Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

STRATEGI PEMASARAN CERDAS UNTUK BISNIS HANDMADE

The Best consultant business in Surabaya

STRATEGI PEMASARAN CERDAS UNTUK BISNIS HANDMADE

Apakah anda ingin memulai sebuah bisnis kecil dengan modal yang kecil namun memiliki keuntungan yang sangat besar? Bisnis handmade adalah salah satu jenis bisnis kreatif yang bisa Anda coba. Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu untuk berfikir lebih kreatif untuk bisa menarik konsumen. Pada hari ini kami akan memberikan beberapa strategi untuk memulai bisnis handmade di rumah anda. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk memulai bisnis handmade.

Target Pasar
Banyak orang yang membuat produk handmade terlebih dulu tanpa tahu siapa target konumen yang akan mereka incar untuk menjajakan produk mereka. Padahal, langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis adalah menentukan siapa saja target konsumen yang dikira paling cepat mendatangkan lead. Dengan menentukan target pasar terlebih dulu, risiko produk tidak laku karena pasar akan lebih sedikit jumlahnya.
Menentukan target pasar secara detail sebelum membuat produk adalah kunci untuk meningkatkan kualitas dari bisnis itu sendiri. Sebelum menentukan target pasar, Anda harus coba menjawab beberapa pertanyaan seperti siapa pelanggan ideal? Laki-laki atau perempuan? Apa hobi mereka? Berapa usianya? Berapa penghasilannya? Setelah menjawab semua pertanyaan tersebut, tulis jawaban dan bayangkan karakter apa yang sesuai dan apa keinginan mereka?

Produk Handmade
Setelah mengetahui karakter dan keinginan pelanggan, Anda bisa menentukan produk apa yang kira-kira mereka cari dan mereka perlukan Misalnya, pelanggan Anda adalah seorang perempuan usia 15-25 tahun yang menyukai kegiatan diluar ruangan, Anda dapat membuat produk handmade aksesoris yang cantik dengan tema outdoor activity.
Setelah menentukan produk, Anda harus memastikan apakah produk tersebut sebenarnya dierlukan oleh para konsumen atau tiidak. Bagaimana caranya? Buatlah contoh produk dalam bentuk gambar ataupun barang jadi, dan lakukan survey tentang produk yang akan Anda jual kepada beberapa orang sesuai karakter yang telahanda survey.
Untuk memudahkan proses tersebut, Anda dapat menanyakan hal tersebut ke orang-orang terdekat anda seperti keluarga, teman, dan orang yang memiliki hubungan erat dengan anda. Mintalah pendapat mereka secara jujur agar anda bisa mengerti apa Saja yang perlu ditingkatkan pada produk anda.

Konsep Branding
Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat konsep branding yang tepat bagi target pasar yang telah Anda survey dan sudah anda patikan untuk memulai operasi pemasaran produk. Cobalah mulai membuat logo bisnis dan materi branding lain seperti website, social media. Setelah membuat konsep branding, Anda juga harus memikirkan proses produksi dari produk handmade tersebut. Anda harus mempelajari cara membuatnya sesuai dengan permintaan pasar dan pastikan Anda mempunyai supplier material untuk membuat produk handmade tersebut.

Memulai Bisnis
Langkah terakhir yang anda perlu lakukan yaitu memulai bisnis itu sendiri. Di tahap ini, Anda harus melakukan pemasaran secara luas dan menyebarkan informasi produk yang akan dijajakan kepada seluruh target konsumen, Dan berilah informasi mengenai bisnis Anda telah dibuka kepda para calon konsumen. Mulailah pasarkan bisnis kepada teman dekat Anda dan minta mereka untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang terdekat. Selain itu, cobalah pasarkan bisnis Anda melalui website dan social media seperti Facebook, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memasarkan bisnis Anda melalui marketplace yang ada di Indonesia.

Baca juga artikel tentang :  7 Tantangan Dalam Menulis Rencana Bisnis

Itulah 4 langkah mudah memulai bisnis handmade yang sudah kami jelakan di artiekl atas pada hari ini. Perlu diingat, bisnis handmade akan bertahan dan berkembang karena kemampuan berfikir kreatif yang tinggi. Untuk itu, cobalah terus ikuti perkembangan zaman untuk menciptakan inovasi baru yang menarik dalam memproduksi produk buatan sendiri.
Selain membuat inovasi, Anda juga harus dapat mengatur keuangan bisnis dengan hati hati. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda akan lebih mudah meningkatkan kualitas bisnis dengan strategi yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp