Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

STRATEGI DAN WAWASAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL B2B YANG PERLU ANDA KETAHUI

The Best consultant business in Surabaya

STRATEGI DAN WAWASAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL B2B YANG PERLU ANDA KETAHUI

Menurut laporan tahunan Social Media Examiner’s, 88% dari semua pemasar mengatakan upaya media sosial menghasilkan lebih banyak eksposur untuk bisnis mereka, dan 79% melaporkan peningkatan lalu lintas sebagai manfaat utama kedua.
Pertanyaan besar yang secara alami muncul dari angka-angka ini adalah, “Apakah pemasar B2B yang menggunakan media sosial dengan benar benar-benar mencapai hasil yang lebih baik?”
Apakah Pemasaran Media Sosial Relevan Untuk Perusahaan B2B?
Berikut adalah empat alasan utama kami mengapa B2B harus memanfaatkan media sosial:

1. Calon klien + mitra ada di media sosial
Meskipun perusahaan B2B mungkin tidak menjual produk fisik yang dapat dengan mudah dipamerkan, Anda masih memiliki audiens target yang aktif di media sosial. Media sosial adalah kesempatan untuk mengekspresikan nilai-nilai Anda, mempromosikan tanggung jawab sosial Anda, menjalin hubungan dengan klien, dan memamerkan kemampuan Anda.
Sosial juga berfungsi sebagai alat bisnis dalam aspek di mana Anda dapat berkolaborasi silang dengan mitra bisnis Anda untuk mendorong kesadaran dan mengembangkan hubungan yang bermakna.
Menurut Riset Pemasaran Media Sosial B2B oleh Omobono, dalam survei terhadap 115 spesialis pemasaran dalam peran B2B, Omobono menemukan bahwa 79% menilai media sosial sebagai saluran pemasaran paling efektif, dengan 38% mencatat bahwa jika mereka memiliki anggaran ekstra untuk tahun depan , mereka akan menghabiskannya di media sosial.

2. Anda dapat membangun merek dengan berinteraksi langsung dengan konsumen Anda
Seperti yang disebutkan sebelumnya, media sosial memberikan peluang bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen dan mitra mereka. Ini berarti bahwa tim Anda dapat memberikan dukungan kepada mereka yang mungkin memiliki pertanyaan atau masalah dan ingin didengarkan.
Memiliki dukungan pelanggan yang tersedia melalui media sosial memungkinkan konsumen untuk segera dan langsung berinteraksi dengan seseorang yang mereka kenal akan membantu memecahkan masalah mereka dan memperdalam apresiasi mereka terhadap merek. Ini hanyalah salah satu dari banyak alasan mengapa perusahaan harus menggunakan media sosial untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung area lain dari bisnis mereka.
Menurut Richard Branson, platform sosial tidak lagi menjadi tambahan anggaran komunikasi bisnis; mereka harus menjadi pusat strategi pemasarannya, dan digunakan dalam koordinasi dengan upaya pemasaran lainnya.

3. Akun sosial mendorong kesadaran dan penjualan
Media sosial memberi merek Anda suara; ia memiliki kekuatan untuk menjadikan Anda sebagai pemimpin pemikiran di ceruk pasar Anda. Berbagi ide Anda dan memotivasi audiens Anda mengarah ke koneksi dan kemitraan baru.
Ini juga mengarah pada menjangkau audiens baru sama sekali. Media sosial adalah salah satu cara termudah untuk menyebarkan dan menciptakan kesadaran merek. Yang sebagai imbalannya, juga mempromosikan penjualan. Bagaimana, Anda mungkin bertanya? Sosial dapat digunakan untuk mengidentifikasi prospek dengan memanfaatkan data platform yang mengungkapkan pengguna yang sebelumnya telah menunjukkan minat pada apa yang disediakan perusahaan Anda.
Keuntungan sosial lainnya adalah bagaimana Anda menggunakan saluran juga memungkinkan Anda fleksibilitas untuk memposisikan perusahaan Anda; alat ini harus digunakan sebagai pengungkit untuk mengembangkan strategi Anda berdasarkan setiap audiens tertentu.
Menurut sebuah studi Hootsuite, 90% merek ingin membangun kesadaran merek melalui media sosial. 77% dari mereka menggunakannya untuk menjaga reputasi merek, sementara 71% dari mereka menggunakannya untuk membangun dan mengelola komunitas yang terlibat.

Baca juga : Dasar-dasar Penjualan B2B yang Sering Terlupakan

4. Media sosial dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda
Alasan utama lainnya mengapa perusahaan B2B harus aktif di media sosial adalah untuk mendorong lalu lintas ke situs web Anda. Profil sosial digunakan sebagai cara untuk mengotentikasi bisnis untuk beberapa konsumen sehingga memiliki profil yang lengkap dapat menjadi faktor pendorong untuk mendorong konsumen ke situs web Anda.
Strategi yang Anda terapkan di sini juga penting karena untuk memaksimalkan lalu lintas, konten yang Anda dorong terkadang perlu berkorelasi langsung dengan situs Anda. Beberapa contohnya adalah membagikan buletin atau posting blog Anda dan menautkan kembali ke situs web Anda.
87% pemasar mengatakan manfaat SocialMedia adalah meningkatkan lalu lintas web, menurut Penguji Media Sosial melalui Institut Pemasaran Konten.

Akhir Kata
Apakah media sosial merupakan bentuk pemasaran dan komunikasi yang relevan untuk perusahaan B2B? Sederhananya, ya. Jangkauan konsumen dan kehadiran digital yang dibangun untuk bisnis Anda melalui media sosial membuat keputusan ini sangat mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis. Silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp