Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

START UP SUPERMARKET, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

START UP SUPERMARKET, CALL 081-252982900

BERBAGAI MANFAAT PENTING DARI PENGGUNAAN SOFTWARE KASIR DALAM BIDANG RITEL MODERN SAAT INI

Diantara toko-toko besar seperti yang menjual baju, toko aksesories, toko bangunan dan toko ritelpun masih menggunakan mesin kasir biasa untuk bertransaksi dengan para pelanggan. Dengan menggunakan mesin kasir biasa, maka laporan transaksi dan keuangan masih harus ditulis secara manual. Untuk ukuran toko yang tidak begitu ramai memang tidak masalah jika harus bertransaksi dan mencatatnya secara manual.

Namun bagaimana jika Anda memiliki toko ritel modern yang sedang berkembang pesat, dengan jumlah pengunjung musiman yang semakin ramai dan sudah tidak lagi memungkinkan untuk dilayani dengan cara kasir manual, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk beralih menggunakan sistem kasir yang sudah serba terkomputerisasi atau berupa program kasir. POS (Point Of Sales) merupakan nama lain dari Program Kasir, ada juga yang menyebutnya dengan program penjualan, software POS, dan lain sebagainya. Software kasir dalam jenis usaha ritel memegang peranan yang sangat penting, karena software ini mampu dalam memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi jenis usaha ritel tersebut. Lalu apa saja manfaat dari pentingnya penggunaan software kasir bagi jenis usaha ritel?

1. Lebih memudahkan dalam mendata barang-barang dagangan.

Jika berjualan secara manual, untuk mengetahui stok yang tersedia saat ini, Anda harus melihat di lokasi dan untuk mengetahui produk yang paling banyak laku Anda juga harus mengingat-ingat penjualan beberapa hari yang lalu. Jika kondisi badan Anda sedang fit dan barang-barang penjualan yang tidak terlalu banyak, maka mungkin saja hal itu masih bisa Anda lakukan. Namun jika barang sudah mulai banyak dan badan Anda juga sudah mulai terlalu lelah dalam mengurusi distribusi barang, maka hal-hal seperti itu mungkin akan menjadi terlampau sulit untuk Anda lakukan. Namun dengan adanya bantuan dari program kasir, untuk melihat stok Anda maka tidak perlu lagi harus melihat dari rak, cukup hanya dengan membuka laporan persedian barang, secara otomatis Anda akan mengetahui barang-barang apa saja yang masih ada dan barang-barang apa saja yang sudah habis.

2. Transaksi penjualan dapat dilakukan dengan lebih cepat

Pada zaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali software penjualan yang bisa mengaplikasikan penggunaan scan barcode, semakin menjadikan transaksi penjualan jauh lebih praktis. Kasir hanya tinggal memindai barcode yang sudah ada pada kemasan produk dan data-data transaksipun akan segera keluar dengan instan dari software yang berada pada komputer kasir. Jadi sebanyak apapun pelanggan yang telah membeli produk yang telah Anda jual, maka sama sekali tidak akan mempengaruhi kecepatan pelayanan dari toko ritel Anda.

3. Kemudahan dalam menentukan order pembelian.

Proses pembelian/purchasing merupakan salah satu proses pencarian dari sumber atau bahan-bahan produksi untuk membantu segala kegiatan produksi dan untuk persediaan toko tersebut. Dalam proses pembelian biasanya diperlukan adanya form pembelian (purchase order) sebagai salah satu bukti otentik dalam dokumen pembelian . Software penjualan biasanya akan meyediakan fungsi seperti ini untuk mengatur format dari purchase order agar lebih memudahkan dalam laporan pembeliannya.

4. Mampu menampilkan penjualan secara lebih cepat.

Setiap kali tutup toko, untuk mengetahui pendapatan per hari ini, jika Anda masih menggunakan cara-cara yang manual maka Anda harus menjumlah nota rangkap yang telah Anda buat untuk transaksi dari pagi sampai dengan sore hari. Hal ini juga tidak bisa Anda lakukan hanya dalam waktu sekitar 5 menit saja, setidaknya Anda membutuhkan waktu antara 15 sampai dengan 30 menit untuk menjumlahkan nota dan meng cros cek dengan uang yang telah Anda dapatkan. Dengan menggunakan program kasir, maka laporan transaksi penjualan dalam satu hari langsung akan terbuat secara otomatis dan dapat Anda lihat dengan lebih cepat. Anda hanya tinggal meng cros cek dengan uang yang masih ada di laci. Karena software penjualan saat ini juga sudah mampu untuk mengolah laporan posisi keuangan dari transaksi- transaksi yang sudah Anda input sebelumnya.

5. Dapat menampilkan bagaimana keadaan dan kondisi persediaan secara lebih akurat.

Mengetahui bagaimana kondisi persediaan atau Stock opname sangat penting untuk dilakukan dalam menghitung fisik persediaan dari suatu produk. Selain untuk mengetahui keakuratan dari laporan dalam suatu pembukuan, proses stock opname juga dapat membantu toko/perusahaan untuk melakukan fungsi terhadap sistem pengendalian internal (SPI) dengan lebih baik. Beberapa fungsi dari sistem pengendalian internal adalah untuk membandingkan persediaan stock dari bulan lalu ke bulan selanjutnya, untuk mendapatkan HPP (Harga Pokok Penjualan) pada laporan keuangan, dan untuk mengetahui kebenaran dalam laporan keuangan/pembukuan apakah datanya sudah cocok atau apakah terdapat kecurangan, dan lain sebagainya.

Begitu banyaknya manfaat penting dari penggunaan software kasir terhadap jenis usaha ritel yang Anda jalankan, sehingga sudah saatnya bagi Anda untuk menggunakannya jika saat ini toko Anda sedang ramai oleh parap pembeli. Dengan berbagai fitur bermanfaat yang dapat membantu Anda dalam menjalankan usaha ritel Anda. Program POS juga biasanya lebih kompatibel dengan berbagai macam mesin kasir lain serta dapat diintegrasikan langsung dengan software accounting. Sehingga Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus dalam satu aplikasi, kemudahan dalam operasional toko dan dalam menjalankan keuangan dari bisnis Anda.

Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, apabila mitra bisnis/pengusaha sedang akan merencanakan start up Supermarket, Minimarket serta ritel modern lainnya, silahkan hubungi kami di 081-252-982900 atau 0818521172. Kami siap dengan SOP operasional, SOP finance dan accounting, SOP Gudang dan Logistik, SOP HRD, SOP Marketing dll, serta rekanan terkait sorfware + POS, Rak dan mesin kasir, serta bagian infrastruktur lainnya, termasuk data base produk: FMCG, Bahan Bangunan, perlengkapan Rumah tangga, termasuk suppliernya. Salam sukses!