Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

THAILAND MULAI MASUK KE INDONESIA, SIAPKAH KITA? EFEKTIFKAH MANAJEMEN KITA?

The Best consultant business in Surabaya

THAILAND MULAI MASUK KE INDONESIA, SIAPKAH KITA? EFEKTIFKAH MANAJEMEN KITA?

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke beberapa perusahaan yang berasal dari Thailand. Satunya adalah perusahaan Frozen food, satunya lagi pabrik pelengkap masakan yaitu perusahaan SANTAN. Ahoi, sepertinya mereka datang begitu cepat diluar perkiraan, sebab Indonesia kayaknya masih tenang-tenang saja melihat datangnya perusahaan-perusahaan asing yang mulai bercokol di Bumi ini. Serta yang paling perihatin, perusahaan di Indonesia khususnya yang familiy bisnis, kurang agresif dalam perbaikan manajemennya. Kedua perusahaan dari Tahiland tersebut kebetulan klien software accounting dan manufacturing kami, yang begitu cepat adaptasi untuk perbaikan manajemen yang dimiliki. Sementara itu untuk perusahaan di Indonesia, mana tahan!

Beberapa kejadian sudah menimpa beberapa perusahaan dimana uangnya ditilep oleh bagian kasirnya sampai 620 juta. Seperti tidak disangka dan dinyana, kasir yang berartribut keagamaan itu dapat mencuri uang majikannya. Yang menjadi kekuatiran kita adalah sejauh mana perusahaan tersebut sistem manajemennya. Kok bisa dibobol karyawan sendiri, apakah tidak ada sistem kontrol dari suatu tools agar semua bagian di perusahaan bisa dikunci dan dipass word, agar pencatatan tidak bisa dimainkan.

Dalam beberapa pertemuan dengan beberapa pebisnis, mereka sangat pelit mengeluarkan uang hanya sampai ratusan juta saja untuk pembelian software akuntansi, sementara kalau dicuri oleh karyawan 620 juta, kepala langsung puyeng. Memang resiko kadang tidak pernah terpikir kalau belum kejadian, tetapi kalau sudah kejadian maka menyesalnya bukan main. Tapi itu terlambat!

Beberapa pengalaman customer/klien yang sudah merasakan manfaat memakai tools dalam perusahaannya mengatakan, ia sudah bisa tidur dengan nyenyak bahkan bisa jalan-jalan keluar negeri karena di perusahaan sudah ada sistem yang bisa dipantau melalui internet. Aha! luar biasa. Ini benar-benar perusahaan yang manajemennya sudah autopilot. Tidak perlu ditunggui tetapi perusahaan sudah bisa jalan dengan sendirinya. Apa rahasianya? Mungkin langkah-langkah di bawah ini rahasianya.

  1. Buat perusahaan memiliki sistem yang baku. Apabila belum baku panggil ahli yang bisa membatu agar perusahaan memiliki sistem yang baku.
  2. Pakai software accounting atau manufacturing atau software solusi bisnis lainnya agar perusahaan dapat bekerja secara efektif.
  3. Buat dasboard seperti speedo meter sepeda motor yang bisa dilihat kecepatan jalannya. Begitu pula perusahaan bisa kelihatan sejauh mana kecepatan jalannya dari dasbord tersebut. Kalau tidak bisa lakukan ini panggil ahlinya untuk membantu.

Tiga poin ini sangat PENTING DILAKUKAN untuk menyosong persaingan yang semakin ketat, seperti datangnya perusahaan-perusahaan dari Thailand tersebut. Jangan ketinggalan, dan  baru menyadari ketika semuanya sudah terlambat. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai 3 poin di atas dan ingin mendapatkan caranya, kunjungi web :www.konsultanbisnissurabaya.com atau email ke groedu@gmail.com atau kontak ke 0818521172.

 

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp