Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

TANTANGAN BISNIS KELUARGA DAN CARA MENGATASINYA

The Best consultant business in Surabaya

TANTANGAN BISNIS KELUARGA DAN CARA MENGATASINYA

Profesi sebagai wirausahawan memang menggiurkan, selain memiliki aset masa depan, juga turut dalam mensejahterakan beberapa orang sebagai karyawan. Meski memang begitu, jalan yang ditempuh untuk meraih sukses dalam berbisnis atau berwirausaha tidaklah mudah, tak terkecuali bisnis apapun itu. Terdapat berbagai tantangan yang perlu dihadapi dengan menerapkan strategi jitu agar mampu meraih kesuksesan. Pada kesempatan kami ini, tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan Manajemen Outopilot yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya) akan membahas bagaimana menyelesaikan beberapa tantangan dalam bisnis keluarga.
Membina sebuah bisnis dalam keluarga bagi beberapa orang merupakan pilihan yang tepat. Dengan anggota keluarga yang mengisi struktur bisnis dapat mengembangkan bisnis ke level lebih tinggi dan lebih sukses. Meski begitu, dalam bisnis keluarga pun tidak sepenuhnya lancar. Akan terdapat beberapa kendala unik yang perlu anda hadapi. Berikut bebeapa kendala dalam bisnis keluarga dan cara mengatasinya.

Menetapkan Batasan
Ini adalah tantangan yang paling umum dalam bisnis keluarga. Dimana suami dan istri, anak dan ayah, atau kakak dan adik harus bersikap profesional jika berada dalam lingkungan tempat berbisnis. Baik itu sikap ataupun ucapan, akan kembali seperti semula jika sudah berada dirumah. Misal jika dirumah anda memanggil kakak anda dengan sebutan “kakak”, namun jika kakak anda dalam bisnis keluarga anda menjadi atasan anda maka anda harus memanggilnya dengan sebutan “pak atau bos” jika sedang berada dalam lingkungan bisnis. Begitupun dengan setiap anggota keluarga anda. Namun bukan berarti itu adalah sikap sombong atau kurang terpuji, namun jika dalam area bisnis anda harus bersikap profesional dan sadar diri. Sehingga menjadi panutan yang baik untuk karyawan yang lain.

Baca juga : manajemen autopilot untuk perusahaan family bisnis, bisakah berjalan?

Lihat Berbagai Hal Dari Berbagai Sudut Pandang
Dalam bisnis terkadang akan terjadi perbedaan pendapat tentang sebuah kebijakan atau strategi didalamnya. Perbedaan pendapat yang tidak terkendali tentu akan menyebabkan masalah yang berakibat fatal untuk bisnis anda, tak terkecuali bisnis keluarga. Bekerja dengan keluarga akan terasa sangat menguntungkan dan menyenangkan namun terkadang terjadinya perbedaan pendapat tidak bisa terelakkan. Sehingga satu-satunya cara yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan melihat berbagai hal pendapat dari berbagai sudut pandang. Lihat dengan seksama segala keuntungan dan kerugian dari berbagai sudut pandang tersebut. Dan tentukan kesimpulan yang bijak.

Pertempuran Oleh Dendam
Sebuah praktik terbaik dalam keluarga yang ingin berbisnis bersama adalah untuk tidak pernah melakukan apa pun yang akan menimbulkan kebencian atau memengaruhi hubungan masing-masing pribadi. Tetapkan waktu yang berkualitas bersama seluruh anggota keluarga anda. Dan tetapkan agar tidak ada topik bisnis apapun dalam waktu itu. Hal ini akan mengurangi ketegangan dalam keseharian pada aktivitas berbisnis. Banyak waktu yang bisa anda tentukan untuk moment ini, moment tanpa bisnis, misal saat makan malam.

Komunikasi
Sebagai anggota keluarga yang setiap hari bersama, pasti suatu masa akan timbul pemikiran bahwa anda akan mengerti segalanya tentang mereka. Anda bisa menyimpulkan apa yang ada dalam pikiran keuarga anda tanpa harus bertanya pada mereka. Jika anda selalu berpikir seperti ini, solusi yang tepat jika anda segera mengakhirinya. Pemikiran seperti itu akan berbahaya untuk keberlangsungan bisnis anda. Jika pemikiran anda salah, maka yang ada hanya lah sifat benci oleh keluarga anda. Tentu ini sangat mengancam berjalannya bisnis keluarga anda. Oleh karea itu, meski anda adalah sebuah keluarga namun sangat penting bagi anda untuk senantiasa berkomunikasi agar dapat menyelesaikan masalah bersama.

Demikian artikel ini dari kami. Terimakasih karena sudah berkunjung ke website kami dan semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam membuat bisnis plan, atau bimbingan membangun sebuah bisnis startup, membangun manajemen autopilpot di perusahaan dan training-training Sales & marketing. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami siap membantu.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp