Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

SOP MANUFACTURING, CALL 081-252-982900

The Best consultant business in Surabaya

SOP MANUFACTURING, CALL 081-252-982900

BAGIAN-BAGIAN DARI OPERASIONAL ORGANISASI INTERNAL INDUSTRI MANUFAKTUR

Secara internal organisasi industry manufaktur memiliki beberapa bagian-bagian penting yang dapat mendukung kelancaran dari berbagai aktivitas operasional, dan bagian-bagian tersebut antara satu dengan yang lainnya sebenarnya saling terhubung dan terkoordinasi dengan baik.

Secara lebih terrinci, berikut ini merupakan beberapa bagian-bagian penting pendukung kelancaran aktivitas operasional perusahaan dari internal organisasi operasi industry manufatur yang masing-masing bagian berada di bawah wewenang langsung oleh wakil presiden manufaktur tersebut, diantara bagian-bagian penting tersebut adalah sebagai berikut :

1. Departemen Produksi.

Departemen produksi adalah bagian terpenting yang berada pada internal perusahaan. Bagian inilah yang nanti akan menentukan seberapa besar kecilnya kuantitas dan kualitas dari barang yang telah diproduksi. Karena memang departemen ini yang secara langsung membuat atau memproduksi barang yang berada di dalam industry manufaktur ini.

Departemen produksi dikendalikan oleh seorang manajer tersendiri. Dan pada internal departemen ini masih terdapat beberapa bagian-bagaian lagi atau divisi khusus yang berada dibawahnya. Di antara divisi-divisi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Divisi Pembubutan.
2. Divisi Pengiriman.
3. Divisi Percetakan.
4. Divisi Perakitan I.
5. Divisi Perakitan II.
6. Dan beberapa divisi-divisi lain yang telah disesuaikan dengan berbagai ativitas produksi perusahaan manufaktur tersebut.

Pada setiap divisi ini memiliki bagian pekerjaannya sendiri-sendiri dan sangat jauh berbeda dengan apa yang masih ada pada divisi yang lainnya. Sebagai contoh divisi perakitan adalah bagian di dalam organisasi perusahan yang memiliki tugas untuk merakit barang yang nanti akan diproduksi di dalam perusahaan tersebut. Bagian perakitan ini memang terpisah dengan bagian lain karena memiliki tugas yang berbeda dengan bagian lainnya. Namun sebenarnya, bagian ini tidak terlepas dari bagian lain yang masih ada di dalam perusahaan.

2. Departemen Pelayanan.

Selain bagian produksi, bagian lain yang memiliki fungsi sentral dalam sebuah struktur organisasi perusahaan adalah bagian pelayanan. Barang yang telah diproduksi akan segera dipasarkan terhadap para konsumen. Dan tingkat keberhasilan dari pemasaran inilah yang nanti akan ditentukan oleh bagian pelayanan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan dari para konsumen.

Wakil presiden (vice president) pada departemen ini mengendalikan divisi-divisi lain yang berada di bawahnya, dan divisi-divisi tersebut adalah :

• Divisi Penerima pesanan.
• Divisi Pembelian.
• Divisi Pemeliharaan.
• Divisi Inspeksi.
• Divisi Pelayanan.
• Dan divisi-divisi yang lainnya.

Departemen pelayanan inilah yang nanti akan memberikan pelayanan terhadap konsumen secara langsung. Sehingga bagian inilah yang nanti akan bersinggungan secara langsung dengan para konsumen. Untuk itu, semua bagian dari departemen ini harus dapat menjadikan konsumen sebagai raja mereka atau dapat memenuhi segala apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumen sebagai prioritas utama mereka.

3. Departemen Akuntansi Biaya (Cost Accounting Department).

Departemen akuntansi biaya adalah departemen yang berfungsi untuk mengakumulasikan dan melaporkan semua biaya yang telah dikeluarkan oleh setiap departemen dalam fungsinya masing-masing. Departemen keuangan ini pun juga memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya dengan bagian-bagian yang lainnya. Karena departemen inilah yang nanti akan menentukan keuangan dari perusahaan dimana keuangan ini adalah bagian yang paling sentral dan paling berbahaya. Karena akan menentukan keberhasilan dan kerugian dari pengoperasian perusahaan tersebut.

Walaupun sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan konsumen seperti halnya departemen pelayanan, departemen keuangan ini akan menentukan bagaimana proses produksi dapat dijalankan dari sisi keuangan. Apakah nanti dengan perhitungan biaya produksi yang telah dibuat dapat diperoleh keuntungan yang maksimal atau Apakah dengan harga yang telah ditetapkan dapat menutup segala biaya produksi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan atau tidak.

Selain untuk mengelola masalah keuangan perusahaan itu sendiri, departemen keuangan ini juga memiliki fungsi dan tanggungjawab lain, yaitu untuk mengatur keuangan secara internal perusahaan tersebut. Seperti halnya pembayaran gaji karyawan setiap bulannya dan juga pemberian bonus terhadap karyawan pada moment tertentu. Hal ini memang termasuk ke dalam biaya produksi sebagai biaya operasional. namun harus tetap diperhitungkan dengan matang agar dapat menghindari adanya kemungkinan dari perusahaan tersebut untuk mengalami kerugian. Karena tujuan utama dari setiap perusahaan adalah untuk mencari keuntungan, bukan sebaliknya, yaitu hanya untuk mengalami kerugian.

Hubungan yang saling terhubung antara satu departemen dengan departemen lainnya terbagi menjadi dua jenis hubungan, yaitu :
1. Otoritas Garis.

Berupa otoritas perintah yang harus dilakukan menurun ke bawah dari atasan terhadap para bawahan. Sebagai contohnya adalah garis yang menghubungkan wakil presiden manufaktur terhadap departemen produksi dan departemen pelayanan.

2. Otoritas Staff.

Adalah hubungan yang hanya terbatas kepada pemberian saran atau nasehat saja. Otoritas staf ini bisa berasal dari departemen lain yang sejajar atau juga dari kepala departemen lain yang berbeda fungsi dan tanggungjawab. Seperti contoh wakil presiden departemen pelayanan akan dihubungkan dengan departemen penerimaan dan penempatan karyawan maupun dengan wakil presiden finansial.

Itulah beberapa hal yang membahas tentang betapa komples dan rumitnya hubungan antara masing-masing bagian dari internal organisasi manufaktur. Semua bagian akan saling mendukung satu dengan lainnya demi kepentingan dari tujuan perusahaan. Semoga dapat membantu para pembaca sekalian dalam memahami tentang bagian-bagian dari industri manufaktur secara umum dan salam sukses.

Manufaktur milik mitra bisnis ingin teratur dan memiliki sistem manajemen yang rapi dengan standard ISO, silahkan hubungi 081-252-982900. Kami siap membantu anda!