SOP PERSIAPAN ISO, CALL 081-252982900

KRITERIA DAN MANFAAT KEBERHASILAN PENERAPAN STANDAR SISTEM MANAJEMEN MUTU INTERNASIONAL

Pelaksanaan dari standar ISO dalam perusahaan produksi yang seringkali banyak memberikan penilaian yang lebih siginifikan terhadap perusahaan, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, dengan kata lain. Bahwa faktor keberhasilan dari penerapan ISO manajemen mutu seperti ini akan bisa dijalankan oleh perusahaan secara lebih menyeluruh dan lebih tepat sasaran. Sistem manajemn mutu yang telah dijalankan dalam prinsip 6 tahapan penerapan ISO yang telah disesuaikan dengan siklus PDCA.

Apa yang dimaksud dengan siklus PDCA? Siklus PDCA merupakan sebuah siklus perjalanan implementasi produksi perusahaan yang sejak dimulai dari perencanaan, pengerjaan, pemeriksaan dan tindakan. Maka inilah siklus yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar pendekatan dalam proses penerapan sistem manajemen mutu perusahaan.

Entah berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mengupayakan sistem ISO 9001 : 2008 seperti ini akan dimasukkan ke dalam kriteria dasar perusahaan yang bisa melakukan pengajuan terhadap penilaian standar ISO. Nah, perusahaan produksi yang bisa masuk dalam penilaian ISO 9001 : 2008 ini diantaranya adalah:

Kriteria Perusahaan yang Masuk ISO 9001 : 2008

Berbicara tentang kriteria dalam penerapan ISO 9001 : 2008 ini tentunya sudah ada ketetapan khusus yang harus dijalankan dalam proses pengajuan perusahaan. Dan perusahaan yang bisa masuk ke dalam kriteria pengajuan dari proses sertifikasi ISO 9001 : 2008 ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan yang bisa membangun atau mengimplementasikan sistem manajemen mutu
yang mampu mendukung perusahaan untuk bisa tetap menjalankan standar penilaian ISO yang akan dijadikan sebagai label dalam memperoleh standar ISO 9001 : 2008.

Tidak mungkin rasanya jika perusahaan yang saat ini tidak memiliki kemampuan berupa bekal manajemen mutu yang cukup akan bisa melakukan persyaratan ISO yang harus dilakukan secara lebih menyeluruh tanpa adanya persyaratan sedikitpun. Untuk itulah, maka tentukan terlebih dahulu bagaimana kemampuan dari sistem manajemen mutu milik perusahaan, lalu Anda akan bisa langsung melakukan penerapan ISO 9001 : 2008 tanpa adanya hambatan yang berarti.

2. Perusahaan yang nantinya ingin melakukan efektifitas kinerja dari sistem manajemen mutu perusahaannya.

Perkembangan perusahaan dalam penjaminan mutu dari produknya yang lebih banyak dipengaruhi oleh kesadaran perusahaan. Karena itulah, maka Anda sebagai direktur utama perusahaan alangkah baiknya jika membutuhkan kepastikan pemikiran tentang bagaimana upaya dalam peningkatan efektifitas untuk penjaminan mutu perusahaan. Jika Anda merasa benar-benar tertarik untuk melaksanakannya, maka Anda bisa sesegera mungkin untuk mengupayakan implementasi dari ISO 9001 : 2008.

3. Perusahaan yang ingin semakin meningkatkan kepuasan pelanggannya.

Banyak orang yang mengatakan bahwa besarnya perusahaan tentunya telah didukung oleh kepuasan para konsumen yang banyak menggunakan produknya, baik dalam bentuk bahan mentah maupun dari barang jadi. Maka dari sinilah peran penting Anda sebagai pengelola perusahaan yang ingin lebih meningkatkan kepuasaan dari para pelanggannya, Anda seharusnya memiliki neraca penilaian khusus untuk menjamin kepuasan pembelian produk dari para konsumen Anda.

4. Perusahaan yang ingin mencari pengakuan secara nasional dan internasional.

Pengakuan atas manajemen mutu produknya yang banyak diupayakan oleh perusahaan produksi. Hal ini harus dilakukan sebagai upaya untuk kredibitas atau upaya pembentuk kepercayaan para pelanggan, sehingga kualitas produk yang nantinya akan dihasilkan dapat dipasarkan dengan lebih optimal terhadap seluruh konsumen tanpa adanya sedikitpun keraguan atau pertanyaan kecurigaan dari para pembeli. Disisi lain, komoditi yang telah lulus sertifikasi ISO juga akhirnya akan bisa dipasarkan secara mendunia tanpa adanya batasan.

Manfaat Pemberian Label ISO bagi Perusahaan

Faktor-faktor keberhasilan dari berbagai implementasi ISO pada perusahaan akan dapat dirasakan langsung oleh perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari penggunaan label standar ISO 9001 : 2008 yang akan langsung dapat dirasakan oleh perusahaan setelah penerapan ISO, yaitu :

• Kualitas produk, pelayanan produk dan proses pembuatan produk akan langsung diakui oleh konsumen, bahkan secara mendunia sehingga akan dapat dibedakan dengan perusahaan-perusahaan lainnya.
• Sistem manajemen mutu dari produksi perusahaan yang dapat dinilai dan dipantau dari segi kinerja, sehingga dapat menjadi lebih optimal untuk dijalankan.
• Penerapan ISO 9001 akan dapat membantu perusahaan unuk melakukan pendekatan-pendekatan terhadap proses produksi yang lebih tepat, peningkatan dari kepuasan para konsumen, serta kelayakan konsumsi yang akan langsung diakui oleh dunia.

Apakah Anda ingin bisa mendapatkan segala manfaat tersebut pada perusahaan Anda? jika itu yang selama ini Anda harapkan, maka Anda harus langsung melakukan/menerapkan standar ISO 9001 dengan benar, sehingga faktor keberhasilan untuk penerapan dari penggunaan sistem manajemen mutu akan sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda. Semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan selamat mencoba semoga sukses.

Catatan redaksi : masih banyak perusahaan yang secara sistem manajemen terstandard, salah satu cara agar manajemen perusahaan terstandard adalah membuat manajemen mutu dengan dokumen-dokumen yang tertulis. Apabila bapak ibu mitra usaha membutuhkan bantuan dalam pembuatan dokumen SOP, mulai dari : Gudang dan logistik, Finance dan accounting, marketing, R&D, HRD dan bagian produksi, silahkan undang kami dengan kontak 081-252982900, atau kontak 081-8521172. Kami siap membantu para mitra bisnis. Terima kasih.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp