Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

SOP DEPARTEMEN HRD & GA, CALL 081-252-982900 (WA)

The Best consultant business in Surabaya

SOP DEPARTEMEN HRD & GA, CALL 081-252-982900 (WA)

BETAPA PENTINGNYA MEMBANGUN DAN MENGELOLA BUDAYA PERUSAHAAN BAGI PERTUMBUHAN BISNIS

Pada saat bisnis Anda yang semakin lama semakin berkembang pesat, tentunya Anda akan melakukan berbagai macam perbaikan-perbaikan dari sisi manajemen dan juga termasuk didalamnya adalah penambahan karyawan baru. Hal ini akan semakin memberikan sebuah tantang-tantangan tersendiri karena harus mengatur banyak orang sekaligus dan sudah pasti akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan tentunya keahlian.

Hal ini sangat penting agar para karyawan-karyawan baru tersebut nantinya harus bisa beradaptasi terhadap bagaimana cara kerja Anda dalam memahami dan menjalankan bisnis Anda. Dari sinilah pembentukan budaya perusahaan yang baik harus terus diperhatikan. Membangun budaya perusahaan yang sesuai, bisa dibilang merupakan salah satu hal yang paling penting dan harus bisa Anda tentukan sebagai seorang pengusaha untuk perkembangan bisnis yang Anda miliki.

Karena itulah berikut ini adalah beberapa alasan penting mengapa Anda harus terus mengawasi dan membangun serta menerapkan budaya perusahaan yang lebih tepat sebaik mungkin:

1. Terus menjaga kepuasan bekerja karyawan.

Sangat penting bagi Anda untuk menjaga sikap keadilan saat berada di kantor, ketidakadilan di lingkungan kantor akan dapat menyebabkan terjadinya benih-benih konflik internal yang apabila tidak segera Anda netralkan, maka akan segera menjadi bom waktu bagi diri Anda dan perusahaan yang setiap saat bisa langsung meledak. Sikap keadilan pada saat berada di kantor dapat dijaga dengan adanya budaya kantor yang jujur dan adil. Hubungan yang adil dan merata diantara sesama karyawan akan semakin meningkatkan efesiensi kinerja mereka karena tidak adanya konflik internal yang picik dan pada akhirnya semakin menggerogoti dan menghambat perkembangan kinerja perusahaan.

2. Mempermudah Pengelolaan Karyawan.

Anda tidak seharusnya menghabiskan banyak waktu untuk mengelola karyawan secara mendetail, seperti halnya mengkhawatirkan apakah pekerjaan mereka telah selesai saat Anda tidak berada di kantor. Memiliki budaya perusahaan yang baik dan mempekerjakan orang-orang yang sesuai dengan nilai tersebut adalah cara terbaik bagaimana dalam memastikan bahwa mereka akan memiliki motivasi internal yang lebih besar. Membentuk budaya perusahaan yang baik dari hari pertama memang tidaklah mudah, namun mempertimbangkan keuntungan yang nanti akan didapatkan, merupakan sebuah investasi yang terbaik. Dengan cara menentukan nilai-nilai perusahaan Anda akan menjadi lebih mudah bagi Anda untuk melakukan pengambilan berbagai keputusan dalam merekrut karyawan baru yang sesuai dengan nilai-nilai Anda.

3. Para pelanggan adalah Raja.

Sekecil apapun bisnis Anda yang pastinya pegawai Anda akan berinteraksi dengan para pelanggan secara langsung sambil membawa nama baik dari bisnis Anda. Interaksi seperti ini pada akhirnya nanti akan menjadi dasar utama dari penilaian para pelanggan Anda terhadap bagaimana cara mereka dalam memandang bisnis Anda.

Apabila karyawan Anda tidak mengerti tentang bagaimana budaya perusahaan dan bagaimana cara Anda dalam menangani para pelanggan, maka kesan pertama dari pelayanan karyawan Anda tentunya akan sangat berbeda dengan apa yang selama ini Anda harapkan. Terlebih lagi, apabila terjadi kesalahan yang karyawan Anda mungkin tidak sengaja telah melakukannya akan dapat menyebabkan rumor yang negatif dan tidak sedap yang pada akhirnya akan dapat berakibat fatal terutamanya pertumbuhan bisnis yang masih terbilang berada pada tahap awal berdiri.

4. Menghindari terjadinya insiden di Media Sosial.

Pada zaman yang sudah serba internet seperti sekarang ini, hampir setiap perusahaan akan memanfaatkan media sosial untuk berpromosi maupun berinteraksi dengan para customernya. apabila tidak dijaga dengan baik, maka media ini akan dapat menjadi seperti sebuah pedang bermata dua.

Media sosial akan dapat secara langsung menyorot semua yang ada, sisi yang baik maupun yang buruk. Apabila salah satu dari karyawan Anda melakukan kesalahan di sana, maka baik adalah akun perusahaan Anda maupun akun pribadi, segala rumor burukpun akan semakin cepat menyebar pada dunia maya dan reputasi perusahaan Anda semakin lama akan bertambah rusak.
Semoga artikel di atas menambah wawasan pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi lanjutan mengenai artikel di atas, dan membutuhkan pembimbingan dalam pengembangan organisasi perusahaan melalu departemen HRD, dan membutuhkan SOP HRD & GA, software HRD dan pay roll, atau assesment excecutive, serta lainnya silahkan menghubungi groedu@gmail.com atau kontak kami di 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu. Terima kasih.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp