Riding The New Normal (outlook 2019)

Pada tahun 2019 akan ada jutaan peluang pasar dan bisnis baru muncul. Hal ini disebabkan karena adanya kolaborasi antara kemajuan pada dunia digital dengan pergeseran konsumsi dari goods-based consumption ke experience-based consumption pengalaman. Perkembangan digital akan membuat banyak hal terhubung melalui internet dan informasi yang dihasilkan mampu menjangkau ke seluruh belahan dunia. Perkembangan pola konsumsi dari sandang-pangan-papan ke travel, menginap di hotel, menonton film akan melahirkan budaya baru. Peluang yang dimaksud yakni celah dalam menciptakan bisnis baru dengan menambahkan unsur experience di dalamnya.

Pada tahun 2019 juga akan ada dua penggerak perubahan, yakni perubahan yang disebabkan karena masih berlanjutnya perang dagang antara AS dengan China dan pengaruh pemilu yang menyebabkan pelaku bisnis menunggu hingga siapa presiden selanjutnya.

Perang dagang yang dimaksud yakni AS dan China sama-sama berusaha menjaga tingkat inflasi melalui pengenaan bea masuk barang impor. Meski tidak semua barang dikenakan lagi bea impor, namun kedua negara tetap ingin melindungi barang yang sedang berkembang hebat. Pengaruhnya bagi indonesia yakni akan ada arus barang besar besaran baik dari China maupun As, karena kedua negara sedang mencari pangsa pasar baru pada negara yang bertarif bea masuk lebih rendah. Pengaruh lainnya yakni pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 akan menurun sebesar 0.09% akibat dari perlambatan china sebesar 1% yang pada akhirnya menekan nilai Rupiah.

Dari sekian dampak buruk perang dagang antara As dengan China, akan ada dampak baiknya bagi indonesia. Pertama perang dagang akan membuat upah meningkat dan jumlah tenaga kerja menurun, sementara biaya produksi terus mengalami kenaikan. Akibatnya untuk menghindari tarif yang terlalu tinggi maka akan ada banyak pengusaha yang memutuskan untuk memindahkan sebagian operasionalnya ke negara yang tidak terkena pengaruh tersebut sebagai contih pabrik perakit komponen iPhone asal Taiwan terpaksa mengalihkan sebagian produksinya dari China ke Indonesia (Batam).

Pada pengaruh politik, seandainya Jokowi-Amin terpilih embali menjadi presiden untuk periode 2019 – 2024 maka tidak akan ada perubahan yang mencolok pada arah perkembangan ekonomi dan pasti akan melanjutkan kebijakan-kebijakan sebelumnya. Tetapi jika Prabowo-Sandi yang terpilih, maka akan ada perubahan.

Anda membutuhkan konsultasi seputar manajemen outopilot, sistem manajemen ISO 9001 : 2008, Software accounting, SOP ritel modern, SOP Distributor, SOP Manufacturing, SOP lembaga keuangan, serta segal jenis usaha yang kegiatan seharai-harinya terdapat penjualan, pembelian, inventory, Kas dan bank atau start up usaha bidang Ritel modern, Distributor, Mannufacturing, dan lainnya. Silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 (Wa)

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp