganan produk yang efektif.

Pencahayaan yang lebih iluminatif dapat membantu mengurangi kesalahan penanganan yang menyebabkan penurunan dan benturan pada barang dagangan. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa pencahayaan yang lebih bersih juga mengurangi kesalahan pengemasan dan pelabelan. Ketika karyawan di lapangan dan mereka yang mengoperasikan mesin yang lebih berat dapat melihat sekeliling mereka dengan lebih jelas, mereka merasa lebih percaya diri. Itu berarti lingkungan yang lebih aman bagi karyawan dan produk.

Semoga artikel ini bermanfaat, anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai layanan kami di warehouse sistem manajemen, silahkan hubungi https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda. Atau info lain bisa dilihat di inspirasi bisnis https://bit.ly/Groeduinspirasibisnis

 

 

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp