Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TIPS MEMILIH SALURAN DISTRIBUSI YANG POTENSIAL

The Best consultant business in Surabaya

TIPS MEMILIH SALURAN DISTRIBUSI YANG POTENSIAL

Saluran pasokan terdiri dari tiga struktur. Di salah satu ujung saluran adalah industri manufaktur. Industri manufaktur berfokus pada produksi, pengembangan produk, dan proses distribusi. Dalam hal ini titik penyaluran adalah peritel yang menjual barang dan jasa secara langsung kepada pelanggan akhir sebagai penggunaan pribadi dan non-bisnis. Di antara keduanya terletak sebuah proses yang disebut distribusi. Salah satu yang terlibat dalam proses distribusi. Ketersediaan produk, kemudahan akses, dan cara mencapai pelanggan akan memengaruhi permintaan di berbagai tingkatan. Saluran distribusi berperan sebagai elemen kunci dalam strategi pemasaran produk. Mereka membantu Anda menjangkau pelanggan dengan cara memaksimalkan pendapatan dan kesadaran merek Anda. Oleh karena itu, saluran distribusi juga dapat disebut sebagai seperangkat perantara yang saling bergantung yang membantu membuat produk tersedia bagi pelanggan akhir.

Fungsi Saluran Distribusi
Untuk memahami pentingnya saluran distribusi, Anda perlu memahami bahwa itu tidak hanya menjembatani kesenjangan antara produsen suatu produk dan penggunanya. Saluran distribusi menyediakan waktu, tempat, dan utilitas kepemilikan. Mereka menyediakan kapan, di mana, dan jumlah produk yang diinginkan pelanggan. Namun selain fungsi transaksional ini, saluran pemasaran juga bertanggung jawab untuk melakukan fungsi-fungsi berikut:

• Logistik dan Distribusi Fisik. Saluran distribusi bertanggung jawab untuk perakitan, penyimpanan, penyortiran, dan pengangkutan barang dari produsen ke pelanggan.
• Fasilitator. Saluran distribusi bahkan menyediakan layanan pra-penjualan dan pasca-pembelian seperti pembiayaan, pemeliharaan, penyebaran informasi, dan koordinasi saluran.
• Menciptakan Efisiensi. Ini dilakukan dengan dua cara yaitu pemecahan massal dan menciptakan bermacam-macam. Pedagang grosir dan pengecer membeli barang dalam jumlah besar dari pabrikan tetapi sebagian besar barang tersebut akan dijual sedikit demi sedikit ke banyak saluran atau pelanggan lainnya. Mereka juga menawarkan berbagai jenis produk di satu tempat yang sangat bermanfaat bagi pelanggan karena mereka tidak harus mengunjungi pengecer yang berbeda untuk produk yang berbeda.
• Pemasaran. Saluran distribusi juga disebut saluran pemasaran karena merupakan salah satu titik sentuh inti di mana banyak strategi pemasaran dijalankan. Mereka berhubungan langsung dengan pelanggan akhir dan membantu produsen dalam menyebarkan pesan merek dan manfaat produk serta manfaat lainnya kepada pelanggan.

Pemilihan saluran pemasaran yang sempurna tidaklah gampang. Ini adalah salah satu dari beberapa keputusan strategis yang dapat mengembangkan atau menghancurkan perusahaan anda. Meskipun penjualan langsung menghilangkan biaya perantara dan memberikan lebih banyak kendali di tangan pabrikan, hal itu menambah beban kerja internal dan meningkatkan biaya pemenuhan. Berikut ini ada beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih saluran distribusi.

Karakteristik Pasar
Ini termasuk jumlah pelanggan, lokasi geografis mereka, kebiasaan membeli, selera dan kapasitas dan frekuensi pembelian, dll. Dalam kasus pelanggan yang secara geografis tersebar atau bertempat tinggal di negara yang berbeda, produsen disarankan untuk menggunakan saluran tidak langsung. Pola pembelian pelanggan juga mempengaruhi pilihan saluran distribusi. Jika pelanggan berharap untuk membeli semua kebutuhan mereka di satu tempat, penjualan melalui pengecer yang menggunakan bermacam-macam produk lebih disukai. Memahami perilaku konsumen sangat penting untuk menentukan saluran pemasaran yang paling efektif untuk bisnis.

Karakteristik Produk
Hal ini memainkan peran utama dalam memilih saluran distribusi untuk mereka. Barang yang mudah rusak seperti buah-buahan, sayuran, dan produk susu tidak dapat menggunakan saluran yang lebih lama karena dapat lenyap saat transit. Produsen barang-barang ini sering memilih saluran distribusi langsung atau tingkat tunggal. Sedangkan, barang yang tidak mudah rusak seperti sabun, pasta gigi, dll. Membutuhkan saluran yang lebih panjang karena mereka perlu menjangkau pelanggan yang tinggal di daerah yang secara geografis beragam.

Karakteristik Persaingan
Pilihan saluran distribusi juga dipengaruhi oleh saluran yang dipilih oleh pesaing di pasar. Biasanya, perusahaan cenderung menggunakan saluran yang sama seperti yang digunakan oleh pesaing. Tetapi beberapa perusahaan, untuk menonjol dan menarik bagi konsumen, menggunakan saluran distribusi yang berbeda dari pesaing.

Demikian informasi terkait beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam memilih saluran distribusi. Apabila anda membutuhkan informasi lebih detil atau membutuhkan pendampingan dalam pemilihan saluran distribusi yang pas untuk bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami konsultan Manajemen Autopilot siap membantu anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp